Tretinoin Tropikal: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mar 9, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Agu 23, 2019 Waktu baca: 3 menit

Apa tu Tretinoin tropikal ?

Tretinoin tropikal ialah suatu macam obat oles berbentuk krim yang fungsinya untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat. Kulit yang berjerawat memang merupakan masalah yang menganggu hampir bagi seluruh orang dari berbagai tipe kulit terutama mereka yang memiliki kulit dengan tipe berminyak. 

Ini dikarenakan jerawat terjadi akibat adanya minyak atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak tidak bisa lalu lalang dengan bebas melewat pori pori karena pori pori tersumbat oleh sel kulit mati ataupun kotoran. 

Selain menyebabkan jerawat, pori pori yang tersumbat pun dapat menyebabkan terjadinya pembentukan komedo di area kulit wajah seseorang.

Dosis Penggunaan Tretinoin Tropikal

Untuk takaran atau dosis dalam menggunakan obat salep tretinoin tropikal ini, kamu hanya cukup mengoleskannya sedikit saja di ujung jarimu ke area wajah yang berjerawat. Oleskan obat salep secara merata di area kulit berjerawat dan ingat pengolesan obat ini harus dilakukan setelah kulit wajahmu di cuci bersih setiap pagi dan malam hari. 

Obat tretinoin tropikal akan segera bekerja dengan cara membuka pori porimu dari sumbatan dan kotoran serta dapat membantu pertumbuhan sel sel kulit di area kulitmu yang berjerawat. 

Selain membantu mengatasi permasalahan jerawat, obat tretinoin tropikal juga dapat berfungsi dalam mengurangi keriput serta kerutan kerutan halus di wajahmu terutama kerutan yang banyak muncul di area mata dan bibir selain itu obat inipun mampu mengatasi kulit wajah yang kasar dan munculnya flek hitam di area wajah. 

Cara penggunaan pun sama dengan kulit berjerawat yaitu hanya mengoleskannya tipis tipis setiap pagi dan malam setelah kulit wajah dicuci bersih. Pemakaian obat ini harus dilakukan rutin dan baru bisa menunjukan hasilnya minimal dalam waktu 12 minggu pemakaian dan harus terus digunakan hingga jerawat benar benar hilang dari area kulit wajahmu.

Peringatan dalam Menggunakan Tretinoin Tropikal

Umumnya obat ini bukan merupakan obat yang dijual secara umum di pasaran namun obat ini merupakan obat yang hanya akan diresepkan oleh dokter kulit. Dalam menggunakan obat ini, dokter hanya akan meresepkannya pada mereka yang umurnya sudah diatas 12 tahun. Selain itu bila pasien memiliki riwayat penyakit eksim serta kanker kulit, dilarang keras untuk menggunakan obat salep tretinoin tropikal. 

Untuk permasalahan kulit seperti luka bakar atau kulit meradang serta infeksi, juga dilarang menggunakan obat ini sebagai upaya penyembuhannya. Saat menggunakan obat tretinoin tropikal juga hendaknya untuk tidak terkena cahaya matahari secara langsung, kamu bisa menggunakan sun block untuk membantu kamu bila harus terkena cahaya matahari secara langsung. Dan jangan gunakan obat ini melebihi takaran atau dosis yang diresepkan oleh dokter.

Penggunaan bagi ibu hamil dan menyusui pun sampai sekarang belum dinyatakan aman atau tidak aman nya oleh berbagai team dokter karena belum adanya penelitian mengenai kandungan yang terdapat dalam obat tretinoin tropikal aman atau tidak bagi janin yang sedang dikandung serta efek sampingnya pada ASI. Sebaiknya untuk tidak menggunakan obat tretinoin tropikal dahulu bila wanita sedang menjalani masa kehamilan ataupun sedang menyusui.

Selain itu, tretinoin tropikal sebaiknya juga tidak digunakan bersamaan dengan obat hydrochlorothiazide, sulfamethoxazole, ciprofloxacin, chlorpromazine, benzoil peroxide atau tetracycline karena ditakutkan akan menimbulkan interaksi obat yang bisa membuat kulit menjadi infeksi.  

Ingat juga untuk tidak mengkonsumsi alkohol berlebihan serta merokok saat menggunakan obat tretinoin tropikal karena akan menimbulkan reaksi dan alergi pada kulit yang sensitif.

Efek Samping Penggunaan Tretinoin Tropikal

Penggunaan tretinoin tropikal kepada setiap orang memang berbeda beda efek sampingnya tergantung pada tingkat kesensitifan kulit wajah para penggunanya. Namun terdapat beberapa efek samping yang umum terjadi bagi para pengguna tretinoin tropikal yaitu kulit wajah menjadi kering dan mengelupas disertai memar serta bengkak dan meradang. 

Kulit wajah juga akan terasa panas seperti terbakar. Jerawat yang terasa gatal sehingga menimbulkan luka pada jerawat yang bisa menyebabkan jerawat berwarna kehitaman dan meninggalkan bekas gelap pada area kulit wajah. 


10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Schmidt N, et al. (2011). Tretinoin: A review of its anti-inflammatory properties in the treatment of acne. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3225141/)
Noble S, et al. (1995). Tretinoin: A review of its pharmacological properties and clinical efficacy in the topical treatment of photodamaged skin. DOI: (https://doi.org/10.2165/00002512-199506060-00008)
Leyden J, et al. (2017). Why topical retinoids are a mainstay of therapy for acne. DOI: (https://dx.doi.org/10.1007/s13555-017-0185-2)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app