HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Turunkan Berat Badan dengan Yoga? Apa Bisa?

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Turunkan Berat Badan dengan Yoga? Apa Bisa?

Kelenturan, kekuatan dan pernapasan adalah aktivitas-aktivitas fisik yang terdapat dalam olahraga yoga. Jika anda membandingkan yoga dengan olahraga berat seperti sepak bola, lari, bermain bola basket atau bola voli, memang tampaknya yoga tidak begitu berat. 

Yoga terlihat seperti tidak memiliki gerakan yang melelahkan atau gerakan-gerakan berat seperti lari atau lompat. Apa benar yoga efektif untuk menurunkan berat badan?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jangan salah. Meski tampak seperti olahraga ringan yang tidak banyak gerakan, penelitian dalam Journal Clinical & Diagnostic Research tahun 2016 menunjukkan bahwa yoga tetap bisa membantu menurunkan berat badan. 

Disebutkan dalam penelitian bahwa melakukan latihan yoga secara rutin dapat mengontrol kondisi obesitas seorang pria yang adalah kaum urban atau orang yang tinggal di perkotaan.

Penelitian ini melibatkan 80 pria dewasa yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Setengah dari populasi penelitian, yakni 40 orang pria dewasa melakukan yoga secara teratur selama 90 hari, sedangkan 40 orang pria lainnya melakukan aktivitas fisik (selain yoga) secara bebas. 

Kedua kelompok memiliki pola makan dan asupan yang sama sesuai anjuran dari peneliti. Selama kurun waktu kurang lebih 3 bulan, 40 pria yang melakukan yoga diberikan jadwal kelas yoga selama 5 kali dalam seminggu dengan durasi setiap kelas 90 menit.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jumlah penurunan lemak pada kelompok yang melakukan yoga secara rutin lebih besar daripada jumlah penurunan lemak pada kelompok dengan aktivitas fisik lainnya. 

Kelompok yoga juga mengalami penurunan lemak yang lebih besar di area lengan atas dan area pinggang. Bahkan lingkar pinggang dan lingkar panggul menurun lebih besar daripada kelompok dengan aktivitas fisik lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penurunan jumlah lemak dan berkurangnya ukuran lingkar tubuh ini secara keseluruhan telah menurunkan berat badan pada pria dewasa tadi.

Bagaimana bisa latihan yoga andil dalam menurunkan berat badan?

Pertama, yoga mampu meningkatkan fokus dan kesadaran terhadap tubuh Anda. Dengan yoga, Anda akan lebih memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Akhirnya banyak makanan sehat yang Anda pilih dan Anda makan sehingga berat badan Anda bisa turun.

Walaupun yoga hanya membakar sedikit kalori jika dibandingkan dengan olahraga lain seperti bola basket, lari atau berenang, namun yoga memiliki manfaat yang lebih efektif dibandingkan dengan membakar kalori, yakni mengubah kebiasaan Anda dan mengubah konsumsi makan Anda. 

Selain itu, yoga juga mampu mengurangi stres. Anda tahu bahwa stres merupakan salah satu pemicu dari hasrat makan berlebihan. Melalui latihan yoga, kondisi psikis Anda akan membaik dan Anda tidak akan membabibuta dengan makan tak terkontrol saat emosi Anda tidak stabil.

Kedua, yoga terbukti meningkatkan metabolisme tubuh. Durasi kelas yoga yang cenderung lama yaitu 75 – 90 menit, membuat otot Anda bekerja keras sepanjang waktu tersebut. 

Meskipun aktivitas dalam latihan yoga tidak memiliki intensitas yang tinggi, namun durasi yang lama membuat otot Anda berkontraski dan berelaksasi selama berulang-ulang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Dengan latihan yoga yang rutin (4 – 5 kali dalam seminggu), metabolisme tubuh Anda akan meningkat. Hal ini juga akan meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam membakar kalori. Dengan rutin melakukan yoga, semakin lama akan semakin terlihat bagaimana bentuk tubuh Anda berubah dan berat badan Anda pun berkurang.

Jika Anda ingin cepat menurunkan berat badan dengan yoga, Anda harus mengimbanginya dengan kombinasi latihan-latihan lain yang mampu meningkatkan denyut jantung Anda. 

Latihan tersebut dapat berupa bersepeda, lari, senam aerobik atau latihan kardio lainnya. Hal ini akan membantu Anda membakar kalori lebih banyak dan tentunya lebih cepat.

Perlu Anda ingat bahwa kunci utama dalam sukses menurunkan berat badan adalah mengendalikan keseimbangan antara kalori yang masuk dengan kalori yang keluar. Anda harus mengatur pola makan sehat supaya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda tidak berlebihan, sehingga pembakaran kalori saat olahraga pun bisa Anda rasakan efeknya. 

Olahraga yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia jika Anda tidak mampu mengontrol konsumsi makanan Anda. Jangan sampai kalori yang masuk lebih besar daripada kalori yang Anda bakar selama olahraga. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yoga: Methods, types, philosophy, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/286745.php)
13 Benefits of Yoga That Are Supported by Science. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga)
Yoga Health Benefits: Flexibility, Strength, Posture, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/balance/guide/the-health-benefits-of-yoga)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app