Rasberry Ketone - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: Jul 25, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.334.629 orang

Informasi umum

Raspberry ketone adalah bahan kimia dari raspberry merah, Kiwi, persik, anggur, apel, buah beri lainnya, sayuran seperti rhubarb; dan kulit pohon yew, maple, dan pohon pinus.

Orang-orang mengonsumsi raspberry ketone untuk menurunkan berat badan. Kepopuleran raspberry ketone sebagai penurun berat badan setelah dikarenakan acara televisi Dr. Oz membahas "Raspberry keton: pembakar lemak ajaib di dalam botol" pada Februari 2012.

Orang-orang mengoleskan raspberry ketone pada kulit untuk mengatasi kerontokan rambut. Raspberry ketone juga digunakan dalam makanan, kosmetik, dan industri lainnya sebagai pewangi atau zat penyedap.

Bagaimana cara kerjanya?

Raspberry ketone adalah bahan kimia dari raspberry merah yang dianggap membantu menurunkan berat badan. Beberapa penelitian pada hewan atau dalam tabung reaksi menunjukkan bahwa raspberry ketone dapat meningkatkan beberapa metabolisme dan mungkin juga mempengaruhi hormon dalam tubuh yang disebut adiponektin.
Adiponectin dapat meningkatkan laju pembakaran lemak dan mengurangi nafsu makan. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang dapat dipercaya bahwa raspberry ketone meningkatkan penurunan berat badan saat dikonsumsi oleh manusia.

Kegunaan & efektivitas

Tidak terdapat cukup bukti untuk

  • Rambut rontok (alopecia areata)
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan larutan raspberry ketone pada kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang dengan rambut rontok.
  • Pola kebotakan lelaki (androgenic alopecia)
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan larutan raspberry ketone pada kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada lelaki dengan pola kebotakan.
  • Obesitas
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengonsumsi raspberry ketone dan vitamin C dapat menurunkan berat badan dan lemak pada orang sehat. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi produk tertentu (Prograde Metabolism) yang mengandung raspberry ketone (Razberi K, Integrity Nutraceuticals) dan bahan-bahan lain termasuk kafein dua kali sehari selama 8 minggu dapat mengurangi berat badan sebesar 2%, massa lemak sebesar 7,8%, lingkar pinggang sebesar 2%, dan lingkar pinggul sebesar 1,7%. Tidak ada kejelasan tentang efek apabila hanya mengonsumsi raspberry ketone.
  • Kondisi lain

Diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai penggunaan raspberry ketone.

Efek samping & keamanan

Raspberry ketone mungkin aman bila diminum dalam jangka pendek dengan dosis tepat sebagai bagian dari produk yang mengandung bahan lain. Sebanyak 1000mg Prograde Metabolism yang mengandung raspberry ketone (Razberi K, Integrity Nutraceuticals) dan bahan lainnya, termasuk kafein, dapat dikonsumsi dengan aman sebanyak dua kali sehari selama 8 minggu.

Tidak ada informasi yang cukup reliabel untuk mengetahui keamaan penggunaan raspberry ketone sebagai produk tunggal. Ada beberapa kekhawatiran tentang keamanan raspberry ketone karena secara kimiawi, bahannya berkaitan dengan stimulan yang disebut synephrine.

Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa raspberry ketone dapat menyebabkan perasaan gelisah, meningkatkan tekanan darah, atau detak jantung yang cepat. Sebuah laporan menyebutkan bahwa seseorang yang menggunakan raspberry ketone mengalami perasaan gemetar dan jantung berdebar.

Pencegahan & peringatan khusus

  • Ibu hamil dan menyusui: Tidak ada informasi yang cukup reliabel tentang keamanan mengonsumsi raspberry ketone pada ibu hamil atau menyusui. Hindari penggunaan agar tetap aman.
  • Diabetes: Raspberry ketone dapat menurunkan kadar gula darah. Secara teori, raspberry ketone mungkin bisa menyebabkan penurunan gula darah terlalu rendah pada orang yang sudah minum obat diabetes.

Interaksi

Saat ini kami tidak memiliki informasi terkait interaksi Raspberry ketone.

Dosis

Dosis raspberry ketone yang tepat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis raspberry ketone yang tepat.

Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosisnya merupakan hal yang penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda atau profesional kesehatan lainnya sebelum mengonsumsinya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp