HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Bagaimana Cara Kerja Visanne dalam Pengobatan Endometriosis?

Dipublish tanggal: Okt 1, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bagaimana Cara Kerja Visanne dalam Pengobatan Endometriosis?

Ringkasan

Buka

Tutup

    • Visanne merupakan salah satu obat yang digunakan dalam terapi jangka panjang pada pasien endometriosis;
    • Endometriosis adalah penebalan dinding rahim akibat tumbuhnya jaringan endometrium. Salah satu gejala endometriosis adalah nyeri hebat saat menstruasi;
    • Visanne adalah obat yang mengandung dienogest, yaitu obat hormonal yang dibuat menyerupai hormon progesteron (turunan progesteron) yang ada dalam tubuh manusia secara alami;
    • Visanne bekerja dengan cara menurunkan produksi hormon estrogen dalam tubuh sehingga pertumbuhan jaringan abnormal (lesi) endometrium ikut menurun;
    • Obat-obatan dienogest diklaim relatif aman karena tidak menyebabkan penurunan estrogen secara drastis. Selain itu, penggunaan dienogest dapat membantu mengurangi intensitas kekambuhan endometriosis pasca-operasi;
    • Dosis lazim Visanne adalah 2 mg (1 tablet) satu kali sehari dimulai pada hari-hari menstruasi. Karena pengobatan menggunakan dienogest merupakan terapi jangka panjang, obat harus dikonsumsi setiap hari pada waktu yang sama;
    • Meski efektif dalam pengobatan endometriosis, penggunaan Visanne dan obat-obatan dienogest lainnya tentu memiliki risiko efek samping. Terapi dengan menggunakan Visanne dan obat-obatan dienogest lainnya harus di bawah pengawasan ketat dokter;
    • Klik untuk membeli Visanne dan obat hormon lainnya dari rumah Anda melalui HDMall. Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan paket pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

    Ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter jika merasa terlalu sering buang air kecil dalam sehari. Bisa jadi kondisi itu merupakan gejala endometriosis. 

    Nah, endometriosis sendiri dapat diartikan sebagai penebalan dinding rahim akibat tumbuhnya jaringan endometrium. Seharusnya jaringan tersebut berada di dalam rahim sehingga meluruh saat menstruasi. 

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Obat Langung Dikirim!

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads sept20

    Namun, karena dalam kasus endometriosis jaringan tersebut terletak di luar rahim, darah akan terjebak di bagian luar rahim. Hal inilah yang menyebabkan iritasi dan peradangan pada rahim sehingga proses menstruasi pada penderita endometriosis akan menjadi sangat menyakitkan. Pada umumnya gejala endometriosis meliputi:

    Meski demikian, Anda tak perlu khawatir terus-menerus. Endometriosis dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan Visanne.

    Baca juga: Kenali Endometriosis dari Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

    Seperti apa cara kerja Visanne?

    Pada dasarnya, Visanne adalah obat yang mengandung dienogest, yaitu obat hormonal yang dibuat menyerupai hormon progesteron yang ada dalam tubuh manusia secara alami. Progesteron adalah hormon yang memainkan peranan penting dalam siklus menstruasi dan kehamilan. Progesteron buatan yang ada dalam dienogest tersebut dikenal sebagai progestin atau progestogen.

    Terapi menggunakan obat yang mengandung progestin memang merupakan salah satu pilihan pengobatan pada pasien endometriosis. Obat ini digunakan untuk membantu mengurangi keluhan nyeri--baik pada perut maupun saat berhubungan intim--yang ditimbulkan endometriosis. 

    Endometriosis dianggap sebagai penyakit yang bergantung pada kadar estrogen. Progestin dalam dienogest bekerja dengan cara menurunkan produksi hormon estrogen dalam tubuh sehingga pertumbuhan jaringan abnormal (lesi) endometrium ikut menurun. 

    Iklan dari HonestDocs
    Beli Obat Langung Dikirim!

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Default internal ads sept20

    Obat-obatan dienogest diklaim relatif aman karena tidak menyebabkan penurunan estrogen secara drastis. Selain itu, penggunaan dienogest dapat membantu mengurangi intensitas kekambuhan endometriosis pasca-operasi. 

    Baca juga: Fakta Unik tentang Organ Reproduksi Wanita

    Bagaimana dosis dan efek samping penggunaan Visanne?

    Dosis lazim Visanne adalah 2 mg (1 tablet) satu kali sehari dimulai pada hari-hari menstruasi. Karena pengobatan menggunakan dienogest merupakan terapi jangka panjang, obat harus dikonsumsi setiap hari pada waktu yang sama. 

    Meski efektif dalam pengobatan endometriosis, penggunaan Visanne dan obat-obatan dienogest lainnya tentu memiliki risiko efek samping. Beberapa efek samping yang paling umum adalah peningkatan berat badan, perubahan perasaan dan depresi, sulit tidur, kegugupan, hilangnya gairah seksual, sakit kepala atau migren, mual, dan nyeri perut. 

    Sejumlah efek samping yang jarang terjadi adalah anemia, berkurangnya berat badan atau meningkatnya nafsu makan, lemas, depresi atau gangguan mood, ketidakseimbangan pada sistem saraf otonom atau gangguan konsentrasi.

    Yang perlu digarisbawahi, deretan efek samping tersebut hanya sebagian. Karena itu, lakukan terapi Anda di bawah pengawasan ketat dokter. Segera informasikan dokter Anda jika mengalami salah satu atau beberapa gejala efek samping, termasuk kondisi-kondisi yang tidak disebutkan di atas.

    Baca juga: Mengenal Perubahan Tubuh Wanita Saat Siklus Menstruasi

    8 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    Stewart, M. Patient (2016). Progesterone (Crinone, Cyclogest, Gemstone, Utrogestan). (https://patient.info/medicine/progesterone-crinone-cyclogest-lutigest-utrogestan).

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app