Tips Menjaga Tubuh Tetap Langsing Saat Libur Tahun Baru

Dipublish tanggal: Des 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Menjaga Tubuh Tetap Langsing Saat Libur Tahun Baru

Apa pun rencana Anda untuk libur tahun baru ini, tentu saja tidak lepas dari yang namanya makan-makan. Biasanya, hidangan makanan untuk merayakan tahun baru lebih spesial daripada hari-hari biasanya, misalnya saja jagung bakar, barbeque, junk food, serta minuman bersoda.

Namun, untuk Anda yang sedang diet untuk menjaga bentuk tubuh, tentunya harus berhati-hati saat sedang memilih makanan. Pasalnya, sejumlah makanan khas tahun baru kerap mengandung tinggi lemak dan kalori sehingga bisa membuat berat badan Anda melonjak. Lalu, bagaimana caranya agar tubuh tetap langsing saat libur tahun baru?

Iklan dari HonestDocs
Fat Freezing By Cristal Cryosculpt Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk mengurangi kadar lemak pada tubuh sehingga tubuh lebih langsing dan ideal. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Fat freezing by cristal cryosculpt di genese clinic

Kiat menjaga tubuh tetap langsing saat libur tahun baru

Rata-rata menu di pesta tahun baru mengandung lemak jahat, garam dan gula berlebih, tinggi kalori, serta rendah serat. Semua kandungan tersebut bisa membuat berat badan Anda melonjak bila dikonsumsi berlebihan. 

Tentu saja Anda tidak ingin usaha Anda jadi sia-sia karena perayaan pesta tahun baru, bukan? Apabila Anda ingin tetap menjaga bentuk tubuh selama libur tahun baru, berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Mengontrol porsi makan

Anda tidak perlu mengurangi porsi makan Anda secara drastis untuk meraih bentuk tubuh yang diinginkan. Kuncinya adalah Anda hanya perlu mengatur jenis dan porsi makanan yang ada di piring.

Caranya, awali isi piring Anda dengan sayuran dan dilanjutkan dengan protein secukupnya, lalu sisakan sedikit ruang untuk nasi maupun sumber karbohidrat lainnya. Untuk mengurangi rasa ingin menambah makanan karena merasa belum kenyang, jangan duduk terlalu dekat dengan tempat penyajian makanan.

Setelah makanan habis, tunggu sejenak hingga 20 menit sebelum menambah porsi makanan. Hal ini karena otak membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk memproses sinyal kenyang dari perut. 

2. Perbanyak makan buah dan sayur

Anda tentu saja boleh mencicipi segala makanan khas pesta tahun baru. Namun, jangan lupa untuk tetap mengambil buah dan sayuran ke dalam piring Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Biasakan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan buah dan sayur sebelum Anda mencicipi hidangan pesta. Makan buah sebelum makan dapat membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tidak tergoda untuk kalap makan.

Tak hanya itu, makan buah ternyata juga bisa membantu mengurangi hasrat untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori. Dengan demikian, Anda akan lebih mampu menjaga berat badan dan tubuh langsing saat libur tahun baru. 

Beberapa contoh buah dan sayur yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama adalah alpukat, apel, pir, raspberry, dan pisang

Baca Juga: 5 Kreasi Camilan Sehat untuk Dihindangkan Saat Natal

3. Kurangi minum minuman berkalori tinggi

Apabila Anda sudah rutin mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit, rendah lemak, dan rendah kalori, namun tubuh Anda tetap kurang langsing, mungkin ada yang salah dengan pemilihan minuman Anda. Apakah Anda minum minuman tinggi kalori yang disajikan saat libur tahun baru?

Jika iya, maka inilah dalang penyebab tubuh Anda tak kunjung langsing. Minuman yang biasanya disuguhkan saat acara atau pesta memang terlihat ringan, namun beberapa minuman memiliki kalori yang lumayan tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

Minuman berkalori tinggi akan membuat lemak menumpuk dalam tubuh, sehingga menggagalkan rencana Anda untuk mendapatkan tubuh langsing saat libur tahun baru. Beberapa minuman berkalori tinggi dan harus Anda hindari adalah smoothies, soda, koktail, sirup, minuman berenergi, serta berbagai sajian kopi yang mengandung banyak krimer dan gula. 

4. Tetap aktif olahraga

Saat sedang libur, sebagian besar orang memilih menghabiskan waktu untuk bersantai dan bermalas-malasan. Namun, apabila tidak menyempatkan untuk olahraga, bisa-bisa berat badan Anda terus naik setelah libur tahun baru usai.

Meskipun sedang libur, coba luangkan waktu untuk bangun lebih pagi dan berjalan atau berlari di sekitar lingkungan rumah. Anda juga bisa memanfaatkan waktu libur untuk melakukan pekerjaan rumah seperti mengepel, menyapu, menyikat kamar mandi, dan mencuci baju.

Jika Anda sedang berlibur ke luar kota, Anda bisa membawa sepatu olahraga untuk digunakan di tempat berlibur. Olahraga ringan seperti berjalan dan berlari bisa dilakukan di sekitar penginapan atau jogging track terdekat.

Anda juga dapat memanfaatkan kolam renang yang tersedia. Apa pun jenis olahraganya, yang terpenting selalu sempatkan untuk berolahraga setiap hari meskipun sedang liburan.

5. Kurangi stres

Saat libur tahun baru, mungkin Anda dibuat sibuk dengan persiapan pesta tahun baru atau menempuh perjalanan jauh menuju lokasi wisata. Beberapa hal tersebut tentu sering kali memicu stres.

Menurut para ahli, stres akan membuat berat badan lebih cepat naik dan akan lebih susah untuk menurunkannya. Hal ini dipengaruhi oleh naiknya hormon kortisol saat stres yang memicu kenaikan berat badan.

Bila Anda ingin tetap langsing saat libur tahun baru, jaga selalu asupan makanan Anda dan hindari stres. Nikmati waktu liburan bersama keluarga supaya tubuh dan pikiran tetap fresh serta sehat sebelum memulai aktivitas kembali.

Baca Selengkapnya: Tips Menjaga Kesehatan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Keeping your weight up in later life. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-weight/keeping-your-weight-up-in-later-life/)
How to get a flat stomach: 18 tips. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324636)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app