Piloxing, Olahraga untuk Membentuk Tubuh dan Menjaga Kebugaran

Piloxing merupakan olahraga yang tidak hanya bermanfaat untuk membentuk tubuh yang ideal saja, tetapi juga membentuk tubuh yang kuat. Piloxing menggabungkan 3 olahraga sekaligus yaitu boxing, pilates, dan dancing. Anda dapat melatih kebugaran dan kekuatan melalui boxing, melatih core muscles dan toning tubuh melalui pilates, dan bersenang-senang melalui gerakan menari.
Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Piloxing, Olahraga untuk Membentuk Tubuh dan Menjaga Kebugaran

Tubuh yang seksi dan ideal merupakan dambaan semua wanita. Namun, tubuh yang seksi juga harus diimbangi dengan kebugaran yang baik. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang ideal dan kuat secara bersamaan, olahraga piloxing dapat dijadikan pilihan. Lalu apa itu piloxing? 

Simak penjelasan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Apa itu piloxing?

Piloxing pertama kali dikenalkan oleh penari sekaligus celebrity trainer asal Swedia yaitu Viveca Jensen. Piloxing merupakan olahraga yang tidak hanya bermanfaat untuk membentuk tubuh yang ideal saja, tetapi juga membentuk tubuh yang kuat. 

Piloxing menggabungkan 3 olahraga sekaligus yaitu boxing, pilates, dan dancing. Anda dapat melatih kebugaran dan kekuatan melalui boxing, melatih core muscles dan toning tubuh melalui pilates, dan bersenang-senang melalui gerakan menari.

Piloxing merupakan olahraga kardio yang menyenangkan untuk dilakukan karena diiringi oleh musik. Selain itu, piloxing merupakan olahraga cardio non-stop, sehingga pembakaran lemak dapat terjadi saat melakukan olahraga maupun setelahnya. 

Olahraga ini juga menyenangkan karena gerakan yang dilakukan bervariasi.

Hal yang perlu diketahui tentang piloxing

Sebelum Anda mulai melakukan olahraga piloxing, ada beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain.

1. Tidak harus memiliki kemampuan menari

Bagi yang tidak memiliki kemampuan menari, Anda tetap dapat mengikuti olahraga piloxing. Piloxing diajarkan dari tingkat pemula. Selain itu, gerakan piloxing juga dapat disesuaikan dengan tingkat kebugaran peserta. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Jadi, olahraga piloxing dapat dilakukan oleh siapapun, tanpa mematok usia selama masih dalam kondisi sehat.

2. Tetap perlu melakukan pemanasan

Pemanasan sangat penting dilakukan sebelum melakukan olahraga apapun, termasuk olahraga piloxing. Pemanasan perlu dilakukan untuk menghindari cidera saat melakukan latihan.

3. Durasi olahraga piloxing

Piloxing biasanya dilakukan dalam durasi 60 menit. Durasi tersebut sudah termasuk pemanasan, standing piloxing, mat pilates, dan pendinginan.

4. Peralatan yang dibutuhkan saat piloxing

Anda perlu menyiapkan piloxing gloves sebelum melakukan piloxing. Namun, jika tidak mempunyai piloxing gloves, Anda tetap dapat melakukan olahraga ini. Instruktur akan membantu mendapatkan hasil yang maksimal meskipun tidak mengenakan piloxing gloves. 

Saat melakukan piloxing, Anda juga tidak diharuskan memakai alas kaki.

5. Piloxing dapat dilakukan dimanapun

Saat ingin melakukan piloxing, Anda dapat bergabung dengan kelas piloxing. Selain itu, Anda juga dapat melakukan piloxing di rumah dengan memanggil instruktur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Manfaat piloxing

Piloxing menggabungkan unsur kekuatan, kecepatan, dan kelenturan. Jika dilakukan secara teratur dan benar, piloxing memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari olahraga piloxing.

1. Melangsingkan dan mengencangkan tubuh

Gerakan pukulan dan tendangan pada olahraga piloxing dapat membantu membakar lemak dan menguatkan otot. Selain itu, melakukan teknik boxing dengan benar akan membantu mengencangkan otot lengan dan kaki.

2. Menyehatkan jantung

Piloxing juga menggabungkan gerakan kardio, sehingga dapat memacu detak jantung dan melancarkan sistem peredaran darah. Hal inilah yang menyebabkan melakukan olahraga piloxing secara teratur dapat menyehatkan jantung.

3. Mengurangi stres

Gerakan piloxing dilakukan dengan diiringi musik, sehingga peserta merasa nyaman dan bahagia saat berolahraga. Gerakan pilates dalam olahraga piloxing bermanfaat untuk melatih pernapasan, sehingga dapat mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. 

Melakukan piloxing juga merangsang pembentukan hormon endorfin, sehingga muncul perasaan bahagia setelah berolahraga.

4. Menyenangkan dan dapat dilakukan siapa saja

Piloxing merupakan olahraga yang menyenangkan karena gerakannya yang bervariasi. Selain itu, piloxing juga dapat dilakukan siapa saja, karena gerakannya dapat disesuaikan mulai low hingga high impact. Penyesuaian gerakan membuat piloxing dapat dilakukan semua orang dengan rasa senang.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What is Piloxing? (n.d.)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app