GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kebiasaan Sehat

Tips Mencegah Paparan Virus Corona Saat Pergi dan Pulang Rumah

Dipublish tanggal: Mar 30, 2020 Update terakhir: Jun 4, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Mencegah Paparan Virus Corona Saat Pergi dan Pulang Rumah

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Persiapan dan antisipasi perlu dilakukan terutama ketika akan pergi keluar rumah ataupun ketika kembali pulang ke rumah untuk mencegah paparan Covid-19
  • Tips dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh agar terhindar dari virus Corona (Covid-19) juga perlu diterapkan seluruh anggota keluarga
  • Penggunaan masker, rajin mencuci tangan, dan penerapan jaga jarak (physicial distancing) juga sangat penting dilakukan ketika berada di luar rumah
  • Ketika pulang ke rumah, segera mandi dan membersihkan diri, hindari menyentuh benda apapun, dan bersihkan seluruh barang bawaan
  • Kedisiplinan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan dapat membantu Anda mengurangi risiko paparan virus Corona (Covid-19)

Semakin mewabahnya pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh Corona virus di Indonesia, membuat pemerintah menerapkan aturan untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Oleh karena itu, masyarakat dianjurkan untuk tetap tinggal di rumah dan berusaha seminimal mungkin berkegiatan di luar rumah, kecuali untuk keperluan penting. 

Tetapi bagi beberapa orang yang mungkin tidak bisa bekerja dari rumah dan tetap harus pergi keluar rumah, kewaspadaan tentu harus ditingkatkan. Beberapa cara berikut juga harus dipatuhi untuk mencegah dan mengurangi risiko terpapar virus Corona ketika berada di luar rumah, seperti di tempat umum ataupun transportasi publik.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tips Mencegah Paparan Virus Corona Saat Pergi dari Rumah

Seperti yang sudah diinformasikan, paparan virus Corona (Covid-19) dapat dialami oleh siapa saja, terutama mereka yang sedang tidak fit atau memiliki sistem imun yang lemah, maka jika sedang sakit sebaiknya tidak keluar rumah. Menjaga jarak aman (physical distancing) sekitar 1 meter juga wajib dilaksanakan di manapun berada.

Berikut ini tips mencegah paparan virus Corona (Covid-19) yang perlu disiapkan ketika ingin keluar rumah:

  • Kenakan masker dengan benar yang menutupi hidung hingga wajah bagian bawah
  • Pakai baju lengan panjang atau jaket serta kenakan topi bagi yang memiliki rambut panjang 
  • Lakukan physical distancing atau menjaga jarak dengan orang lain terutama ketika berbicara
  • Hindari penggunaan transportasi publik ataupun tempat ramai yang berdesakan seperti pasar tradisional
  • Persiapkan hand sanitizer yang mengandung 70 persen alkohol dan pergunakan setelah menyentuh benda apapun
  • Tetap mencuci tangan dengan sabun dan air bersih terutama setelah menyentuh benda, gagang pintu, ataupun setelah batuk/bersin
  • Hindari menyentuh wajah (hidung, mata, dan mulut) sebisa mungkin terutama jika belum cuci tangan
  • Kurangi penggunaan uang tunai (cash) seminimal mungkin untuk menghindari kontaminasi paparan yang mungkin menempel pada uang

Baca juga: Mengapa Sabun Cuci Tangan Penting dalam Mencegah Virus Corona (Covid-19)?

Tips Mencegah Paparan Virus Corona Saat Pulang ke Rumah

Selain perlu berhati-hati selama berada di luar rumah, ketika kembali ke rumah, ada kemungkinan virus ikut menempel di pakaian, handphone, sepatu, bahkan rambut. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko akibat paparan virus Corona di tempat umum, Anda harus segera membersihkan seluruh bawaan dan mandi. 

Berikut ini tips mencegah paparan virus Corona (Covid-19) yang perlu dilakukan ketika kembali ke rumah:

  • Lepas masker yang benar dengan memegang kedua tali dan buang ke tempat sampah
  • Ambil dan semprotkan cairan disinfektan pada sepatu, jaket, tas, serta barang bawaan
  • Jangan menyentuh barang apapun dan jaga jarak dengan orang rumah
  • Hindari bersandar atau duduk pada kursi ataupun tempat tidur sebelum mandi
  • Segera mencuci tangan dengan sabun dan air bersih
  • Segera ke kamar mandi dan bersihkan seluruh tubuh, mulai dari rambut hingga kaki
  • Pisahkan pakaian yang dikenakan dan sebisa mungkin langsung dicuci
  • Bersihkan permukaan handphone dengan alkohol atau air dan sabun

Selain tips di atas, Anda juga wajib mengingatkan diri sendiri dengan disiplin akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan demi terhindar dari penyakit Covid-19. Ketika berada di luar rumah selalu ada kemungkinan terpapar virus Covid-19, tetapi dengan menerapkan tips pencegahan yang berkaitan dengan persiapan dan antisipasi di atas, maka ada kemungkinan juga Anda terhindar dari paparan virus Covid-19 serta mengurangi dampak risikonya.

Jaga kebersihan diri sendiri dan orang terdekat dari virus Corona (Covid-19) dengan rajin cuci tangan dengan sabun, kenakan masker pelindung, gunakan tisue ketika bersin atau batuk, dan hindari tempat keramaian. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, berolahraga, istirahat cukup, dan minum air putih serta multivitamin.     

Jika mengalami gejala seperti demam, batuk, bersin, atau kondisi lainnya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan. 
Untuk informasi atau laporan mengenai kasus Covid-19, bisa melihat di website resmi www.covid19.go.id atau menghubungi hotline Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) khusus COVID-19 di nomor 119 ext. 9. 
Pencegahan dan penanganan awal akan membantu mengurangi risiko bahaya atau komplikasi yang lebih parah.

Sekilas Mengenai Covid-19

Covid-19 atau penyakit yang disebabkan oleh virus Corona telah menyebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Virus tersebut dapat menyebabkan gangguan pernapasan dengan gejala demam, batuk, bersin, sakit kepalasesak nafas, nyeri dada, hingga menyebabkan pingsan. 

Penularan virus bisa terjadi melalui batuk atau bersin, bersentuhan dengan penderita, serta menyentuh benda yang telah terkontaminasi karena virus dapat bertahan hingga 24 jam di permukaan benda. Untuk mencegah penyebaran virus Corona, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri.

Baca selengkapnya: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Coronavirus

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WHO. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public. (who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app