Struktur Testis dan 9 Fakta Menarik Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Struktur Testis dan 9 Fakta Menarik Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Testis, atau yang kerap disebut buah zakar, merupakan bagian dari organ intim pria yang berperan penting dalam reproduksi hormon testosteron. Selain itu, testis juga bertanggung jawab pada perubahan tubuh yang dialami pria selama masa pubertas

Lokasi buah zakar berada di sebelah kanan dan kiri belakang penis. Pertumbuhan testis terjadi sejak umur 10-13 tahun ketika pria mengalami pubertas. Perlu diketahui juga bahwa ukuran buah zakar masing-masing pria tidaklah sama, rata-rata berada di kisaran 5-7,5 cm dengan lebar 2,5 cm.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Fakta menarik mengenai testis

Sebagai laki-laki, Anda harus mengenal fungsi beberapa organ intim sendiri, tak terkecuali testis. Karena berperan untuk membuat sekaligus menyimpan sperma, maka Anda harus benar-benar menjaga kesehatan testis supaya produksi sperma tetap oprimal.

Ada beberapa hal menarik mengenai testis yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Ukuran testis bertambah besar sebelum ejakulasi

Ukuran buah zakar bisa mengalami perubahan, baik itu bertambah maupun berkurang, karena kondisi tertentu.

Menariknya, ukuran testis bisa meningkat hingga 50% sebelum ejakulasi. Sebab menjelang ejakulasi, terjadi peningkatan aliran darah pada testis hingga penis, sehingga ukuran testis jadi bertambah besar. 

Baca Juga: Testis Besar Sebelah, Kondisi Normal Namun Bisa Berbahaya

2. Ukuran testis kanan dan kiri tidak sama

Tidak perlu panik bila ukuran testis Anda tidak sama antara yang kanan dan yang kiri. Hal ini ternyata merupakan hal yang wajar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Ukuran testis kanan biasanya lebih besar daripada testis kiri. Selain itu, testis sebelah kiri biasanya menggantung lebih rendah daripada testis yang satunya.

3. Testis memiliki otot pelindung

Untuk melindungi diri dari berbagai ancaman, testis memiliki otot pelindung yang dinamakan dengan otot kremaster. Otot ini akan memindahkan testis ke bagian dalam dekat dengan tubuh jika mengalami ancaman. Posisinya akan naik secara refleks apabila testis mengalami kondisi yang berbahaya.

4. Ukuran testis menyusut ketika suhu dingin

Testis hanya bisa menghasilkan sperma jika berada pada suhu yang tepat. Supaya testis mendapatkan suhu yang tepat, skrotum akan mengalami perubahan ukuran. 

Saat berada di suhu dingin, tubuh akan memerintahkan skrotum untuk menyusut supaya suhu panas di testis dapat tetap tersimpan.

5. Sperma dihasilkan setiap hari oleh testis

Salah satu fungsi testis yang paling utama adalah memproduksi sperma. Uniknya, jumlah sperma yang diproduksi testis setiap hari bisa mencapai 200 juta sperma.

6. Pada suhu panas, testis akan menggantung ke bawah

Bila suhu dingin bisa mengubah ukuran skrotum, maka hal serupa juga akan terjadi saat suhu di sekitar terlalu panas. Untuk menjaga kondisi testis agar tetap hangat, tubuh akan melonggarkan skrotum agar suhu panas berlebih bisa dilepaskan. Hal ini akan membuat testis tampak menggantung ke bawah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

7. Testis bisa membengkak dan terasa sakit

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan testis menjadi bengkak dan terasa sakit. Mulai dari penggumpalan cairan, infeksi virus atau penyakit menular seksual, hernia inguinalis, cidera pada testis, serta terjadi pembengkakan pada pembuluh darah varikokel.

Baca Selengkapnya: Kenali Penyebab Nyeri Pada Testis Pria

8. Testis mempunyai jenis protein yang beragam

Kurang lebih 77% protein yang terdapat dalam tubuh ternyata juga dimiliki oleh testis. Bahkan, 999 jenis protein di antaranya bersifat unik.

9. Pria yang hanya memiliki satu testis masih bisa membuahi sel telur

Meskipun hanya memiliki satu testis saja, entah itu karena bawaan dari lahir atau menderita kanker, seorang pria masih bisa membuahi sel telur dan membuat wanita hamil.

Jenis makanan yang baik untuk kesehatan testis

Tidak hanya menjaga kebersihan testis dari luar, asupan makanan juga harus Anda jaga. Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa berdampak baik bagi kesehatan testis dan organ intim pria. 

Berbagai makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan testis adalah bayam, teh hijau, cabai, wijen, tahu, dan salmon. Konsumsi makanan tersebut bisa membuat organ intim semakin sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker prostat, kanker testis, penggumpalan darah di area sekitar testis, dan lain sebagainya.  

Baca Juga: Cara Memeriksa Testis Sendiri

21 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Male Reproductive System: Organs, Function, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/sex-relationships/guide/male-reproductive-system#1)
Visual Guide to Testicular Cancer. WebMD. (https://www.webmd.com/cancer/ss/slideshow-testicular-cancer)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Ketahui Cara Alami Untuk Atasi Ejakulasi Dini
Ketahui Cara Alami Untuk Atasi Ejakulasi Dini

Jika Anda memilih untuk menggunakan obat yang alami untuk mengatasi permasalahan ejakulasi dini, ada beberapa piihan obat alami yang bisa Anda gunakan, yaitu :

Buka di app