Tips Menjalani Diet Sehat & Aman bagi Remaja

Pilihlah diet yang aman dan tetap memperhatikan kesehatan tubuh Anda dengan menjaga asupan nutrisi seimbang. Berikut ini adalah panduan lengkap bagaimana menjalankan diet sehat dan tetap aman, antara lain:
Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Menjalani Diet Sehat & Aman bagi Remaja

Menjalani diet ketat kini banyak dijalani para remaja untuk menurunkan berat badan. Menjalani diet sebenarnya tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, namun juga memiliki tubuh yang sehat. Selama diet yang dijalani adalah diet yang sehat dan aman untuk tubuh.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin memulai diet, jangan memilih diet yang menyiksa tubuh. Pilihlah diet yang aman dan tetap memperhatikan kesehatan tubuh Anda dengan menjaga asupan nutrisi seimbang. Berikut ini adalah panduan lengkap bagaimana menjalankan diet sehat dan tetap aman, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

1. Perbanyak konsumsi protein

Para remaja yang ingin menjalankan diet di usia yang cukup belia harus tetap memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Ketika remaja, tubuh sedang banyak memerlukan nutrisi untuk membantu tumbuh kembang Anda. 

Sehingga Anda sangat dilarang menjalani diet yang justru mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu pola diet yang bisa dijalani adalah dengan memperbanyak konsumsi protein. Protein sangat penting dikonsumsi oleh para remaja yang menginginkan berat badan ideal. Protein memiliki manfaat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat pembakaran kalori lebih cepat terjadi. 

Beberapa sumber protein yang bisa Anda pilih adalah dada ayam tanpa kulit, yoghurt, daging sapi tanpa lemak dan kacang-kacangan.

2. Banyak konsumsi air mineral

Konsumsi air mineral merupakan salah satu kunci untuk menjalankan diet sehat dan tetap aman. Air mineral atau air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Air putih berperan dalam mengeluarkan zat sisa beracun dari dalam tubuh.

 Air putih juga bermanfaat untuk membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh sehingga dapat lebih banyak membakar lemak. Anda yang sedang diet sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sekurang-kurangnya 2 sampai 3 liter setiap harinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diet via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 38

3. Tidak makan di malam hari

Menghindari makan malam menjadi salah satu langkah untuk menjalani diet sehat. Anda sebaiknya memajukan waktu makan malam pada jam sebelum pukul 7 malam atau kurang lebih 3 sampai 5 jam sebelum tidur. 

Hal ini dikarenakan proses metabolisme tubuh di malam hari melambat sehingga sangat tidak ideal makan di malam hari.

4. Tidak mengkonsumsi minuman berkalori tinggi

Hindari minuman berkalori atau minuman yang telah dikemas dalam kemasan. MInuman seperti jus, minuman bersoda dan yoghurt kemasan mengandung pemanis buatan yang dapat menyebabkan obesitas.

5. Tidak menghilangkan makanan tertentu

Agar menjalani diet sehat dan aman tetap sukses, Anda sebagai orangtua yang membantu anak remaja diet jangan menghalangi mereka dari makanan favoritnya. Misal anak suka makanan roti panggang dengan keju parut, maka Anda jangan mengatakan hal yang melarang mereka makan itu lagi seumur hidup.

 Anda sebaiknya memberi pengertian terkait makanan tersebut. Misal mengatakan bahwa makanan itu mengandung banyak kalori sehingga konsekuensi memakan itu adalah dengan banyak berolahraga.

6. Latihan otot

Olahraga yang melatih otot diketahui dapat membakar lebih banyak kalori yang berasal dari lemak. Sehingga, menjalani latihan otot sangat disarankan untuk menurunkan berat badan para remaja. 

Selain itu, latihan otot juga dapat membantu membentuk otot mereka menjadi lebih baik sehingga tidak cepat mengendur. Beberapa jenis latihan yang disarankan untuk remaja adalah aerobic, push up, atau pilates.

7. Jangan melampiaskan rasa sedih dengan makan

Emotional eater atau keinginan makan yang lebih besar ketika merasa sedih ataupun galau menjadi salah satu pemicu kegagalan diet. Jika tetap ingin makan, sebaiknya ganti cemilan dengan buah-buahan.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Deal With Diets (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/dieting.html)
Healthy eating for teens. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/healthy-eating-for-teens/)
Normal Diet for Adolescents - 12 to 18 Years of Age - What You Need to Know. Drugs.com. (https://www.drugs.com/cg/normal-diet-for-adolescents-12-to-18-years-of-age.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app