Ternyata, Kertas Minyak Bukan Solusi untuk Wajah Berminyak. Kenapa?

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 27, 2019 Waktu baca: 2 menit
Ternyata, Kertas Minyak Bukan Solusi untuk Wajah Berminyak. Kenapa?

Apakah Anda termasuk salah satu wanita yang siap sedia kertas minyak setiap hari? Jika iya, pastinya kertas minyak tersebut digunakan untuk menghilangkan kilau wajah atau minyak yang diproduksi secara berlebihan oleh kelenjar sebum di dalam jaringan kulit. 

Pemakaian kertas minyak untuk wajah terbilang praktis dan fleksibel karena Anda bisa menggunakannya kapan saja dan di mana saja. Namun yang jadi masalah, apakah kertas minyak benar-benar dapat mengatasi masalah minyak pada wajah? Berikut ulasan lengkapnya.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Kertas minyak untuk wajah berminyak justru bukan solusi

Selama ini, kertas minyak sering kali digunakan untuk membantu mengurangi kadar minyak berlebih di wajah dalam waktu yang singkat. Hal ini terlihat dari perubahan tekstur kertas minyak yang semula bersih menjadi mengkilap dan berminyak.

Namun ternyata, yang terjadi justru sebaliknya. Kertas minyak justru merangsang produksi minyak berlebih di wajah Anda.

Misalnya, jika Anda hari ini menggunakan satu lembar kertas minyak, maka keesokan harinya akan membutuhkan lebih banyak kertas minyak sejumlah 2 atau 3 lembar. Belum lagi apabila pemakaiannya salah, maka dapat berdampak fatal pada kulit Anda.

Baca Juga: 7 Penyebab Kulit Berminyak yang Sering Terabaikan

Jika Anda mengusap atau memberikan tekanan yang terlalu kuat saat menyeka minyak, cara ini justru menyebabkan kulit menjadi lebih panas dan iritasi. Akibatnya, kulit akan melindungi bagian yang teriritasi tersebut dengan memproduksi minyak lebih banyak. 

Pada dasarnya, penggunaan kertas minyak untuk wajah bisa jadi bermanfaat jika dipakai dengan benar. Caranya, Anda hanya perlu menepuk-nepuk kertas minyak pada bagian wajah yang bermasalah seperti dahi, hidung, dan daerah dengan produksi minyak berlebih. Hindari menggosoknya terlalu keras agar tidak makin bermasalah.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Seperti apa jenis kertas minyak yang baik?

Selain cara pemakaian yang salah, pemilihan kertas minyak yang baik rupanya juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit Anda. Jenis kertas minyak yang tepat untuk wajah adalah kertas minyak yang tidak mengandung ekstrak wewangian apa pun, baik itu wangi melati maupun mawar yang haru, sekalipun.

Kertas minyak yang mengandung parfum justru dapat mengakibatkan kulit Anda lebih teriritasi, terutama bagi wanita dengan jenis kulit sensitif. Kertas minyak yang baik semestinya mampu menjaga kulit wajah tetap lembab. 

Kertas minyak tidak menyelesaikan masalah utama

Pada penerapannya sehari-hari, kertas minyak memang menawarkan solusi cepat untuk mengatasi wajah berminyak. Daya tariknya terhadap residu minyak dapat dilihat dengan mata kepala sendiri pada permukaan kertas minyak.

Kalau dilihat sekilas, kertas minyak mampu mengubah rona wajah berminyak menjadi lebih segar. Namun, rupanya, solusi instan tersebut merupakan senjata makan tuan dalam jangka waktu yang panjang dan pemakaian yang salah. Bagaimana bisa?

Seperti yang telah dibahas di atas, pada pemakaian yang salah, kertas minyak dapat menyebabkan kulit kering dan teriritasi. Bahkan juga bisa merangsang kelenjar sebum mengeluarkan lebih banyak minyak. Lalu, apakah kertas minyak benar mampu menyelesaikan masalah kulit berminyak?

Sebenarnya, hal ini tergantung dari ekspektasi Anda masing-masing. Untuk solusi touch up darurat sebelum acara tertentu, maka kertas minyak jadi bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan minyak di wajah. Namun, untuk perawatan wajah yang berkelanjutan, maka kertas minyak bukanlah solusi yang tepat. 

Ada banyak cara lain yang dapat Anda lakukan lakukan untuk mengatasi wajah berminyak. Misalnya untuk masalah kulit berminyak yang tumbuh jerawat, disarankan untuk menggunakan krim atau gel wajah yang mengandung retinoid guna mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kulit maupun ahli kecantikan untuk menemukan solusi terbaik bagi masalah kulit Anda. 

Baca Selengkapnya: Kulit Berminyak: Penyebab dan Cara Memilih Kosmetik yang Tepat

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Viuda-Martos M, et al. (2008). Antibacterial activity of lemon (citrus lemon L.), mandarin (citrus reticulata L.), grapefruit (citrus paradise L.) and orange (citrus sinensis L.) essential oils [Abstract]. (http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1745-4565.2008.00131.x/abstract)
Oily skin: What causes it and what can you do about it? (n.d.). (http://www.acne.org/oily-skin.html)
Oakley A, et al. (2014). Sebum. (http://www.dermnetnz.org/topics/sebum/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app