GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Dikenal Penting bagi Fungsi Jantung, Bagaimana jika Tubuh Kekurangan Omega 3?

Dipublish tanggal: Nov 25, 2020 Update terakhir: Des 23, 2020 Waktu baca: 3 menit
Dikenal Penting bagi Fungsi Jantung, Bagaimana jika Tubuh Kekurangan Omega 3?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Omega-3 merupakan salah satu jenis asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan fungsi jantung;
  • Omega-3 terdiri dari DHA, EPA, dan ALA yang tidak bisa diproduksi tubuh, tetapi bisa didapatkan dari ikan salmon, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau;
  • Asupan omega-3 juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi minyak ikan omega-3 dan suplemen omega-3;
  • Dampak kekurangan omega-3 bisa meningkatkan risiko peradangan, kadar kolesterol, dan risiko penyakit jantung;
  • Tanda tubuh kekurangan omega-3 bisa dari kulit kering, rambut rusak dan kuku patah, dan mudah mengalami nyeri sendi
  • Efek kekurangan omega-3 lainnya adalah lebih mudah lelah, sulit tidur (insomnia), serta sulit berkonsentrasi dan daya ingat menurun 
  • Klik untuk membeli suplemen omega-3 serta suplemen dan vitamin lainnya dari rumah Anda di HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Omega-3 merupakan salah satu jenis asam lemak tak jenuh yang dikenal memiliki manfaat penting bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan fungsi jantung. Omega-3 yang terdiri dari DHA, EPA, dan ALA yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga untuk melengkapi nutrisi penting tersebut. 

Berangkat dari situ, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 tinggi seperti ikan salmon, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Selain itu, sumber omega-3 tersedia dalam bentuk minyak ikan dan suplemen.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Baca juga: Minyak Ikan Omega-3 Selama Kehamilan: Manfaat dan Efek Samping

Apa saja tanda kekurangan omega-3?

Asam lemak omega-3 berperan penting bagi kesehatan tubuh, termasuk sebagai sumber energi. Oleh karena itu, kebutuhan omega-3 harus tercukupi dengan baik. Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, kaum wanita usia dewasa dan lanjut usia cenderung mengalami defisiensi atau kekurangan omega-3. 

Meski dampak kekurangan omega-3 tidak selalu terlihat secara jelas dalam bentuk fisik, seseorang yang mengalami defisiensi omega-3 akan lebih mudah mengalami peradangan dalam tubuhnya. Kekurangan omega-3 dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan risiko penyakit jantung. Berikut merupakan tanda-tanda tubuh kekurangan omega-3.

1. Kulit kering

Perubahan kondisi kulit dapat menjadi tanda awal kekurangan omega-3. Dalam fase ini, biasanya kulit akan menjadi kering, kasar, dan lebih sensitif. Kekurangan omega-3 juga meningkatkan risiko dermatitis atau peradangan pada kulit.

Kerusakan kulit tersebut terjadi karena kandungan manfaat omega-3 yang berperan dalam penyerapan nutrisi penting bagi kulit dan mengangkat kotoran berbahaya tidak tercukupi dengan baik.

Baca juga: Ketahui 4 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Kulit Kering

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Mudah lelah

Mudah lelah juga bisa menandakan tubuh kekurangan omega-3. Jika asam lemak omega-3 terpenuhi dengan baik, tubuh akan lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Untuk membantu mengatasi kondisi kelelahan tersebut, Anda bisa meningkatkan mengonsumsi suplemen omega-3 yang tersedia di pasaran serta lakukan olahraga ringan untuk meningkatkan energi tubuh. 

3. Sulit tidur (insomnia)

Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, minyak ikan omega-3, atau suplemen omega-3 secara rutin diklaim sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kualitas tidur. Tubuh yang kekurangan senyawa ini akan lebih rentan mengidap insomnia atau kesulitan tidur. 

Baca juga: Cara Mengatasi Insomnia dengan Yoga

4. Masalah kuku dan rambut

Kekurangan omega-3 ternyata juga berdampak pada kesehatan kuku dan rambut. Hal tersebut dapat membuat kuku menjadi lebih mudah rapuh dan rusak serta menyebabkan rambut terlihat kusam. Padahal zat ini berperan penting dalam meningkatkan volume dan kekuatan rambut, serta mengurangi peradangan penyebab kerontokan rambut. 

5. Sulit berkonsentrasi

Tidak tercukupinya asam lemak omega-3 dalam tubuh juga bisa berdampak pada kerja otak, termasuk sulit berkonsentrasi. Salah satu manfaat omega-3 adalah membantu pembentukan sel-sel otak. Jangan lupa bahwa sel-sel ini berkaitan dengan kemampuan berkonsentrasi dan daya ingat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Anda juga bisa, lho, mengonsumsi cokelat hitam (dark chocolate), alpukat, bluberi, dan jamur. Makanan-makanan ini diklaim efektif membantu meningkatkan kinerja otak.

6. Nyeri sendi

Sering nyeri sendi tanpa tahu penyebabnya? Bisa jadi itu tanda kekurangan omega-3. Sebagai pencegahan dan pengobatan, Anda dapat mengonsumsi minyak ikan omega 3 yang memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan yang sangat kuat.

Baca juga: Ingin Lebih Berkonsentrasi? Coba Konsumsi Makanan Ini

Berapa banyak kebutuhan omega-3 setiap orang?

Segera penuhi kebutuhan gizi Anda akan omega-3 untuk menghindari masalah kesehatan di atas. Lagi pula, dengan mencukupi kebutuhan omega-3, Anda dapat meningkatkan fungsi jantung dan otak serta menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Asupan asam lemak omega-3 yang diperlukan tubuh setiap orang mungkin berbeda. Meski demikian, umumnya, dosis harian omega-3 yang direkomendasikan untuk orang dewasa berkisar antara 250-500 miligram per hari. Yang perlu diingat, jumlah kandungan omega-3 yang dibutuhkan bisa meningkat sesuai kondisi kesehatan. 

Dosis omega-3 untuk anak-anak di bawah 17 tahun adalah 50-100 miligram sehari. Sementara, wanita hamil dan menyusui membutuhkan nutrisi omega 3 tambahan sekitar 200 miligram dalam sehari. 

Anda juga bisa mengonsumsi omega-3 secara mudah dan praktis melalui suplemen. Beberapa merek suplemen omega-3 yang bagus dan sudah dikenal di pasaran--termasuk secara online di HDMall--adalah Wellness Omega-3, Sea Quill Omega-3, dan Blackmores Omega-3.

Baca juga: Mungkinkah Kita Mengalami Overdosis Vitamin?

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Draxe. Omega-3 Deficiency Symptoms + 3 Steps to Overcome Them. (https://draxe.com/nutrition/omega-3-deficiency/)​
Camas Medical. The Mighty Omega-3: What are Deficiency Symptoms and How Can You Get Enough of It? (https://www.camasmedical.com/2019/03/13/omega-3-deficiency-symptoms/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app