Tips Memilih Jenis Facial yang Cocok untuk Anda

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Apr 22, 2021 Tinjau pada Mar 5, 2020 Waktu baca: 3 menit
Tips Memilih Jenis Facial yang Cocok untuk Anda

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Manfaat facial adalah membantu proses regenerasi kulit wajah, membuat kulit lebih bersih dan cerah, serta memberikan efek rileks pada wajah.
  • Jenis-jenis facial wajah adalah acne facial, brightening facial, hydrating facial, anti-aging facial, dan detox facial.
  • Pilihlah jenis facial yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajah, tapi tetap konsultasikan dulu dengan dokter.
  • Facial wajah dapat dilakukan mulai usia 17 tahun ke atas dan rutin dilakukan setiap 3-4 minggu sekali.
  • Klik untuk memesan paket facial atau perawatan kecantikan lainnya dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDmall.
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan facial wajah. Dahulu perawatan ini hanya dapat ditemukan di klinik-klinik kecantikan tertentu, namun saat ini lebih mudah ditemukan bahkan di salon kecantikan kecil sekalipun. 

Bagi Anda yang belum pernah melakukan perawatan facial, tentu kebingungan untuk memilih jenis facial mana yang tepat untuk masalah kulit Anda. Supaya tidak salah pilih, yuk, pelajari dulu jenis-jenis facial berikut ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2

Jenis-jenis facial wajah

Ada 5 jenis facial yang umum ditawarkan di klinik-klinik kecantikan, yaitu:

1. Acne treatment facial

Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat, cobalah facial acne yang khusus untuk jerawat. Dengan perawatan facial ini, komedo-komedo yang menyumbat pori-pori kulit akan dikeluarkan. Setelah itu, wajah Anda akan dioleskan masker untuk mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit.

2. Brightening facial

Brightening facial bertujuan untuk memudarkan noda-noda hitam akibat paparan sinar matahari, bekas jerawat, serta mengatasi warna kulit yang tidak rata. Jenis facial ini cocok untuk membuat kulit Anda lebih cerah dari sebelumnya.

3. Hydrating facial

Hydrating facial cocok dilakukan jika Anda mempunyai jenis kulit kering. Wajah Anda akan dioleskan masker yang dapat melembabkan kulit. Berkat jenis facial ini, kulit Anda akan terasa lebih halus dan kenyal.

4. Anti-aging facial

Jenis facial wajah ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mengalami tanda-tanda penuaan dini. Misalnya masalah garis-garis halus, dan kerutan di wajah Anda. Bukan cuma mengatasi keriput di wajah, anti-aging facial juga dapat membuat kulit lebih kencang.

Baca juga: 5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Agar Keriput Berkurang

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kesehatan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 2

5. Detox facial

Jenis facial wajah yang satu ini bertujuan untuk membersihkan wajah secara lebih menyeluruh dengan menghilangkan kotoran-kotoran yang menyumbat. Keuntungannya, wajah Anda akan terhindar dari kulit kusam setelah melakukan perawatan ini.

Tips memilih jenis facial yang cocok

Ada banyak manfaat facial wajah yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

Meski ada banyak jenis facial wajah, pada intinya prosedur perawatan yang dilakukan tetaplah sama. Tahapan perawatan facial terdiri dari proses eksfoliasi kulit wajah, pembersihan komedo, dan penggunaan berbagai jenis bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda. 

Perbedaan utama dari jenis-jenis facial adalah penggunaan serum dan masker yang dioleskan setelah prosedur eksfoliasi dan pengangkatan komedo. Jadi, Anda tinggal memilih jenis facial yang memang Anda butuhkan saat itu.

Perawatan wajah ini bisa dilakukan oleh siapa pun, termasuk orang yang mempunyai jenis kulit kering, berminyak, sensitif, kombinasi, ataupun normal. Namun, ketika Anda memiliki jerawat aktif, sebaiknya tunda dulu perawatan ini. 

Hati-hati, memaksakan diri untuk facial saat berjerawat malah bisa membuat jerawat makin meradang dan memicu bopeng. Begitu pula jika kulit Anda cenderung sensitif, beri tahukan staf klinik supaya eksfoliasi dilakukan dengan hati-hati agar kulit tidak terluka.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Baca selengkapnya: Bolehkah Facial Saat Wajah Berjerawat?

Yang harus diperhatikan sebelum facial wajah

Perawatan facial wajah bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pada wanita maupun pria, tanpa terbatas gender. Akan tetapi, ada beberapa yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan facial, yaitu:

1. Batas usia

Facial wajah biasanya boleh dilakukan jika Anda berusia minimal 17 tahun. Hal tersebut didasari alasan bahwa pada usia tersebut kulit sudah lebih kuat dan siap menerima berbagai prosedur perawatan estetika. Selain itu, pada usia tersebut, kulit memang sudah memerlukan perawatan yang menyeluruh.

2. Frekuensi perawatan facial dalam sebulan

Umumnya, lapisan kulit akan tumbuh secara alami dalam waktu 3-5 minggu. Maka dari itu, Anda disarankan untuk melakukan perawatan facial setiap 3-4 minggu sekali.

Dengan jangka waktu tersebut, kulit akan lebih maksimal dalam mengangkat komedo dan membantu proses pergantian kulit menjadi lebih sempurna.

3. Aturan gonta-ganti jenis facial wajah

Anda boleh saja memilih jenis facial yang berbeda tiap bulannya. Yang membedakan jenis-jenis facial adalah serum dan masker yang digunakan selama proses perawatan. 

Namun, biasanya Anda akan diarahkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memilih jenis facial yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Dengan begitu, hasil facial akan lebih maksimal di wajah dan minim efek samping.

4. Aturan facial saat hamil

Sama seperti wanita pada umumnya, ibu yang sedang hamil juga ingin merawat kecantikan wajah. Salah satunya dengan facial. Namun, yang jadi pertanyaan, bolehkah facial saat hamil?

Kabar baiknya, ibu hamil tetap boleh melakukan facial wajah karena penggunaan krim, serum, atau masker hanya digunakan sebentar dan tidak sampai menembus ke jaringan kulit. Hal ini berarti perawatan facial tidak akan membahayakan bayi di kandungan Anda.

Kunci pentingnya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan dokter kulit sebelum mulai perawatan facial wajah. Pastikan juga Anda melakukan perawatan ini pada klinik kecantikan terpercaya dan dilakukan oleh tenaga profesional.

Baca juga: Pemilihan Produk Kecantikan untuk Ibu Hamil

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nilforoushzadeh MA, et al. (2018). Skin care and rejuvenation by cosmeceutical facial mask. (https://www.researchgate.net/publication/327167819_Skin_care_and_rejuvenation_by_cosmeceutical_facial_mask)
Neill US. (2012). Skin care in the aging female: Myths and truths. DOI: (https://doi.org/10.1172/JCI61978)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app