Seks dan Hubungan

Ketahui Tips Cara Cepat Untuk Mengatasi Keputihan

Dipublish tanggal: Mar 2, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Tips Cara Cepat Untuk Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar dan sering terjadi pada setiap wanita di seluruh dunia, mulai dari wanita remaja sampai wanita dewasa sepertinya sudah terbiasa dengan masalah satu ini.  Sebenarnya keputihan sendiri merupakan hal yang normal dan sehat karena pada dindinggt;vagina dan leher rahimgt;dapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. 

Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun bila keputihan berlangsung secara terus-menerus dan mengeluarkan cairan yang tidak lagi bewarna putih bening atau putih susu serta berbau, maka kamu perlu waspada karena keputihan tidak normal dalam dirimu dapat mengindikasikan bahwa kamu tidak dalam posisi yang sehat dan normal. 

Nah sebelum kamu terlalu khawatir akan keputihan yang menyerangmu, sebaiknya kamu baca dulu artikel dibawah ini mengenai cara-cara cepat mengatasi keputihan yang terbukti ampuh dan efektif melawan keputihan.

Pemicu dan Ciri-ciri Keputihan yang Tidak Normal

Keputihan umumnya disebabkan oleh kurang bersihnya seorang wanita dalam menjaga organ intim kewanitaannya sehingga menyebabkan virus dan bakteri yang berkembang pada daerah kewanitaan. 

Virus dan bakteri memang cukup mudah berkembang di daerah kewanitaan seseorang karena daerah intim wanita cenderung lembab. 

Selain itu, tubuh yang terlalu lelah juga dapat menjadi pemicu terjadinya keputihan sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh wanita. Pikiran yang terlalu stress pun juga dapat menjadi pemicu munculnya keputihan sehingga penting bagi setiap wanita untuk menjaga mood serta kondisi fit badan dan kebersihan organ intimnya setiap hari untuk menghindari diri dari keputihan. 

Ada beberapa ciri-ciri yang mudah terlihat dan terasa bagi wanita yang mengalami kondisi keputihan yang tidak normal seperti:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Berbau
    Keputihan normal umumnya tidak menimbulkan bau tidak sedap, bila keputihanmu menimbulkan bau menyengat dan tidak sedap itu artinya ada kuman yang sedang berkembang biak di dalam organ intimmu.
  • Berwarna
    Normalnya keputihan yang lumrah terjadi ialah bewarna bening transparan dan putih susu, namun bila keputihan yang terjadi pada kamu sudah bewarna hijau pekat, kuning bahkan merah disertai darah, ini mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang tidak sehat pada Miss V mu.
  • Gatal
    Rasa gatal yang menyerang miss V mu bukan pertanda baik untuk kesehatan organ intim kewanitaanmu.
  • Rasa Nyeri saat Buang Air Kecil
    Bila keputihanmu sudah sampai tahap ini, ini pertanda tidak baik karena artinya kuman yang ada sudah berkembang biak hingga kandung kemihmu. Segeralah periksakan dirimu ke dokter kelamin terdekat untuk pengobatan medis yang tepat.

Cara utama dalam mengatasi Keputihan

Jaga Miss V mu agar selalu tetap kering dan tidak lembab

Ini ialah cara utama dan mudah untuk kamu lakukan. Jaga organ intim mu agar selalu kering dan tidak dalam keadaan lembab karena keadaan lembab akan memudahkan virus dan bakteri untuk bersarang dan berkembang biak. 

Selalu lap bersih dan kering miss v mu setelah kamu pipis. Jangan memakai celana yang terlalu ketat seperti stocking dan semacamnya, sebaiknya juga mengenakan celana dalam berbahan katun yang dapat memudahkan miss v mu untuk ‘bernafas’

Meminum perasan air kunyit

Di dalam kunyit terkandung zat antibakteri yang dapat membantu kamu menghilangkan keputihan di miss v mu. Kamu hanya perlu meminum perasan air kunyit 2 kali dalam sehari. 

Cara membuat perasan air kunyitmu mudah, cukup membersihkan dan mengupas kulit pada kunyit, parut daging kunyit, peras sarinya lalu tambahkan air, kamu bisa menambahkan madu untuk menambah rasa manis pada air kunyitmu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Konsumsi bawang putih

Cara selanjutnya adalah dengan mengolah bawang putih sebagai obat penghilang keputihan ini dikarenakan kandungan dalam bawang putih bersifat antijamur dan antivirus, sehingga mampu mencegah sekaligus mengobati terjadinya keputihan. 

Tak hanya itu, penggunaan bawang putih secara rutin dapat menghambat bakteri yang masuk ke daerah kewanitaan. Kamu hanya perlu rutin mengkonsumsi bawang putih baik dalam olahan masakan atau mengkonsumsinya langsung.

Menggunakan daun sirih

Daun sirih dari jaman nenek moyang kita sudah dikenal baik kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah organ intim kewanitaan, ini dikarenakan dalam daun sirih terkandung zat antibakteri dan antijamur yang dapat melawan infeksi penyebab bakteri dan virus pada miss v mu. 

Kamu cukup merebus beberapa lembar daun sirih lalu air rebusannya kamu pakai untuk membilas organ intimmu. Niscaya keputihan dan rasa gatal-gatal pada miss V mu dapat menghilang dengan cepat.

Demikianlah berbagai cara utama dan alami dalam mengatasi masalah keputihanmu. Bila keputihan tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter kelamin terdekat untuk mendapatkan solusi dan pengobatan medis yang cocok untuk kondisimu. Selalu jaga kebersihan Miss V mu ya ladies. 

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app