Senam Kegel Pria Tak Hanya Perbaiki Performa Seksual

Dipublish tanggal: Sep 18, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Faktanya, senam kegel itu tak hanya untuk wanita saja. Senam kegel juga memiliki banyak manfaat untuk pria. 

Sama seperti pada wanita, senam kegel pria juga bertujuan untuk melatih otot dasar panggul. Senam dilakukan dengan mengontraksikan otot PC (pubococcygeus) berulang kali. Alhasil, otot PC di area perineum (anus dan scrotum) jadi lebih kuat. Kondisi tersebut yang kemudian dijumpai mampu meningkatkan performa seksual pria di atas ranjang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

Selain otot dasar panggul, senam kegel pria juga mampu menguatkan otot bulbocavernosus. Di samping berfungsi menyuplai darah ke penis selama ereksi, otot ini bertugas memompa ketika ejakulasi serta membantu mengosongkan uretra setelah buang air kecil. 

Manfaat Senam Kegel Pria 

Tak jauh beda dari bagian otot tubuh lainnya, otot panggul pria dapat melemah karena berbagai faktor, misalnya akibat: 

  • Bertambahnya usia
  • Baru menjalani operasi pengangkatan prostat (prostatektomi radikal)
  • Menderita kondisi medis tertentu, seperti diabetes, atau kandung kemih yang terlalu aktif

Oleh sebab senam kegel pria mampu menguatkan otot dasar panggul yang melemah, maka tak ada salahnya untuk mencobanya. 

Lantas sekarang, apa saja manfaat senam kegel yang dapat dirasakan langsung oleh para pria? Berikut beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan kualitas seksual
  • Meningkatkan kemampuan ereksi
  • Membantu sehingga orgasme terasa lebih intens
  • Mengatasi disfungsi seksual, seperti disfungsi ereksi atau ejakulasi dini
  • Memperbaiki gangguan inkontinensia urin - kondisi dimana seseorang tak mampu mengontrol buang air kecilnya.
  • Memperbaiki gangguan inkontinensia tinja - keadaan dimana tubuh tak dapat mengendalikan proses BAB.

Cara Mempraktekkan Senam Kegel Pria

Untungnya senam kegel dapat dilakukan secara diam-diam sehingga Anda tak perlu malu untuk mencobanya. Senam ini juga gratis dan tidak memerlukan bantuan alat khusus. Tapi sebelum melakukan senam kegel pria, mari simak lebih dulu beberapa panduan berikut:

Temukan lebih dulu otot dasar panggulnya

Cara menemukan otot dasar panggul tidaklah susah. Salah satunya dengan memperlambat atau menghentikan aliran air seni ketika proses buang air kecil sedang berlangsung. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

Otot yang digunakan untuk memperlambat atau menghentikan aliran air seni itulah yang disebut otot dasar panggul. 

Selain itu, beberapa pria mengaku berhasil menemukan otot dasar panggul dengan membayangkan dirinya sedang menahan buang angin

Setelah menemukan otot dasar panggul, latihan dapat dimulai di mana saja dan dalam posisi apapun. Hanya saja bagi pemula, senam kegel pria sebaiknya dilakukan sambil berbaring. Posisi tersebut membuat kontraksi otot lebih mudah dilakukan karena tidak melawan gaya gravitasi. 

Sempurnakan teknik senamnya

Untuk melakukan senam kegel pria, kencangkan otot panggul tersebut sehingga timbul sensasi tarikan. Tahan kontraksi hingga 2-5 detik sebelum rileks selama 2-5 detik juga. 

Ulangi 10 kali per sesinya, dan lakukan 2-3 sesi setiap harinya. Nanti bila otot yang dilatih sudah dirasa lebih kuat, Anda boleh melakukan senam kegel pria sambil duduk, berdiri, maupun berjalan. 

Fokus adalah kuncinya

Ketika mempraktekkan senam kegel pria, jangan sampai otot kaki, perut, atau pantat ikut merasa tegang atau ikut berkontraksi. Sebaliknya, fokuskan perhatian untuk mengangkat otot dasar panggul ke atas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

Hal terpenting lainnya adalah perhatikan pernapasan selama melakukan kontraksi otot dasar panggul. Jangan sampai Anda tanpa sadar terlalu tegang sehingga menahan napas. 

Ulangi secara disiplin

Jika ingin segera merasakan dampak senam kegel pria, berlatihlah secara disiplin. Jika pertama-tama, Anda hanya berlatih senam kegel pria 2 kali dalam sehari, maka tingkatkan sesinya menjadi 3 kali. Mulai setiap sesinya dengan melakukan 10-30 kali kontraksi, (masing-masing selama 5 detik) kemudian iringi juga dengan relaksasi selama 5 detik. 

Sabar 

Terakhir, Anda juga harus sabar karena rata-rata, senam kegel pria yang rutin dilakukan baru menunjukkan manfaatnya setelah hitungan minggu atau bulan. 

Diperkirakan butuh waktu 3-6 minggu bagi senam kegel pria untuk mengatasi inkontinensia urine. Sementara untuk peningkatan performa seksual, latihan ini baru menunjukkan hasilnya setelah 3-4 bulan. 

Jadi, karena manfaat senam kegel pria sangat signifikan, terutama bagi performa seksual, maka jangan segan bertanya lebih lanjut pada dokter jika mengalami kesulitan saat melakukannya. 


8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kegel exercises - self-care. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000141.htm)
How Kegels Will Change Your Sex Life. GQ.com. (Accessed via: https://www.gq.com/story/kegel-exercises-for-better-sex-men)
How to Do Kegel Exercises for Men: Discover Kegel Muscles. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/kegel_exercises_for_men/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Manfaat  Melakukan Senam Kegel
Manfaat Melakukan Senam Kegel

Manfaat dari senam ini antara lain memperbaiki kondisi otot panggul bawah yang mengalami penurunan akibat persalinan, penuaan, obesitas, dan operasi.

Buka di app