Olahraga dan Kebugaran

Trik Bakar Lemak dan Membentuk Otot Dalam Satu Waktu

Jika anda ingin menghilangkan lemak serta membentuk otot tubuh dalam waktu yang bersamaan, maka anda perlu menerapkan beberapa trik berikut.
Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Feb 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
Trik Bakar Lemak dan Membentuk Otot Dalam Satu Waktu

Setiap pria pasti mendambakan memiliki bentuk tubuh yang ideal meskipun pada kenyataannya membentuk tubuh ideal tidak semudah yang dibayangkan. Untuk memperoleh bentuk tubuh ideal anda tidak hanya harus disiplin menjalankan diet tetapi juga berolahraga. 

Kedua cara ini dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak karena kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dibandingkan yang dibakar. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Meskipun begitu, diet dan olahraga saja ternyata masih belum cukup untuk membentuk otot. Supaya otot tubuh terbentuk ternyata anda harus melakukan hal yang sebaliknya yaitu anda harus lebih banyak makan lalu kurangi aktivitas fisik di luar dari jadwal olahraga.

Lalu bagaimana cara mensiasati kedua hal yang ternyata bertolak belakang tersebut tapi harus dilakukan secara bersamaan? Berikut akan diberikan ulasan trik-triknya.

Trik bakar lemak dan bentuk otot secara bersamaan

Jika anda ingin menghilangkan lemak serta membentuk otot tubuh dalam waktu yang bersamaan, maka anda perlu menerapkan beberapa trik berikut.

1. Fokuslah pada latihan kekuatan

Untuk membentuk dan memperbesar masa otot biasanya olahraga yang dilakukan adalah angkat beban. Tapi pada kenyataannya hasil pembentukan otot lebih efektif bagi para pemula yang baru memulai angkat beban. 

Sebab tubuh yang belum terbiasa angkat beban untuk pembentukan otot sehingga otot baru masih mudah untuk dibentuk. Lain halnya bagi anda yang sudah sering latihan kekuatan selama 6-8 bulan tanpa jeda, maka justru semakin sulit melakukan keduanya karena otot yang mulai terbentuk. 

Untuk itulah trik terbaik membentuk otot dan membakar lemak yaitu dengan mengangkat beban ditambah latihan kekuatan seperti sit up, pull up, push up dan squat. Pastikan semua otot bergerak saat latihan dan lakukan 4-7 kali pengulangan setiap latihan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Menerapkan sistem defisit kalori

Mulailah mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh dan biasakan lebih banyak berolahraga atau bisa mengkombinasikan keduanya. Dengan mengurangi jumlah kalori maka metabolisme tubuh akan berjalan lebih cepat saat membakar lemak dan memperlambat pemecahan protein. 

Hal ini akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membentuk otot secara lebih efektif.

3. Memilih olahraga interval intensitas yang tinggi

Padukan latihan kekuatan dengan olahraga kardio interval dengan intensitas tinggi atau HIIT selama 10 -20 menit agar pembakaran lemak lebih efektif.

4. Rutin berganti jenis latihan

Dengan berjalannya waktu maka tubuh anda semakin terbiasa dengan latihan maupun gerakan olahraga yang itu-itu saja. Namun lebih baik jika anda memvariasikan jenis latihan pembentukan otot untuk melatih otot yang berbeda. 

Gantilah jenis latihan anda setidaknya setiap 4-6 minggu sekali. Lebih mudahnya lagi anda bisa meningkatkan waktu sesi latihan, ubah waktu istirahat, tingkatkan kecepatan gerakan, variasikan beban serta menggabungkan latihan dengan jenis olahraga lain.

5. Konsumsi jenis makanan yang bervariasi

Supaya latihan anda lebih optimal untuk membakar lemak serta membentuk otot maka konsumsi jenis makanan yang seimbang, sehat dan bervariasi. Pastikan anda tetap mengkonsumsi makanan sehat selama diet agar tubuh tetap fit dan tidak mudah sakit. 

Kesehatan tetap penting meskipun anda sedang fokus untuk menghilangkan lemak dan melakukan pembentukan otot.

6. Istirahat yang cukup

Hindari terlalu memforsir diri anda untuk berolahraga untuk memperoleh tubuh ideal. Sebab tubuh anda juga membutuhkan waktu pemulihan yang tak kalah penting dari latihan. Salah satu cara pemulihan tersebut bisa dilakukan dengan beristirahat yang cukup. 

Tidur yang cukup akan membantu memperbaiki jaringan otot yang rusak atau lelah selama latihan. Dengan begitu kekuatan tubuh anda akan kembali penuh dan rasa nyeri pada otot juga berangsur hilang. 

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Body Recomposition: Lose Fat and Gain Muscle at the Same Time. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/nutrition/body-recomposition)
Can You Gain Muscle While Losing Weight?. U.S. News. (Accessed via: https://health.usnews.com/wellness/fitness/articles/can-you-gain-muscle-while-losing-weight)
How to Lose Fat and Gain Muscle at the Same Time. SELF. (Accessed via: https://www.self.com/story/how-to-lose-fat-and-gain-muscle)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app