Ragam Penyakit Menular Seksual

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ragam Penyakit Menular Seksual

Era ini di saat setiap individu mendapatkan kesempatan untuk mengekspresikan diri ternyata tidak hanya menghasilkan perkembangan positif. Banyak pihak salah mengartikan kebebasan sebagai legalitas melakukan segala hal. Padahal ada yang harus kita cermati dari makna bebas tersebut. Adakah seks bebas termasuk kebebasan memilih yang bertanggung jawab.

Jenis-jenis Penyakit Menular Seksual

Selain bertentangan dengan nilai agama pun norma susila, seks bebas juga mendapat raport buruk dari segi medis. Pelaku seks bebas harusnya lebih cermat melihat bahaya yang ikut menyelinap di balik keriaan sesaat dari perilaku mereka. Berikut kita kenal lebih jauh beberapa penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

1. Kencing nanah atau Gonore

Disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi lapisan dalam leher rahim. Gonore menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, terjadi nyeri pinggul dan gangguan reproduksi sebab bakteri ini turut menginfeksi selaput di dalam pinggul. Pada laki-laki sering dikeluhkan nyeri ketika buang air seni.

2. Kutil genitalis

Merupakan gangguan berbentuk kutil di dalam atau sekeliling vagina, penis atau dubur. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang serupa dengan virus penyebab kanker serviks, yaitu human papiloma.

3. Herpes

Ada dua macam jenis herpes. Herpes zoster dengan gejala ruam di bagian tubuh sebelah kiri atau kanan. Sedangkan herpes simpleks biasanya tampak di pinggang ke bawah atau menyerang pinggang bagian atas.

4. Sifilis

Penyakit sifilis akan menyerang susunan syaraf otak, pembuluh darah dan jantung. Ibu hamil dapat menularkan kepada bayi yang dikandungnya.

5. Hepatitis B

Penyakit ini menyerang hati dan menyebabkan peradangan akut. Terkadang berujung serangan kanker hati. Ditandai dengan gejala demam, sakit perut dan nampak kuning terutama di bagian kornea mata.

6. HIV Aids

Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang memperlemah kekebalan tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap berbagai infeksi dan mudah terkena tumor. Meskipun sudah ditemukan beberapa langkah yang bisa memperlambat laju perkembangan virusnya, tapi belum ada satu obat pun yang dapat benar-benar menyembuhkannya.

Beberapa Penyakit Menular Seksual (PMS) yang dijabarkan di atas diharapkan akan menjadi bahan pemikiran ulang bagi orang-orang yang free sex minded. Kebebasan yang ada harusnya membuat kita bebas memilih tapi tentunya berbekal pengetahuan yang cukup atas apa yang kita pilih.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sexually transmitted diseases (STDs). (2018). (http://www.cdc.gov/std/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app