Waspada, Anggota Tubuh ini Rentan Terkena Jamur

Dipublish tanggal: Mei 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Waspada, Anggota Tubuh ini Rentan Terkena Jamur

Waspada, Anggota Tubuh ini Rentan Terkena Jamur

Jika biasanya infeksi dari jamur muncul di area vagina, ternyata Anda juga harus mewaspadai area lainnya yang rentan terinfeksi jamur. Sebagian jamur memang mungkin tidak berbahaya, namun sayangnya tumbuh kembang mereka membuat jamur menjadi liar dan akhirnya mengganggu tubuh. Tubuh pada dasarnya memang sudah diberikan jamur dan bakteri baik serta bakteri jahat.

Akan tetapi, komposisi antara bakteri baik dan bakteri jahat tersebut hendaknya seimbang sehingga pH tubuh pun tidak kekurangan salah satunya. Jika ada satu kondisi yang menyebabkan ketidakseimbangan, hal itu tidak baik sebab berpotensi untuk menimbulkan ragam penyakit, mulai dari ringan sampai serius. Lantas apa saja bagian tubuh yang rentan terkena infeksi jamur? Berikut kita akan simak penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli MICONAZOLE CR 2% 10G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Miconazole cr 2 10g 1

Kaki
Pertama, anggota tubuh yang amat rentan dengan serangan infeksi jamur adalah kaki. Orang yang terkena serangan infeksi jamur pada bagian kaki umumnya mengalami sebuah gejala di mana mereka rentan terhadap paparan kutu air. Ada berbagai kondisi yang mengindikasikan terjangkitnya infeksi jamur pada seseorang, yakni munculnya rasa gatal, panas, kulit kering cenderung mengelupas, dan ruam.

Mulut
Bagian tubuh kedua yang diindikasikan rentan terhadap serangan infeksi jamur adalah mulut. Infeksi pada mulut umumnya sering sekali terjadi pada bayi dan pengguna obat asma. Keduanya kerap menjadi sasaran jamur dengan tanda-tanda terlihat dan tanda-tanda tidak terlihat. Infeksi mulut akan menyerang berbagai daerah, seperti lidah, tenggorokan, gusi, dan biasanya akan berdarah pasca gosok gigi.

Lipatan Tubuh
Selanjutnya adalah berbagai daerah tubuh dengan lipatan, seperti ketiak, pangkal paha, perut, bagian bawah payudara. Terjadinya infeksi ini tidak lain karena masalah kelembaban, keringat, cuaca panas, dan terjadinya gesekan pada lipatan kulit tersebut. Untuk Anda yang mudah sekali berkeringat penting sekiranya untuk sering membersihkan diri dengan mengelap keringat.

Payudara
Anggota tubuh berikutnya adalah payudara, namun ini hanya terjadi jika Anda sedang dalam kondisi menyusui. Konon kondisi payudara yang cenderung lembab, manis, dan juga hangat kerap disukai jamur sebagai tempat bermukim dan melakukan pengembangbiakkan. Kondisi seperti demikian merupakan kondisi paling sempurna untuk jamur hidup.

Selangkangan
Anggota tubuh kelima yang rentan terhadap paparan serangan jamur adalah bagian selangkangan. Penyebab terjangkitnya infeksi ada beragam, bisa karena pemakaian celana dalam yang tidak nyaman, yakni kondisinya basah dan lembab. Di samping pada bagian selangkangan, biasanya infeksi jamur dari pemakaian celana dalam tidak nyaman juga menyerang anus, bokong, bawah perut dan area pangkal paha.

Organ Vital Pria
Terakhir, anggota tubuh yang tidak kalah mesti dijaga sebab sangat rentan terhadap serangan jamur adalah penis. Selain organ vital wanita, yakni vagina yang rentan sekali menjadi sarang jamur, ternyata pada pria juga organ vitalnya sangat rentan terserang jamur. 

Berbagai sebab bisa dijadikan alasan kenapa jamur berkembang biak, seperti tidak terjaganya kebersihan penis dan melakukan seks tanpa kondom. Demikian juga infeksi jamur pada wanita disebabkan oleh masalah kebersihan.

Itu dia berbagai anggota tubuh yang amat rentan terkena infeksi jamur. Di antara semuanya rata-rata penyebab terindikasinya serangan jamur adalah tidak lain dari kurangnya kebersihan, lembabnya suhu anggota tubuh, atau memang berbagai serangan virus dan bakteri jahat yang menyebabkan jamur betah berkembang biak. Apa pun itu, penting kiranya untuk semua orang menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya supaya paparan jamur, entah itu berbahaya atau tidak bisa teratasi sedini mungkin.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Fungal Infections - Fungi - Fungus. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/fungalinfections.html)
Fungal infections: Symptoms, types, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317970)
Fungal Infections - Protect Your Health - Fungal Diseases. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/fungal/features/fungal-infections.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app