Pilihan Obat Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Dipublish tanggal: Sep 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Apr 2, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pilihan Obat Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Mata bengkak atau bisa juga disebut dengan edema periorbital merupakan kondisi yang disebabkan karena kelebihan cairan dalam jaringan ikat yang berada di sekitar mata. 

Gangguan ini sering kali muncul dan menyerang siapa saja serta akan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Memakai obat Mata Bengkak sesuai dengan penyebabnya

Memastikan penyebab dari mata bengkak adalah hal yang perlu terlebih dahulu dilakukan. Dengan demikian, Anda bisa menentukan obat jenis apa yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Selain itu, pengobatan untuk mata bengkak haruslah disesuaikan dengan kondisi dan derajat keluhan yang sedang Anda rasakan. Ada berbagai penyebab mata bengkak yang sering dialami oleh seseorang. 

Mulai dari alergi, infeksi hingga cedera mata. berikut ini ulasan mengenai pengobatan mata bengkak yang ditinjau dari penyebabnya:

Alergi pada mata

Jika penyebab dari mata bengkak karena adanya reaksi alergi, Anda tentunya harus menghindari faktor penyebab munculnya alergi tersebut. 

Setelah melakukan sesi konsultasi, dokter biasanya akan menyarankan resep obat tetes mata seperti air mata buatan. 

Pemberian obat tetes ini bertujuan untuk membilas mata dari bahan pemicu alergi. Selain itu, dokter juga akan menyarankan Anda obat kortikosteroid dalam bentuk tetes, bila reaksi alergi yang diderita masuk dalam kategori parah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Infeksi mata mata

Kondisi mata bengkak yang disebabkan karena infeksi akan memicu munculnya peradangan yang sering disebut dengan istilah konjungtivitis

Konjungtivitas akibat infeksi umumnya terjadi karena ganguan virus maupun bakteri, dan kondisi ini bisa saja menular. 

Walau demikian, mata bengkak yang disebabkan karena konjungtivitis virus ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan tindakan penanganan medis yang khusus. 

Cedera yang dialami mata

Cedera mata sering kali terjadi ketika wajah atau pun kepala mengalami cedera. Mata bengkak akibat cedera umumnya akan menimbulkan rasa nyeri dan memar pada area mata yang terluka. 

Selain dapat membaik dalam beberapa hari, kondisi ini juga bisa sembuh dengan sendirinya. Untuk mengatasi keluhan yang diderita, cobalah beristirahat dan kompres area yang mengalami cedera sekitar 20 menit dengan air dingin. 

Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi obat menghilang rasa nyeri, termasuk paracetamol bila memang diperlukan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Tips mencegah Mata Bengkak

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya gangguan mata bengkak. Berikut beberapa diantaranya:

Menghindari penyebab alergi

Untuk mengetahui dengan pasti faktor yang menyebabkan Anda mengalami alergi, Anda bisa melakukan pemeriksaan alergi ke rumah sakit terdekat. 

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah menghindari penyebab-penyebab alergi tersebut sehingga mencegah terjadinya mata bengkak. 

Gunakan pelindung mata

Untuk Anda yang sering sekali melakukan berbagai kegiatan yang beresiko tinggi menyebabkan cedera mata, penting untuk menggunakan pelindung mata. 

Silahkan pilih kacamata khusus berbahan polycarbonate yang juga memiliki fungsi lain yaitu melindungi Anda dari sengatan sinar UV yang berbahaya.

Menggunakan obat tetes mata tanpa pengawet

Jika Anda ingin menggunakan obat tetep, pastikan obat tersebut bebas dari zat pengawet. Hal tersebut karena obat tetes yang mengandung pengawet beresiko menimbulkan iritasi pada mata.

Menjaga kesehatan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa menghindarkan Anda dari ganguan mata bengkak. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan hentikan kebiasaan buruk menyentuh mata dengan tangan. 

Dengan demikian Anda akan meminimalisir terjadinya resiko mata bengkak. Selain itu, saat diperlukan, Anda bisa memakai tisu atau handuk bersih bila ingin membersihkan area wajah dan mata.

Rajin membersihkan lensa kontak

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan lensa kontak, sangat penting untuk membersihkan dan mengganti lensa kontak tersebut secara berkala. Hal ini tentu bertujuan untuk meminimalkan resiko yang terjadi akibat infeksi mata atau iritasi.

Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami keluhan mata bengkak, sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan yang aman dan tepat. 

Bila saat ini Anda merasakan hal yang tidak biasa pada bagian mata, seperti rasa nyeri, ada sesuatu yang menempel pada mata, hingga pandangan kabur, bergegaslah kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Surtenich, A. (2017, January). Swollen eyelids: Causes and treatment (http://www.allaboutvision.com/conditions/swollen-eyelids.htm)
Family health team. (2016, October 14). 8 reasons for your swollen eye or eyelid (https://health.clevelandclinic.org/2016/10/8-reasons-swollen-eye-eyelid/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app