Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Kesehatan Fisik

9 Tips Mencegah Flu

Update terakhir: SEP 15, 2019 Tinjau pada SEP 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.441.164 orang

9 Tips Mencegah Flu

Flu atau pilek bisa dibilang penyakit yang paling sering dialami oleh manusia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), flu merupakan salah satu penyebab utama angka ketidakhadiran kerja dan absensi sekolah di Amerika Serikat. Flu atau pilek umumnya disebabkan oleh infeksi virus yang berasal dari lebih 200 virus berbeda dan menyebabkan gejala influenza dengan berbagai tingkat keparahan.

Virus yang menyebabkan flu dapat menyebar dari orang ke orang melalui droplet yaitu tetesan lender/ingus kecil yang masuk ke udara dari saluran hidung seseorang yang menderita pilek saat bersin dan kemudian terhirup oleh orang lain. Pilek juga dapat menyebar jika Anda menyentuh permukaan atau benda yang telah terkontaminasi melalui kontak dengan orang yang terinfeksi dan kemudian secara tidak sengaja tangan Anda menyentuh mulut, hidung, atau mata.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Obat Batuk Pei Pa Koa dapat membantu meredakan batuk berdahak, sakit tenggorokan, melegakan sakit tenggorokan, dan memelihara kesehatan paru-paru. GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia minimal belanja Rp50.000!

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Meskipun tidak ada cara untuk mencegah penyebaran pilek sepenuhnya, ada 9 tips mencegah flu atau pilek yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena flu atau pilek.

Berikut ini 9 tips mencegah flu atau pilek:

1. Cuci tangan dengan sabun

Bisa jadi cara ini merupakan cara terbaik untuk tips mencegah flu terutama setelah Anda belanja atau menghabiskan waktu di tempat umum. Kebiasaan mencuci tangan sangatlah penting karena dapat membunuh atau mengurangi jumlah kuman yang ada di tangan setelah Anda menyentuh benda atau apapun yang telah terkontaminasi.

Jika tidak ada air bersih, Anda dapat mencuci tangan dengan antiseptik pembersih tangan atau tisu pembersih ketika mengunjungi tempat umum. Kebiasaan cuci tangan juga perlu diajarkan pada anak sedari kecil untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

2. Hindari menyentuh bagian wajah

Bagian wajah terutama hidung, mulut, dan area sekitar mata sebaiknya tidak disentuh sehabis berjabat tangan dengan orang yang sedang sakit flu atau setelah menyentuh benda di tempat umum yang mudah terkontaminasi dan diakses banyak orang. Untuk mengatasi dan mencegah flu, Anda dapat mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh bagian wajah.

3. Cuci mainan atau benda lain yang mungkin telah terkontaminasi

Pilek atau flu akan mudah sekali menular terutama pada anak-anak, sehingga untuk mengurangi risiko anak terkena flu, cuci atau bersihkan mainan dan benda apapun yang sering digunakan anak. Jaga kebersihan rumah, termasuk perabotan rumah tangga seperti gagang pintu, lampu, serta alat dapur juga menjadi faktor penting untuk mencegah anak terkena flu.

4. Tidak merokok

Asap rokok dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan dan meningkatkan kerentanan terhadap pilek dan infeksi lainnya. Bahkan, paparan asap rokok bagi penderita pasif seperti anak-anak dapat menyebabkan mereka lebih rentan terhadap pilek. Maka, tips mencegah flu lainnya adalah dengan tidak merokok terutama dekat ibu hamil, anak-anak, dan lansia.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. GRATIS ongkir untuk minimal pembelanjaan Rp50.000!

5. Tidak menggunakan barang secara bergantian 

Ada barang yang dapat digunakan secara bersamaan, tetapi ada juga yang harus dimiliki oleh setiap orang, hal ini termasuk gelas minum, handuk, dan gosok gigi. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit atau virus ketika salah satu di antaranya sakit dan termasuk salah satu tips mencegah flu.

6. Siapkan tisu atau handuk bersih

Di dalam rumah terutama di kamar mandi wajib disediakan tisu atau handuk bersih yang dapat digunakan untuk membersihkan dan mengeringkan tangan setelah mencuci tangan. Salah satu tips mencegah flu adalah dengan membuang tisu sesegera mungkin setelah dipakai, begitupun dengan handuk yang juga harus sering diganti dan dicuci secara berkala untuk menghindari kuman yang mungkin menempel.

7. Gunakan masker dan hindari orang yang sedang batuk

Jika sedang berada di luar ruangan atau ada orang yang sedang batuk, ada baiknya Anda menghindarinya untuk mengurangi kemungkinan Anda terpapar virus. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker untuk mencegah flu secara langsung ketika Anda terpaksa harus berhadapan dengan orang sakit.

8. Menjaga gaya hidup sehat

Selain rajin mencuci tangan, tips mencegah flu lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi yang seimbang dan rajin berolahraga secara teratur minimal 5 kali sehari dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan dapat membantu mencegah flu atau pilek. Selain itu, miliki waktu tidur yang cukup juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh berada dalam kondisi baik dan siap untuk melawan infeksi yang mungkin muncul.

9. Melakukan vaksinasi

Pada musim pancaroba, orang lebih rentan terkena flu sehingga salah satu tips mencegah flu yang mungkin dapat dicoba adalah dengan melakukan vaksinasi influenza. Vaksinasi ini dapat menjadi alternatif mencegah flu terutama bagi mereka yang sering terkena flu, ibu hamil, lansia, anak-anak hingga umat Muslim yang akan menjalankan ibadah haji.

Referensi

WebMD. (2016). Stay Healthy: 6 Tips for Avoiding Cold and Flu

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit