Sejak Kapan Pergerakan Bayi Terasa di Dalam Kandungan?

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Merasakan pergerakan bayi di dalam kandungan memang menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil. Bayi bergerak merupakan tanda bahwa bayi sudah mulai berkembang. 

Bayi dapat bergerak karena berbagai hal seperti mendengar suara ibu saat sedang menyanyi, membaca, maupun berbicara, meregangkan tubuh, merespon emosi ibu, serta setelah ibu makan atau berganti posisi tubuh. Namun, sebenarnya sejak kapan pergerakan bayi di dalam kandungan dapat dirasakan? 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Usia Janin Saat Mulai Bergerak

Pada saat kehamilan memasuki minggu ke 12 sebenarnya janin sudah mulai bergerak di dalam perut ibu. Namun, tubuh janin masih terlalu kecil untuk membuat ibu merasakan pergerakannya. 

Maka dari itu, kebanyakan ibu akan mulai merasakan pergerakan janin di dalamnya setelah usia kehamilan 13-16 minggu pada ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya. Namun, pada ibu yang baru hamil pertama, mungkin baru akan menyadari pergerakan janin di usia kehamilan 18-20 minggu.

Ibu hamil dengan tubuh kurus juga mungkin akan lebih menyadari pergerakan janin dibandingkan dengan ibu bertubuh sedikit gemuk. Orang lain baru dapat merasakan pergerakan janin di luar perut setelah usia kehamilan mencapai 20-24 minggu.

Tahapan Pergerakan Janin Dalam Kandungan

Anda tidak perlu khawatir bila belum merasakan pergerakan janin Anda. Terkadang, pergerakan janin sangat kecil sehingga tidak terlalu terasa. Posisi janin juga menentukan pergerakannya dapat dirasakan atau tidak. 

Pergerakan janin biasanya terasa saat janin menggerakkann seluruh tubuhnya dan dalam waktu cukup lama. Berikut beberapa pergerakan bayi berdasarkan usia kehamilan.

Usia kehamilan 20-23 minggu

Bayi biasanya mulai bisa cegukan dan menendang pelan 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Usia kehamilan 24-28 minggu

Rata-rata volume air ketuban yaitu 750 ml sehingga bayi lebih bebas bergerak 

Usia kehamilan 29-31 minggu

Tendangan bayi semakin kencang

Usia kehamilan 32-35 minggu

Pergerakan bayi lebih terasa kuat namun melambat dan gerakannya mulai terbatas

Usia kehamilan 36-40 minggu

Kepala bayi sudah berada di bawah, pergerakannya lebih lambat. Namun, sekali tendangan atau menyiku dapat membuat ibu merasa tidak nyaman. 

Menghitung Gerakan Janin Setiap Hari

Seiring berjalannya waktu, ibu akan semakin peka dan menyadari jam-jam tertentu saat bayi bergerak. Setiap janin memiliki pola dan waktu bergerak berbeda-beda. Saat memasuki trimester ketiga, janin bisa bergerak sebanyak 30 kali dalam 1 jam. Maka dari itu, tidak ada salahnya kan untuk menghitung pergerakannya setiap hari? 

Saat menjelang waktu tidur malam, sekitar pukul 21.00 – 01.00 dini hari, biasanya janin lebih aktif bergerak. Pergerakan janin di waktu malam biasanya akibat perubahan kadar gula darah dalam tubuh. Ibu dapat menghitung pergerakan bayi setiap 1 jam atau mungkin menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan janin untuk bergerak sebanyak 10 kali.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Anda bisa mulai menghitung berapa kali pergerakan janin di usia kehamilan memasuki minggu ke 28. Pada saat menghitung pergerakan bayi, sebaiknya Anda menghitung di waktu yang sama setiap hari. 

Menghitung pergerakan bayi setiap hari sangat penting dilakukan karena Anda dapat mengetahui kesehatan janin Anda di dalam kandungan. Apabila janin Anda tidak melakukan pergerakan normal lebih dari 1 hari, Anda perlu melakukan USG ataupun pemeriksaan cairan ketuban untuk memastikan kondisi janin Anda. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika pergerakan bayi Anda sedang tidak aktif. Mungkin saja janin Anda sedang beristirahat di dalam perut. Setiap janin juga memiliki pola gerakan dan waktu bergerak berbeda-beda. Yuk mulai kenali pola dan waktu pergerakan janin Anda!


17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Reference values for a fetal movement acceleration measurement recorder to count fetal movements. Nature. (https://www.nature.com/articles/pr2017328)
When You Should Worry About Decreased Fetal Movement. Verywell Family. (https://www.verywellfamily.com/what-to-do-if-your-baby-is-not-kicking-2371400)
Encouraging awareness of fetal movements is harmful. The Lancet. (https://www.thelancet.com/journals/lancet/article/PIIS0140-6736(18)31720-3/fulltext)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app