Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Kenali Trikomoniasis dari Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Update terakhir: SEP 22, 2019 Tinjau pada SEP 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 971.888 orang

Apa Itu Trikomoniasis

Penyakit Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit kulit kelamin yang terjadi pada organ kelamin. Penyakit ini dapat menyerang pria dan wanita yang terutama disebabkan olehgt;infeksi menular seksual. Pada fase awal, wanita paling rentan terkena infeksi ini. 

Satu-satunya parasit penyebab penyakit ini adalah Trichomonas vaginalis. Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri dan munculnya cairan dari vagina wanita yang berwarna hijau kekuningan dan berbau amis. Pengobatan pada penyakit ini harus ditangani secara efektif karena kondisi ini sangat tidak nyaman dan dapat menular secara mudah dengan aktivitas seksual.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Penyebab Trikomoniasis

Penyebab penyakit trikomoniasis tidak lain adalah akibat dari aktivitas seksual dengan penderita infeksi menular seksual yang sama atau akibat dari aktivitas seksual tanpa pengamanan seperti tidak memakai kondom. Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis dan merupakan penyakit yang sangat ‘kotor’ karena paling banyak terjadi pada orang yang suka berganti-ganti pasangan atau pada pekerja seks komersial. 

Trichomonas vaginalis menjadi parasit utama penyebaran penyakit pada organ kelamin. Dalam pemeriksaan mikroskop, parasit ini berbentuk oval dan panjang, berukuran panjang sekitar 4 mikrometer dan lebar 10 mikrometer.

Gejala Pada Trikomoniasis

Gejala yang ditimbulkan ada penyakit trikomoniasis menyerang organ kelamin dengan ciri khas yaitu

  1. Nyeri pada perut bagian bawah
    Parasit yang berkembang pada organ kelamin seperti vagina menimbulkan rasa nyeri akibat aktivasi parasit yang menetap.
  2. Nyeri pada kemaluan
    Parasit yang berada di vagina menimbulkan rasa nyeri akibat perkembangannya di area tersebut. Nyeri juga dirasakan saat buang air kecil dan tampak bengkak pada vagina akibat peradangan.
  3. Keputihan
    Penyakit trikomoniasis dapan menimbulkan keluarnya cairan yang berwarna kuning kehijauan khas trikomoniasis disertai rasa bau yang sangat amis.

Diagnosis Penyakit Trikomoniasis

Penyakit ini dapat ditangani secara efektif dengan pemeriksaan yang tepat. Selain menunjukkan keluhan kepada dokter, pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk memastikan penyakit. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain

  1. Kultur
    Kultur merupakan pemeriksaan diagnosis utama untuk menilai adanya perkembangan parasit Trichomonas vaginalis pada alat kelamin. Pemeriksaan ini dilakukan dengan sediaan basah dan dicek dengan mikroskop. Pemeriksaan yang lebih cepat dapat menggunakan Rapid antigen test.
  2. Pemeriksaan vagina
    Pemeriskaan fisik pada vagina adalah ditemukan nya bintik-bintik merah pada serviksa di organ kelamin wanita yang disebut strawberry cervix.

Diagnosis Banding

Beberapa penyakit menular seksual sangat memiliki kemiripan dengan trikomoniasis. Penyakit tersebut antara lain

  1. Kandidiasis Vulvovaginal
    Pada infeksi menular seksual akibat jamur Kandida albicans ditemukan cairan warna putih yang keluar dari vagina disertai rasa gatal dan sensitif pada mulut vagina.
  2. Bakterial vaginosis
    Infeksi pada penyakit bakterial vaginosis yang disebabkan oleh bakteri Gardinella vaginalis akan menunjukkan adanya cairan berwarna puth keabuan dari vagina, Pada pemeriksaan laboratorium ditemukan clue cells. Pada penyakit ini dtemukan bau amis akibat keluarnya amines dari bakteri. Asam pH penyakit ini lebih dari 4.7.

Pengobatan Pada Penyakit Trikomoniasis

Karena penyakit ini disebabkan oleh bakteri, maka penyakit trikomoniasis dapat disembuhkan dengan bantuan obat-obatan antiobiotik. Obat-obatan tersebut terdiri dari

  1. Metronidazole
    Metronidazole merupakan obat jenis antibiotik yang digunakan sebagai terapi utama untuk menyembuhkan penyakit trikomoniasis. Obat ini diberikan sercara oral (obat minum) dengan dosis 2 gram atau 400 miligram dua kali sehari selama 7 hari.
  2. Tinidazole
    Jika tidak ada obat metronidazole, obat tinidazole juga dapat digunakan sebagai antibiotik untuk menyembuhkan penyakit ini. Dosis yang digunakan pada obat tinidazole adalah 2 gram atau 500 miligram dua kali sehari selama 5 hari.

Komplikasi Penyakit Trikomoniasis

Komplikasi juga mungkin terjadi apabila penyakit ini dibiarkan tanpa pengobatan yang efektif. Pada beberapa kasus sering ditmukan adanya resiko tinggi terkena HIV dengan tingkat rentan yang lebi tinggi terutama pada aktivitas seksual bebas.

Pencegahan Penyakit Trikomoniasis

Penyakit ini sangat menular terutama pada aktivitas seksual yang tidak aman. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga pergaulan dalam kehidupan seksual seperti tidak berganti pasangan, menggunakan kondom saat berhubungan, dan menjaga kebersihan alat kelamin.


Referensi

Babycenter (2017). Is it Normal to Have Vaginal Discharge During Pregnancy?

Centers for Disease Control and Prevention (2017). Trichomoniasis - CDC Fact Sheet.

De Bellis, L. Parents Magazine. Vaginal Discharge During Pregnancy.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit