Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Seks dan Hubungan

Vagina Sering Gatal dan Bau? Waspadai Gejala Penyakit Kelamin Ini

Update terakhir: NOV 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.143.521 orang

Vagina Sering Gatal dan Bau? Waspadai Gejala Penyakit Kelamin Ini

Anda memiliki vagina yang terasa gatal dan bau? Hati-hati, karena berbagai jenis penyakit kelamin sering kali menyerang [pada wanita, terutama jenis penyakit trichomoniasis. Penyakit trichomoniasis merupakan jenis penyakit kelamin yang dikarenakan adanya serangan bakteri trichomonas vaginalis. 

Penyakit ini sering kali menyerang pada bagian vagina, bagian kandung kemih dan bagian saluran kandung kemih.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jenis penyakit trichomoniasis dapat menularkan kepada pasangan ketika melakukan hubungan seksual yang tidak menggunakan pengaman. Bagi wanita muda yang lebih aktif dalam melakukan seksual, maka penyakit trichomoniasis lebih mudah menyerangnya. 

Melihat hal ini, maka Anda haruslah lebih mewaspadai akan adanya gejala penyakit trichomoniasis dan cara untuk mengobatinya.

Gejala Trichomoniasis

Gejala penyakit trichomoniasis dapat muncul ketika penyakit tersebut muncul di hari ke 5 hingga hari ke 28, bahkan bisa jadi penyakit tersebut memiliki gejala setelah beberapa bulan mendapatkan serangan bakteri tersebut. Untuk mengetahui apa saja gejalanya, Anda dapat mengetahuinya melalui ulasan berikut ini:

  • Ketika sedang berhubungan badan, vagina akan mengalami rasa sakit.
  • Penyakit trichomoniasis sering kali mengalami keputihan abnormal seperti berbusa, memiliki bau amis atau busuk, keputihan akan berwarna kekuningan atau kehijauan, bahkan hal yang lebih parahnya, keputihan juga mengandung darah.
  • Ketika Anda buang air kecil, saluran kandung kemih dan vagina akan merasakan nyeri.
  • Terjadinya iritasi pada bagian vagina yang ditandai dengan rasa gatal, perih dan bengkak.
  • Bagian perut paling bawah juga sering kali mengalami nyeri.
  • Vagina terasa gatal dan sering kali meninggalkan bau yang tidak sedap.

Penyakit trichomoniasis bisa diobati melalui obat antibiotik, sehingga tidak akan menyulitkan Anda ketika ingin melakukan pengobatan. Jika Anda memiliki gejala seperti yang ada di atas, maka jangan mengabaikannya, karena hal ini justru akan memperburuk infeksi penyakit yang dapat menyerang vagina. 

Apabila Anda hamil ketika penyakit trichomoniasis menyerang Anda, maka hal ini bisa meningkatkan adanya risiko melahirkan bayi BBLR maupun bayi prematur.

Menangkal Trichomoniasis

Salah satu cara yang dapat memberikan pencegahan terhadap adanya serangan penyakit trichomoniasis yaitu dengan tidak melakukan hubungan seksual sama sekali. Akan tetapi apabila Anda tetap ingin melakukan hubungan seksual, Anda harus melakukan ritual berikut sebelum melakukannya, diantaranya yaitu:

  • Setiap kali Anda melakukan hubungan seks, selalu gunakan kondom dengan cara yang benar. Kondom terbaik yang dapat menurunkan risiko infeksi penyakit trichomoniasis maupun PMS yang lainnya adalah kondom lateks. Kondom inilah yang paling efektif dalam melakukan pencegahan.
  • Agar terhindarkan dari serangan infeksi kelamin ini, Anda harus membatasi kontak seksual dengan lebih dari 1 orang. Semakin Anda sering bergontai-ganti pasangan, maka akan memberikan peluang penyakit trichomoniasis akan menyerang Anda.
  • Selalu rutin datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dan mengetahui perkembangan infeksi kelamin yang tumbuh dalam vagina Anda.
  • Ketika Anda tetap ingin melakukan hubungan seksual dengan pasangan, pastikan bahwa pasangan Anda juga melakukan perawatan dan pengobatan ke dokter.
  • Anda bisa menggunakan obat-obatan khusus yang bisa Anda dapatkan dari dokter.

Itulah gejala dan hal yang harus Anda perhatikan seputar penyakit trichomoniasis yang harus Anda waspadai dengan sebaik mungkin. Ditambah lagi dengan penyakit kelamin seperti trichomoniasis menjadi penyakit menular yang lebih cepat. 

Sehingga mewaspadai penyakit trichomoniasis sejak dini haruslah Anda lakukan agar segera mendapatkan penanganan khusus untuk melakukan pengobatannya. Dengan melakukan pengobatan pada waktu yang tepat, maka dapat memperkecil serangan penyakit trikomoniasis.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit