Tips Menjaga Kesehatan Vagina saat Bersepeda

Dipublish tanggal: Mei 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Menjaga Kesehatan Vagina saat Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga murah meriah yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, namun bersepeda untuk transportasi dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Namun, mungkin banyak dari wanita yang merasakan rasa nyeri pada bagian organ intimnya setelah bersepeda. Anda sebagai orang yang sering bersepeda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi vagina dari rasa sakit setelah bersepeda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

1. Menggunakan ukuran sadel yang lebih lebar

Hindari menggunakan sadel berukuran kecil dengan bentuk yang semakin meruncing di bagian depannya. Semakin kecil ukuran sadel maka dapat meningkatkan tekanan ke dalam vagina dan panggul. Pilihlah sadel yang berukuran lebar namun tetap proporsional. 

Dengan ukuran sadel yang lebih lebar akan meratakan tekanan dari sadel ini tidak hanya memusat ke bagian vagina saja.

2. Mengatur ketinggian sadel

Mengatur ketinggian sadel sepeda menjadi salah satu tips bersepeda sehat yang disarankan dalam Journal of Sexual Medicine di tahun 2012. Berdasarkan penelitian ini terungkap bahwa posisi sadel yang lebih tinggi dibanding stang sepeda akan membuat wanita yang bersepeda memiliki risiko vagina sakit lebih besar akibat tekanan sadel.

Mengatur ketinggian yang tepat akan membuat Anda lebih nyaman ketika berkendara. Posisi sadel yang tepat akan membuat beban tubuh terbagi tidak hanya di panggul saja namun juga ke bagian lengan.

3. Jangan Mencukur Habis atau Waxing Rambut Pubis

Meski banyak wanita yang merasa risih dengan keberadaan rambut pubis di area kemaluan, namun harus dipahami bahwa keberadaan rambut kemaluan ini sebenarnya bermanfaat melindungi vagina dari infeksi bakteri, melindungi kulit dari gesekan serta cedera. 

Oleh karena itu jangan melakukan waxing atau bahkan mencukur habis  rambut kemaluan sebelum bersepeda. Dikhawatirkan kulit vagina setelah dicukur biasanya akan lebih rentan luka ketika tergesek. Oleh karena itu jangan mencukur habis rambut kemaluan sebelum bersepeda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

4. Memakai krim lembut

Seringkali ketika bersepeda akan menimbulkan gesekan yang akan membuat area sekitar vagina dan paha bagian atas nyeri bahkan lecet. Untuk menghindari hal itu, Anda sebaiknya mengoleskan krim seperti body lotion yang lembut pada bagian selangkangan dan paha bagian dalam agar tidak kering dan menimbulkan lecet.

5. Banyak mengkonsumsi yoghurt

Yoghurt merupakan makanan probiotik yang dikenal baik untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan organ intim kewanitaan. Kandungan bakteri baik pada yoghurt dapat menjaga keseimbangan ekosistem koloni bakteri baik pada organ vagina.

Keberadaan bakteri baik ini bermanfaat untuk mencegah risiko infeksi jamur seperti Candida yang rentan berkembang tidak terkendali pada vagina.

6. Mengganti celana dalam dan membersihkan vagina setelah bersepeda

Membersihkan vagina menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan ini setelah bersepeda. Cara untuk menjaga kebersihan vagina juga sangat mudah. Anda tinggal membasuh vagina dengan air bersih setelah sampai di tempat tujuan. 

Jangan lupa mengeringkannya dengan tissue ataupun handuk. Jangan lupa juga mengganti celana dalam dengan yang masih bersih.

Hal ini harus Anda lakukan baik ketika pergi dan pulang menggunakan sepeda. Oleh karena itu, selalu ingat untuk membawa dua pasang celana dalam jika Anda bersepeda ke luar dan berdiam dalam waktu lama. 

Hindari menggunakan celana dalam yang sama karena celana dalam tersebut tentunya sudah lembab dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
4 Ways To Stop Your Bike Saddle From Damaging Your Vagina. Women's Health South Africa. (https://www.womenshealthsa.co.za/fitness/vagina-bike-safety/)
‘I had a huge swelling’: why my life as a female cyclist led to vulva surgery. The Guardian. (https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2019/mar/26/hannah-dines-saddle-research-pain-swelling-female-cyclists)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app