HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Terapi Untuk Tulang Punggung Bengkok

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Terapi Untuk Tulang Punggung Bengkok

Apa itu Skoliosis?

Skoliosis adalah kelengkungan tulang belakang ke samping yang paling sering terjadi selama percepatan pertumbuhan sesaat sebelum pubertas. 

Sementara skoliosis dapat disebabkan oleh kondisi seperti cerebral palsy dan distrofi otot, penyebab sebagian besar skoliosis tidak diketahui. Sekitar 3% remaja menderita skoliosis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Sebagian besar kasus skoliosis bersifat  ringan, tetapi beberapa kelainan tulang belakang terus bertambah parah saat anak-anak tumbuh. 

Skoliosis berat bisa melumpuhkan anggota gerak ditambah kurva tulang belakang yang sangat parah dapat mengurangi jumlah ruang di dalam dada, sehingga paru-paru sulit untuk berfungsi dengan baik.

Apa yang terjadi pada tulang saat mengalami skoliosis?

Penderita skoliosis mengembangkan kurva tambahan ke kedua sisi tubuh, dan tulang belakang saling berpelintir, membentuk kurva C atau kurva S atau skoliosis di tulang belakang. Skoliosis berkisar 10-20 derajat (ringan), 20-50 derajat (sedang), dan berat (lebih dari 50 derajat).

Skoliosis lebih sering terjadi pada anak perempuan daripada anak laki-laki. Ini dapat dilihat pada usia berapa pun, tetapi paling sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 10 tahun. 

Skoliosis adalah pemyakit keturunan karena orang dengan skoliosis lebih mungkin memiliki anak dengan skoliosis; Namun, tidak ada korelasi antara tingkat keparahan kurva dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Apa saja penyebab dan faktor resiko skoliosis?

Penyebab

Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan jenis skoliosis yang paling umum - walaupun tampaknya melibatkan faktor keturunan, karena gangguan ini cenderung terjadi dalam keluarga. Jenis skoliosis yang kurang umum dapat disebabkan oleh:

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi
  1. Kondisi neuromuskuler, seperti cerebral palsy atau distrofi otot
  2. Cacat lahir yang mempengaruhi perkembangan tulang tulang belakang
  3. Cedera atau infeksi tulang belakang

Faktor risiko yang berpotensi terjadi skoliosis yang paling umum meliputi:

  1. Usia. Tanda dan gejala biasanya dimulai selama percepatan pertumbuhan yang terjadi sesaat sebelum pubertas.
  2. Jenis kelamin. Meskipun anak laki-laki dan perempuan mengalami skoliosis ringan dengan laju yang hampir sama, anak perempuan memiliki risiko kurva yang lebih tinggi dan membutuhkan perawatan.
  3. Riwayat keluarga. Skoliosis dapat terjadi dalam keluarga, tetapi kebanyakan anak dengan skoliosis tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit ini.

Jenis terapi pada skoliosis

Perawatan utama untuk skoliosis  terdiri dari observasi,bracing , dan operasi. Dokter Anda akan merekomendasikan salah satu perawatan ini berdasarkan tingkat keparahan skoliosis dan kematangan fisik anak Anda. 

Observasi

Watch and waiting adalah observasi  untuk memantau kasus skoliosis ringan untuk melihat apakah itu semakin buruk. Cara ini dilakukan untuk remaja muda dengan kurva kecil yang belum selesai tumbuh. 

Biasanya, rontgen diambil setiap enam bulan atau lebih. Jika kurva semakin memburuk, maka pengobatan (biasanya dengan brace) direkomendasikan.

Anak-anak yang memiliki kurva ringan (kurang dari 20 °) akan dipantau untuk memastikan kurva tidak semakin buruk. Dokter Anda akan memeriksa tulang belakang anak Anda setiap 6 bulan. 

Brace

Jika tulang anak Anda masih tumbuh dan memiliki skoliosis, pemasangan Brace menjadi pilihan. Mengenakan brace tidak akan menyembuhkan skoliosis atau membalikkan kurva, tetapi biasanya mencegah perkembangan kurva lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Jenis brace yang paling umum terbuat dari plastik dan didesain agar sesuai dengan tubuh. Penjepit ini hampir tidak terlihat di bawah pakaian, karena pas di bawah lengan dan di sekitar tulang rusuk, punggung bagian bawah dan pinggul.

Brace dikenakan siang dan malam. Keefektifan penjepit meningkat dengan jumlah jam sehari dipakai. Anak-anak yang memakai kawat gigi biasanya dapat berpartisipasi dalam sebagian besar kegiatan dan memiliki beberapa batasan. 

Jika perlu, anak-anak dapat melepas brace selama berolahraga atau dalam kegiatan lainnya. 

Jika kurva antara 25-40 derajat dan pasien masih tumbuh,  penggunaan brace mungkin direkomendasikan. Bracing tidak direkomendasikan untuk orang yang telah selesai bertumbuh. Jika kurva lebih besar dari 40 derajat, maka operasi mungkin disarankan.

Pembedahan

Ketika kurva tulang belakang berada di antara 45 dan 50 derajat, biasanya diperkirakan akan bertambah buruk dan bahkan dapat mempengaruhi cara kerja paru-paru. Dalam kasus seperti ini, dokter Anda dapat merekomendasikan operasi fusi tulang belakang, yang telah terbukti dapat menghentikan peningkatan kurva.

Selama operasi ini, tulang-tulang kecil tulang belakang yang melengkung akan menyatu. Saat punggung anak Anda sembuh, tulang belakang ini akan membentuk tulang lurus tunggal. Karena pertumbuhan di area tulang belakang ini telah berhenti, kurva seharusnya tidak berubah lagi.

Operasi ini membutuhkan cangkok tulang dan bisa memakan waktu 4 hingga 8 jam. Anak Anda harus dapat kembali ke sekolah sekitar dua hingga empat minggu setelah operasi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Back Pain: Symptoms, Causes, Diagnosis, and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/back-pain)
Back pain: Causes, symptoms, and treatments. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/172943.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app