Sering Gatal karena Kulit Kering? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya banyak faktor penyebab munculnya rasa gatal pada kulit kering. Lalu apa saja penyebab rasa gatal pada kulit kering? Bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sering Gatal karena Kulit Kering? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Permasalahan yang kerap dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit kering adalah gatal-gatal. Seseorang yang memiliki jenis kulit kering memang rentan terkena iritasi. Iritasi yang muncul dapat berupa ruam, rasa gatal, panas, dan terbakar. 

Semakin Anda menggaruk area tubuh yang gatal, iritasi akan bertambah semakin parah dan dapat menyebabkan munculnya masalah kulit lain seperti eksim dan dermatitis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebenarnya banyak faktor penyebab munculnya rasa gatal pada kulit kering. Lalu apa saja penyebab rasa gatal pada kulit kering? Bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Apa saja penyebab kulit kering?

Salah satu faktor utama penyebab kulit kering adalah faktor usia. Seiring bertambahnya usia, jaringan sel kulit juga dapat mengalami perubahan. Selain itu, pertambahan usia juga dapat mengurangi kelembaban dan elastisitas kulit Anda.

Penyebab kulit kering lainnya juga bisa disebabkan karena mandi yang terlalu sering, mencuci baju dan piring terlalu sering, menggunakan AC atau pemanas ruangan jangka panjang, atau salah dalam memilih produk perawatan kulit

Cara mencegah kulit gatal dan kering

Kulit kering dapat menyebabkan kulit menjadi gatal. Sehingga Anda harus pintar dalam merawat kesehatan kulit Anda. Berikut ini cara pencegahan supaya kulit Anda tidak gatal dan kering:

1. Gunakan sarung tangan saat bersih-bersih

Sarung tangan bisa melindungi kulit Anda supaya tidak terpapar langsung dengan alergen. Anda bisa menggunakannya saat mencuci baju atau piring dan saat bersih-bersih rumah. Pilihlah sarung tangan yang tidak terbuat dari lateks. 

Hal tersebut dapat meminimalisir iritasi pada kulit kering.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Gunakan lotion atau krim pelembab secara rutin

Cara pencegahan yang ampuh adalah menghindari kulit Anda kering, yaitu dengan cara menggunakan lotion atau krim pelembab secara rutin. 

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mengenai lotion atau krim yang cocok untuk jenis kulit kering. Tapi ketika Anda sudah merasa cocok dengan satu produk, Anda boleh melanjutkannya.

Petroleum jelly juga diklaim mampu mengatasi kulit kering. Penelitian yang dilakukan American Academy of Dermatology, mengatakan bahwa petroleum jelly mampu melembabkan seluruh tubuh mulai dari bibir hingga kaki.

3. Mengkonsumsi makanan yang bisa melembabkan kulit

Kulit kering bisa saja terjadi karena kulit Anda kurang lembab. Untuk mengatasi dari dalam, Anda bisa mengkonsumsi minyak ikan yang mengandung asam lemak baik dan berguna melembabkan kulit. 

Manfaat suplemen minyak ikan lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Namun konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apakah Anda boleh menambahkan suplemen ini ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Selain minyak ikan, oatmeal diklaim dapat mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Berdasarkan yang dimuat di webMD, oatmeal memiliki zat avenanthramides. Anda juga bisa gunakan oatmeal untuk berendam. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Caranya dengan menggiling oatmeal dan menaburkannya bada bak mandi dengan air mengalir, lalu berendamlah kurang lebih selama 15 menit.

Cara mengatasi rasa gatal karena kulit kering

Supaya keluhan yang Anda alami segera sembuh, Anda perlu mengetahui akar permasalahannya. Misalnya, jenis kulit Anda kering dan membutuhkan pelembab, maka Anda harus rutin menggunakannya secara rutin. 

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kulit gatal karena kulit kering:

1. Hindari menggaruk kulit yang gatal

Mungkin Anda akan merasa kesal dan ingin segera menggaruknya saat kulit Anda terasa gatal. Namun hal tersebut justru bisa menimbulkan masalah baru. Apabila Anda menggaruk terlalu keras, kulit Anda bisa terluka. 

Belum lagi jika kuku Anda sedang kotor saat menggaruknya, bisa saja sebabkan iritasi dan peradangan.

2. Redakan rasa gatal dengan es batu

Pertolongan pertama saat Anda merasa gatal adalah kompres dengan es batu atau air es

Caranya dengan membungkus es batu dengan lap yang bersih atau celupkan kain yang bersih ke dalam air dingin, lalu kompreskan pada area tubuh yang gatal.

Selain cara di atas, Anda juga bisa berendam dengan air hangat suam-suam kuku. Kemudian mandi dengan sabun yang mengandung banyak pelembab dan mengoleskan lotion setelahnya.

3. Kunjungi dokter jika belum kunjung sembuh

Apabila Anda mengalami rasa gatal yang parah, bahkan sampai mengalami iritasi sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. 

Dokter mungkin akan meresepkan obat oral atau salep supaya rasa gatal yang Anda alami segera sembuh.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dry Skin: Types, Risk Factors, and Treatments. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dry-skin)
Dry skin - Symptoms and causes. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/dry-skin/DS00560)
7 Tips to Soothe Your Dry, Itchy Skin. WebMD. (https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/dry-skin)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app