12 Tips Mencegah Flu, Pilek, dan Batuk Paling Efektif

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jun 8, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
12 Tips Mencegah Flu, Pilek, dan Batuk Paling Efektif

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Rajin mencuci tangan adalah salah satu cara ampuh mencegah flu, pilek, dan batuk. Cucilah tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.
  • Jangan menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Hindari pula menutup mulut dengan tangan saat bersin atau batuk karena bisa memicu penularan virus flu.
  • Gunakanlah masker saat harus berada di sekitar orang yang sedang terkena flu. Mintalah si penderita juga menggunakan masker.
  • Jangan lupa perbanyak makan sayur dan buah yang secara alami mengandung kaya vitamin dan mineral untuk mencegah flu.
  • Klik untuk mendapatkan obat batuk dan flu ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Penyakit flu atau batuk pilek memang mudah sekali menular. Penularannya terjadi melalui udara, bisa secara langsung dari percikan batuk ataupun bersin penderita atau melalui kontak tak langsung. Namun, Anda tak perlu khawatir. Dengan menerapkan beberapa tips mencegah flu dan batuk di bawah ini, maka risiko penularannya dapat diminimalkan.

Tips mencegah flu, pilek, dan batuk secara sederhana dan efektif

Tidak mau terkena flu, pilek, dan batuk? Tenang, beberapa tips berikut bisa membantu mencegah flu, pilek, dan batuk:

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

1. Rajin cuci tangan

Ketika seseorang yang sedang sakit flu, bersin, dan batuk di tangannya atau mengusap ingus dengan tangannya, dan setelah itu ia menyentuh benda-benda seperti telepon, gagang pintu, remote, dan peralatan lainnya, maka benda tersebut telah tercemar oleh virus penyebab flu.

Jika Anda menyentuh benda-benda tersebut, maka bibit penyakit flu akan berpindah ke tangan Anda. Akibatnya, Anda pun akan mudah tertular saat menyentuh mulut, mata, mengusap hidung, atau makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Maka dari itu, salah satu tips mencegah flu yang paling dianjurkan adalah sering mencuci tangan. Cucilah tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan dan menyentuh area wajah. Bila tidak memungkinan, Anda bisa menggunakan gel pembersih tangan atau hand sanitizer yang mengandung alkohol.

Baca selengkapnya: 6 Langkah Mencuci Tangan yang Benar Agar Bersih

2. Jangan menutup bersin dan batuk dengan tangan

Tips mencegah flu yang satu ini ditujukan bagi penderita flu. Untuk meminimalkan penularan, hindari menutup bersin atau batuk secara langsung dengan tangan.

Ingat, tangan merupakan salah satu perantara perpindahan virus dari penderita ke orang lain. Ketimbang menggunakan tangan secara langsung, sebaiknya tutup mulut Anda saat bersin atau batuk menggunakan tisu. Bisa juga dengan mengarahkan mulut Anda ke bagian dalam lengan (arah ketiak).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Baca selengkapnya: Urutan Gejala Flu Pilek Biasa (Common Cold) dari Hari ke Hari

3. Jangan sentuh wajah

Tahukah Anda bahwa virus penyebab flu akan cepat masuk masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut? Jadi, apabila kondisi tangan belum dipastikan benar kebersihannya, sebaiknya jangan menyentuh area tersebut, ya!

Ingat, cucilah tangan terlebih dahulu. Jangan lupa ajarkan kebiasaan sehat ini kepada anak-anak, karena merekalah yang paling berisiko.

Tetapi bagaimana jika tiba-tiba hidung atau mata terasa gatal? Jika belum sempat cuci tangan, gunakan punggung tangan Anda untuk mengusap bagian yang gatal.

4. Jaga jarak dengan penderita

Guna menghindari penyebaran virus flu melalui percikan batuk atau bersin penderita, maka Anda perlu menjaga jarak dengannya. Tak perlu terlalu ekstrem dengan meninggalkannya sendirian di sebuah ruangan. Ambillah jarak secukupnya saja dan terapkan tips mencegah flu lainnya.

5. Jangan berbagi peralatan makan

Menggunakan satu buah sendok, piring, atau gelas secara bersama-sama dengan penderita juga dapat menjadi sarana penularan. Pasalnya, air liur penderita juga mengandung virus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Jika Anda atau ada anggota keluarga yang sedang terkena flu, batuk, atau bersin, sebaiknya pisahkan alat makan yang digunakan. Hal ini bisa membantu mengurangi risiko penularan satu sama lain.

6. Gunakan masker

Bingung tidak bisa menjaga jarak dengan orang yang sedang terkena flu, misalnya karena harus duduk di dekatnya dalam satu ruangan saat bekerja? Tenang, solusi lain yang bisa Anda terapkan untuk mencegah flu adalah dengan memakai masker.

Cara ini dapat meminimalisir masuknya virus ke saluran napas. Mintalah si penderita juga menggunakan masker untuk saling melindungi satu sama lain.

Baca juga: Pandemi COVID-19 Belum Tuntas, Ini Fungsi Masker N95 dan Cara Pakainya

7. Lakukan olahraga secara teratur

Meskipun ada virus yang berhasil masuk ke dalam tubuh, namun tak semua orang akan langsung jatuh sakit karenanya. Tubuh kita memiliki sistem pertahanan atau kekebalan. Jika imun kita baik, maka sistem kekebalan tubuh akan mudah melawan virus penyebab flu dan mencegah kita jatuh sakit. 

Nah, salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan olahraga. Bisa dengan latihan aerobik seperti senam, joging, dan maupun bersepeda. Olahraga teratur bisa membuat jantung memompa darah dengan optimal dan meningkatkan produksi sel-sel pembunuh virus dalam tubuh.

8. Makan sayur dan buah

Fitokimia dalam buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh dalam membangun sistem pertahanan dan kesehatan yang prima. Jadi, agar tubuh mampu mencegah penyakit flu, maka perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna hijau gelap, merah, dan kuning.

9. Penuhi asupan vitamin C

Selain lewat makanan, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin dengan bantuan suplemen. Vitamin C, misalnya, diketahui dapat membantu mencegah flu.

Vitamin C mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga efektif mengusir virus. Ada banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C dan bisa Anda temukan dengan mudah, contohnya jambu, jeruk, mangga, tomat, dan nanas.

Baca juga: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

10. Jangan merokok

Perokok berat lebih sering terserang flu. Bahkan, berada di sekitar asap dapat merusak pertahanan tubuh untuk melawan kuman penyebab flu. Kenapa bisa seperti itu? 

Hal ini dikarenakan asap rokok dapat mempengaruhi kerja silia, yaitu rambut halus yang melapisi hidung dan paru - paru yang bertugas membantu membersihkan partikel berbahaya, termasuk virus. Semakin sering terpapar asap rokok, maka saluran di hidung bisa mengering dan membuat Anda lebih rentan terkena flu.

Para ahli mengatakan, hanya dengan satu batang rokok sudah dapat menghentikan kerja silia selama 30-40 menit.

11. Batasi konsumsi alkohol

Sering minum alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dampaknya, tubuh akan lebih mudah mendapatkan infeksi, termasuk flu beserta komplikasinya. 

Alkohol juga membuat tubuh kekurangan cairan, padahal untuk menyembuhkan flu tubuh harus mendapatkan cukup cairan. Maka dari itu, batasi konsumsi minuman beralkohol atau menghindarinya sama sekali untuk mencegah flu.

12. Kendalikan stres

Jika diperhatikan, banyak penderita flu yang awal mulanya didahului oleh kondisi pikiran atau psikis yang stres. Baik itu karena tekanan dari pekerjaan, masalah rumah tangga, atau lainnya. Bahkan tidak hanya flu saja, banyak penyakit lain yang mudah menyerang pada kondisi stres.

Beberapa studi pun membuktikan bahwa sistem pertahanan akan kembali prima seiring dengan hilangnya stres dari diri seseorang. Cobalah ambil kesempatan untuk jalan-jalan, wisata kuliner, olahraga, atau yang paling ampuh untuk mengendalikan stress adalah dengan beribadah penuh khidmat.

Nah, berbagai cara di atas bisa Anda lakukan untuk mencegah flu, batuk, dan pilek melanda. Jangan tunggu sampai sakit. Mulai lakukan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat agar tubuh tetap fit dan kuat sepanjang waktu.

32 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Is It a Cold or the Flu? Prevention, Symptoms, Treatments. U.S. Food and Drug Administration (FDA). (https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/it-cold-or-flu-prevention-symptoms-treatments)
Cold or flu: What are the differences?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/5161.php)
Cold or Flu? How to Know Which One You Have. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cold-flu/cold-or-flu)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app