Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Kenali Apa Itu Diet Keto dan Menu Makanan Yang Dianjurkan

Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Agu 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.455.172 orang

Kenali Apa Itu Diet Keto dan Menu Makanan Yang Dianjurkan

Untuk kamu merasa bobot badanmu kurang ideal dan ingin menurunkan berat badan, tentunya cara yang akan kamu tempuh ialah dengan berdiet. Ya, diet sekarang ini bukan lagi menjadi kebutuhan hidup saja melainkan sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup baru dimana setiap orang berlomba-lomba untuk mendapatkan body atau badan yang ideal.

Lalu cara diet apakah yang sudah kamu tempuh? Di zaman modern ini, metode diet bukan hanya dengan menahan makan nasi saja atau berolahraga, namun banyak sekali macam dan jenis metode diet yang dapat kamu coba.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dari diet alami, diet mayo, diet atkins, diet zona, diet keto dan sebagainya. Walaupun tujuan nya tetap sama yakni mengurangi bobot badan si peserta, namun cara dan metode yang ditawarkan tentu berbeda-beda. Disini khusus untuk kamu akan dibahas lebih lanjut mengenai apa itu diet keto dan bagaimana cara melakukannya.

Apa itu Diet Keto?

Diet Keto atau diet Ketogenik ialah diet yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Apabila konsumsi lemak normal tubuh kamu adalah sekitar 20-30%, dalam diet ketogenik menganjurkan asupan lemak dalam tubuh kamu mencapai 60-70% dan asupan karbohidrat tubuh kamu hanya boleh sekitar 10 persen dari asupan makanan normalnya sehari-hari.

Dimana sisa asupan 20% akan diisi oleh konsumsi protein yang baik untuk tubuh.  Diet keto merupakan diet yang membatasi konsumsi karbohidrat secara ketat, dengan tujuan membuat tubuh jatuh dalam keadaan ketosis.

Dalam keadaan normal, ketosis terjadi saat seseorang tidak mengonsumsi karbo atau mengonsumsi sedikit sekali karbohidrat. Kekurangan karbohidrat membuat kadar glukosa terutama kadar gula darah dan insulin akan mengalamai penurunan hebat dalam tubuh, sehingga tubuh mulai memecah lemak untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Hal ini membuat hasil pemecahan lemak yang disebut keton menumpuk dalam tubuh dimana keton memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dapat menyediakan energi untuk otak.

Apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama menjalani Diet Keto?

Walaupun terdengar mudah dan mengasyikan dimana diet ini memperbolehkan pesertanya untuk memakan lemak lebih banyak daripada normalnya, namun lemak yang boleh diasumsi disini bukannya lemak sembarangan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lemak yang kamu boleh konsumsi selama menjalanin diet keto ialah sumber lemak baik seperti kacang-kacangan dan minyak zaitun. Berikut ini ialah apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsu selama menjalani program diet Keto:

  • Yang Boleh Dikonsumsi
    Metode diet keto yang mengijinkan pesertanya memakan lemak tinggi, protein sedang dan minim karbo ini cenderung akan membuat pesertanya lebih cepat kenyang sehingga makan 1-2x sehari saja sudah cukup bagi pesertanya.

    Untuk menu diet ini sendiri, kamu bisa memilih mau sarapan atau tidak. Bila ingin sarapan kamu bisa mengkonsumsi 1-2 butir telur dengan daging sapi. Untuk menu makanannya pun kamu bisa mengkonsumsi:


  • Makan: Daging sapi, kambing, ayam, bebek, ikan, telur, keju dan lemak alami (minyak kelapa / Virgin Coconut Oil, cacao fat, minyak zaitun)

  • Sayur : Bukanlah makanan utama, tapi bisa konsumsi sedikit serat dari sayur hijau, jamur, timun, brokoli

  • Buah : Untuk buah baiknya kamu memilih buah jenis berry-berryan seperti blueberry, strawberry, lalu alpukat dan kelapa

  • Minuman : Kopi, teh, air putih, susu

  • Snack : Beberapa jenis kacang bisa dikonsumsi terbatas seperti kacang almond, agar-agar juga menjadi cemilan sehat untuk kamu yg sedang diet keto
  • Yang Tidak Boleh Dikonsumsi
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas, di dalam diet ini kamu kamu dilarang mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga mengkonsumsi  segala jenis beras, gandum, gula, makanan bertepung, dan pati (kentang, singkong, jagung) lebih baik dihindari. 

    Buah manis seperti pisang, mangga, nanas juga baiknya dihindari dulu. Tidak lupa kamu juga sebaiknya mengindari mengkonsumsi segala jenis minuman kemasan karena mangandung gula yang sangat tinggi.

Diet ketogenik ini terbukti sukses dan berhasil dilakukan oleh para aktris Hollywood seperti Kim Kadarshian dan Gywneth Paltrow, namun tidak semua dari kamu akan cocok diet dengan menggunakan metode ini.

Ada baiknya, untuk kamu yang ingin mencoba diet ini untuk mengkonsultasikan dahulu niatmu dengan dokter atau pakar kesehatan kepercayaanmu ya. Good Luck Guys!

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit