Sering Pakai Makeup Bisa Bikin Jerawatan?

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sering Pakai Makeup Bisa Bikin Jerawatan?

Bagi hampir semua wanita, make-up menjadi hal penting dalam hidup karena untuk mempercantik wajah. Apalagi jika akan pergi ke berbagai acara penting atau berkencan dengan teman pria, make-up menjadi andalan agar tampil lebih percaya diri. Namun, tahukah Anda jika make-up berkaitan dengan timbulnya jerawat ?

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Makeup dan jerawat sudah seperti kutub utara dan selatan magmet yang menjadi satu paket dan saling berseberangan. Ketika Anda memiliki jerawat di wajah, Anda akan membutuhkan makeup untuk menutupi jerawat tersebut. Namun, hal itu juga berlaku sebaliknya.

Jika Anda memakai makeup juga akan memicu kemunculan jerawat di kulit wajah Anda. Akan tetapi, sebenarnya apakah yang menyebabkan pemakaian make-up bisa menimbulkan jerawat ? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Inilah penyebab jika sering memakai makeup bisa menimbulkan jerawat di kulit wajah Anda

Sebenarnya, make-up tidaklah yang menjadi penyebab utama dalam munculnya jerawat di kulit wajah Anda.

Sebagian orang pun tetap bisa mengalami jerawatan ketika ia tidak pernah menggunakan makeup sama sekali pada kulit wajahnya, namun ada juga sebagian oranfmg lainnya yang begitu sering memakai makeup tetapi tidak pernah yang namanya memiliki jerawat bahkan satu jerawatpun selama itu.

Akan tetapi, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa makeup dapat membuat kondisi jerawat Anda semakin memburuk atau semakin parah peradangannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Ini biasanya terjadi akibat mereka yang menggunakan makeup di kulit wajahnya tidak menyadari jika ternyata jenis kulit wajahnya sangat sensitif atau memiliki alergi pada beberapa bahan tertentu yang terkandung dalam produk makeup yang selalu ia gunakan.

Sebagai informasi tambahan untuk Anda bahwa bahan di dalam berbagai produk makeup memiliki sifat komedogenik, dimana ini berarti bisa menyebabkan pori-pori kulit Anda tersumbat. Bahan di dalam produk kosmetik yang paling sering menimbulkan jerawat adalah seperti pewangi, pewarna dan parfum.

Selain karena bahan tadi, penyebab lainnya adalah jika Anda terbiasa memoleskan makeup langsung menggunakan tangan Anda namun tidak membersihkannya dahulu, hal ini akan menyebabkan bakteri berpindah dari tangan ke kulit wajah Anda.

Penyebab satunya lagi adalah ketika Anda yang sering menggunakan makeup tetapi lupa untuk membersihkan kulit wajah Anda dari makeup yang digunakan dalam aktivitas Anda seharian penuh. Kelalaian itu dapat menyebabkan pori-pori kulit Anda terhalangi/tersumbat.

Apabila Anda sudah rajin mencuci wajah dan menghapus makeup tetapi masih jerawatan, kemungkinan Anda belum membersihkannya dengan tepat dan tuntas.

Jika pori-pori kulit Anda tersumbat, bakteri akan tumbuh dengan memakan sisa-sisa minyak, kotoran, debu, yang nantinya memicu peradangan dari dalam kulit. Alat makeup seperti kuas dan lainnya yang kotor akan menjadi sarang bagi bakteri penyebab jerawat yang kemudian berpindah ke wajah Anda ketika digunaian.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Jadi, makeup menjadi sebab munculnya jerawat adalah mitos. Akan tetapi, kondisi lain yang berkaitan dengan makeuplah yang menjadi penyebabnya.

Cara mencegah jerawat bagi anda yang hobi bermakeup

Makeup memang berpotensi menimbulkan jerawat, namun Anda masih boleh memakainya. Namun, Anda harus lebih cermat ketika memilihnya, perhatikan pula kandungan bahan di dalamnya.

  • Pilihlah produk makeup yang berbahan ramah bagi kulit

Sebaiknya Anda memilih produk makeup dengan kandungan bahan non-komedogenik serra berlabel “bebas minyak” dan “hypoallergenic.” Produk makeup dengan kandungan asam salisilat, yaitu bahan yang aktif melawan jerawat dan banyak dipakai dalam produk jerawat, juga bisa menjadi pilihan.

  • Selalu bersihkan wajah sebelum Anda tidur dan sebelum memakai makeup

Sebelum Anda berolahraga, setelah bangun tidur dan sebelum Anda tidur, ingatlah untuk membersihkan wajah. Ini untuk membenaskan kulit dari sisa minyak, debu dan makeup serta kotoran/sel kulit mati di wajah Anda. Jika kulit Anda bersih, memakai makeup tidak akan menjadi masalah.

Tangan Anda mungkin menyimpan banyak bakteri yang bisa berpindah ke wajah. Untuk itu, selalu cuci tangan sebelum mengaplikasikan makeup, juga kuas Anda. Cucilah kuas makeup Anda minimal seminggu/2 minggu sekali menggunakan sabun antibakteri

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Acne - Complications. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/acne/complications/)
Acne Cosmetica Causes and Treatment. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/acne-cosmetica-15494)
Can Your Makeup Be Causing Your Acne?. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/is-my-makeup-causing-pimples-15683)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app