Kesehatan Anak

Vitamin Untuk Otak Anak Supaya Cerdas

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 28, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 1 menit
Vitamin Untuk Otak Anak Supaya Cerdas

Banyak sekali pertanyaan dari orang tua mengenai vitamin untuk kecerdasan otak anak yang perlu dikonsumsi bagi putra putri mereka agar tumbuh menjadi anak sehat dan cerdas.

Cara Supaya Anak Cerdas

Sebenarnya untuk membangun otak yang cerdas dan sehat terutama bagi anak - anak tidak hanya membutuhkan vitamin otak anak saja, namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Menjaga keseimbangan asupan gula

Batasi asupan gula yang dikonsumsi. Semakin banyak gula yang dikonsumsi hingga berlebihan maka membuat anak menjadi hiperaktif dan membuat otak sulit berkonsentrasi. Konsumsi protein bisa menurunkan asupan gula dari karbohidrat yang dikonsumsi anak.

Konsumsi lemak esensial

Kekurangan asupan lemak terutama lemak essensial sangat mempengaruhi kecerdasan dan juga perilaku, karena 60% massa otak tersusun dari lemak. Lalu bagaimana lemak essensial ini bisa diperoleh dari makanan? Makanan untuk otak yang mengandung lemak essensial bisa diperoleh dari konsumsi biji - bijian (biji bunga matahari, biji labu, biji wijen), kacang, ikan tuna, salmon, sarden, mackarel, telur yang kaya omega 3, dll.

Konsumsi vitamin untuk otak dan mineral

Vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk perkembangan otak. Nutrien ini merupakan kunci untuk pembangunan otak. Mineral dan Vitamin untuk otak anak bisa diperoleh dari buah - buahan, sayuran maupun dari suplemen untuk meningkatkan performa otak. Mineral dan vitamin otak anak bisa diperoleh dari suplemen zinc, magnesium, kromium, vitamin C dan lainnya.

Hindari makanan tidak sehat dan menyebabkan alergi

Hindari makanan yang menimbulkan alergi bagi anak dan tidak mengandung zat gizi seperti makanan mengandung bahan kimia tambahan seperti makanan makanan yang mengandung pewarna maupun pengawet buatan, dll.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa makanan untuk otak anak tidak hanya diperoleh dari vitamin otak anak, namun juga dari zat gizi lainnya seperti protein, lemak esensial, mineral dan juga zat gizi lainnya. Selain itu, perlu pembatasan asupan makanan tertentu yang justru dapat mengurangi konsentrasi dan kecerdasan anak.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nyaradi, A., Li, J., Hickling, S., Foster, J., & Oddy, W. H. (2013). The role of nutrition in children's neurocognitive development, from pregnancy through childhood. Frontiers in human neuroscience, 7, 97. https://doi.org/10.3389/fnhum.2013.00097. National Center for Biotechnology Information. (Accessed via: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3607807/)
7 Brain Foods for Kids: Nutrition to Help Kids Stay Sharp. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/add-adhd/childhood-adhd/features/brain-foods-kids#1)
Top 10 Brain Foods for Children. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/parenting/features/brain-foods-for-children#1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app