Sarapan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sarapan yang lebih besar, lebih tinggi lemak dan lebih tinggi protein sebenarnya dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Alasan yang mungkin adalah bahwa jenis sarapan pilihan ini lebih rendah karbohidrat.
Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sarapan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Sarapan dianggap sebagai makanan penting untuk mengisi kembali persediaan glukosa Anda dan menyediakan nutrisi penting lainnya untuk menjaga tingkat energi Anda sepanjang hari.

Sarapan memberi tubuh dan otak bahan bakar setelah puasa semalaman. Tanpa sarapan, Anda pasti akan sulit fokus dalam menjalankan kegiatan anda sepanjang hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Ahli gizi menyarankan bahwa sarapan harus dikonsumsi dalam waktu dua jam setelah bangun di pagi hari. Selain itu sarapan yang sehat harus menyediakan kalori dalam kisaran 20-35% dari pedoman konsumsi harian Anda.

Mengenai diabetes melitus tipe 2 

AKibat terjadinya diabetes tipe 2, tubuh Anda menolak efek insulin yang merupakan hormon yang mengatur pergerakan gula ke dalam sel sehingga tidak menghasilkan cukup insulin untuk mempertahankan kadar glukosa normal.

Diabetes tipe 2 dulu dikenal sebagai diabetes onset dewasa, tetapi saat ini lebih banyak anak yang didiagnosis menderita kelainan ini, mungkin karena meningkatnya obesitas pada masa kanak-kanak. 

Obat diabetes melitus tidak menyembuhkan penyakit, tetapi menurunkan berat badan, makan dengan baik dan berolahraga dapat membantu mengelola penyakit ini. Jika diet dan olahraga tidak cukup untuk mengelola gula darah Anda dengan baik, Anda mungkin juga memerlukan obat diabetes atau terapi insulin.

Mengonsumsi makanan bagi penderita diabetes melitus tipe 2 

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sarapan yang lebih besar, lebih tinggi lemak dan lebih tinggi protein sebenarnya dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Alasan yang mungkin adalah bahwa jenis sarapan pilihan ini lebih rendah karbohidrat

Beberapa orang dengan diabetes mengalami gula darah yang lebih tinggi di pagi hari karena hati memecah gula semalaman dan sel-sel juga dapat sedikit lebih resisten terhadap insulin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Setiap orang dengan diabetes harus mengetahui jumlah karbohidrat yang harus mereka konsumsi setiap kali makan. Cara ini dapat dilakukan dengan minimal mengkonsultasikan diri dengan dokter anda terkait konsumsi makanan dan minuman yang baik bagi kondisi diabetes. 

Sarapan apa saja yang dapat dipilih?

1. Sereal gandum utuh

Sereal gandum mejadi sarapan yang tepat. Semangkuk sereal berserat tinggi, rendah gula dengan susu skim, atau panaskan oatmeal biasa. Dan sajikan dalam keadaan hangat. Gandum dikemas dengan serat, vitamin, dan mineral dan menjadi dasar yang bagus untuk sarapan sehat bagi penderita diabetes. 

2.Telur

Telur rebus adalah pilihan terbaik sumber energi di pagi hari. Meskipun orang-orang dengan diabetes memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, penelitian menunjukkan bahwa makan enam atau kurang telur seminggu tidak berdampak signifikan terhadap kolesterol. Pilihlah telur yang kaya akan omega-3. 

3. Muffin

Muffin gandum asli adalah pilihan cepat lainnya yang mudah dikonsumsi. Muffin dapat disajikan dengan tambahan seperti selai kacang, Mentega almond, dan alpukat

4. Yogurt

Yogurt tanpa lemak atau  rendah lemak yang dicampur dengan buah adalah cara lain yang baik untuk memulai pagi hari pada penderita diabetes. Greek yogurt memiliki lebih banyak protein dan karbohidrat lebih sedikit daripada yogurt tradisional, yang merupakan pilihan bagus untuk penderita diabetes. 

Tambahkan buah beku atau campurkan ke dalam jus buah-buahan untuk memberikan kenikmatan pada sajian yogurt. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

5. Almond dan buah

Bagi anda yang memiliki waktu sarapan yang singkat dan harus bergegas pergi bekerja, kacang almond serta buah-buahan dengan kadar  glukosarendah, seperti berry, persik, apel, atau jeruk dapat menjadi pilihan. 

Serat dan lemak tak jenuh dalam kacang akan membantu Anda merasa kenyang, dan buah menambahkan serat tambahan dan sentuhan manis pada pagi hari Anda tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.

6. Susu 

Susu telah menjadi produk utama sebagai sarapan. Pilihlah susu yang rendah lemak dan rendah gula. Segelas susu cukup untuk membuat perut kenyang. Campurkan juga beberapa sendok gandum, buah kering, atau biskuit rendah lemak sebagai sajian tambahan untuk mengenyangkan 

Untuk melanjutkan konsumsi makanan anda yang sehat setiap hari, Anda perlu mengatur pola konsumsi karbohidrat. Pilihan makanan yang dapat dikonsumsi seperti alpukat, kacang-kacangan, daging ayam, kalkun, serta minyak olive. 

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
O’Neil CE, et al. (2014). Nutrient intake, diet quality, and weight/adiposity parameters in breakfast patterns compared with no breakfast in adults: National Health and Nutrition Examination Survey 2001-2008. DOI: (http://dx.doi.org/10.1016/j.jand.2014.08.021)
Lammert A, et al. (2008). Clinical benefit of a short term dietary oatmeal intervention in patients with type 2 diabetes and severe insulin resistance: A pilot study. DOI: (https://doi.org/10.1055/s-2007-984456)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app