Manfaat Senam Kegel untuk Wanita dan Cara Melakukannya

Dipublish tanggal: Jun 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 4, 2019 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Senam Kegel untuk Wanita dan Cara Melakukannya

Senam kegel merupakan sejenis latihan yang lebih fokus pada pengencangan otot panggul bagian bawah. Kekuatan otot panggul pada wanita bisa mengalami penurunan dan ini membuat aktivitas seks menjadi tidak nikmat. Penyebabnya sangat beragam mulai dari kelebihan berat badan, proses penuaan, dan persalinan. Salah satu masalah yang dikhawatirkan wanita usai melahirkan adalah kondisi vagina yang tidak kencang lagi. Untuk mengembalikan kondisinya seperti semula caranya adalah dengan melakukan senam kegel.

Gerakan pada senam kegel cukup mudah dan bisa dipraktikan di rumah. Tidak hanya bermanfaat bagi wanita, pria pun bisa melakukan senam kegel. Bagi Anda yang ingin mempelajari cara senam kegel yang benar agar manfaatnya lebih maksimal, perhatikan ulasan lengkapnya dibawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Ambeien (Wasir) via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 27

Manfaat Senam Kegel Untuk Wanita

Banyak wanita yang sengaja melakukan senam kagel untuk mendapatkan otot panggul yang kuat. Tentu saja ini berkaitan erat dengan kenikmatan bercinta. Selain itu gerakan pada senam ini juga memiliki banyak manfaat yang sangat penting khususnya bagi wanita. Diantaranya adalah:

Memperlancar proses persalinan
Ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan senam kegel agar proses melahirkan menjadi lancar. Kondisi otot panggul yang kuat serta elastis sangat berguna untuk membuka jalan lahir. Jadi proses persalinan akan semakin mudah.

Menjaga kontrol otot
Saat menginjak usia senja, wanita kesulitan untuk mengontrol otot untuk buang air. Kasus yang sering terjadi adalah ketika batuk, bersin, dan tertawa, tidak sengaja keluar air seni dengan sendirinya. Latihan senam kegel bisa sedikit membantu menangani kondisi tersebut agar tidak semakin parah.

Merapatkan vagina
Bagi wanita yang melahirkan secara normal dan pernah melakukan episiotomi atau metode gunting vagina, kondisi vaginanya menjadi mengendur. Dengan melakukan senam kegel, maka jaringan vagina yang mengalami kerusakan akan pulih kembali. Gerakan pada senam tersebut membuat sirkulasi darah ke vagina menjadi lancar. Akibatnya otot vagina akan kembali mengencang secara perlahan.

Mengencangkan vagina
Semakin bertambahnya usia apalagi ketika memasuki masa menopause, kondisi vagina akan mengalami pengenduran. Senam kegel akan membantu mengencangkan otot vagina yang mengendur sehingga hubungan dengan pasangan kembali menggairahkan.

Mengatasi wasir
Wasir atau ambeien juga bisa diatasi dengan melakukan senam kegel. Mempraktikkan gerakan senam kegel secara teratur bisa membuat aliran darah ke vagina kembali lancar.

Tidak hanya bagi wanita, senam kegel juga memberikan dampak positif bagi pria yang melakukan gerakan tersebut. Otot panggul akan semakin kencang terutama selama berhubungan intim. Selain itu senam kegel juga membantu pengelolaan ereksi serta menunda ejakulasi.

Cara Melakukan Senam Kegel

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan letak otot dasar panggul. Caranya dengan mengencangkan otot disekitar vagina seolah sedang menahan kencing. Otot yang berkontraksi itulah yang dinamakan dengan otot panggul. Senam kegel bisa dilakukan sambil duduk ataupun berbaring untuk yang baru melakukan pertama kali. Adapun urutan gerakan pada senam kegel adalah sebagai berikut:

  • Kencangkan otot panggul bagian bawah kurang lebih 3-5 detik saja
  • Jangan menahan napas ataupun mengencangkan otot perut, paha, dan pantat saat melakukan gerakan pertama diatas
  • Rilekskan otot panggul bagian bawah selama 3 detik
  • Lakukan pengulangan gerakan 1-3 sebanyak 10 kali
  • Lakukan latihan senam kegel sebanyak 3 kali sehari untuk hasil maksimal

Gerakan pada senam kegel sangat berguna untuk mengencangkan otot panggul bagian bawah khususnya bagi wanita yang telah melahirkan dan menginjak usia senja. Lakukan latihan secara rutin agar hasil yang diinginkan yaitu memiliki vagina yang kencang dan elastis bisa tercapai.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kegel Exercises: Benefits, Goals, and Cautions. Healthline. (https://www.healthline.com/health/kegel-exercises)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app