Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Perut Kembung - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: DEC 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 2.103.032 orang

Perut kembung dapat dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Bagi seorang ibu yang harus menjaga kondisi tubuh anaknya harus paham bagaimana menangani perut anak kembung dengan tepat.

Kondisi ini terjadi akibat adanya gas yang berlebihan pada saluran cerna. Bayi sangat rentan karena belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Gas dari proses pencernaan akan dikeluarkan melalui kentut atau sendawa.

Kondisi perut yang kembung pada anak ini biasanya disebabkan oleh makan sambil bermain, berlari, atau mengunyah dengan cepat. Anak-anak tentunya masih sulit dikendalikan sehingga tidak bisa makan dengan rapi. Kondisi perut ini tentunya membuat aktivitas tidak nyaman bagi si anak.

Terutama pada bayi, yang akan menangis ketika kondisi tubuhnya tidak nyaman. Sebagai orang tua harus tanggap apa penyebab yang dialami anak tersebut. Namun orang tua juga tidak perlu panik karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Mengatasi Perut Kembung Pada Anak yang Aman

Melakukan Pijat Ringan
Cara yang tepat untuk mengatasi perut anak yang kembung, Anda dapat memberikan sedikit pijatan pada perut anak. Tujuannya untuk meredakan gas yang terperangkap di dalam perut bisa keluar. Untuk memijatnya Anda perlu teknik tertentu agar tidak membahayakan si anak.

Ada bisa menggunakan minyak zaitun untuk pijatan perut yang lembut searah jarum jam selama dua hingga tiga menit. Lalu ada dapat mengulanginya kembali selama dua menit untuk meredakannya dan agar anak dapat tidur dengan nyaman. Anda bisa melakukan pijatan ini beberapa kali sehari.

Menggunakan Kompres
Cara yang aman lainnya untuk mengatasi perut kembung yaitu menggunakan kompres hangat. Caranya yaitu dengan merendam handuk dengan air panas dan kemudian peras. 

Lalu letakkan handuk tersebut di atas perut anak. Ketika telah dingin ganti dengan handuk yang hangat lagi. Bisa diulangi sebanyak 3 hingga 4 kali penggantian handuk. Kehangatan dari kompres tersebut dapat membuat anak lebih rileks.

Menggunakan Minyak Telon
Selain kompres, Anda juga bisa menggunakan penghangat seperti minyak telon. Anda bisa membalurkan minyak telon pada perut anak dan usapkan secara lembut. Anda bisa menyertakan pijatan tangan pada punggung, perut, dan dada agar tubuh anak menjadi rileks.

Memberikan Makanan yang Berserat
Makanan berserat berguna untuk mencegah perut kembung pada anak. Memberikan makanan sehat yang kaya akan serat dapat membantu pencernaan anak menjadi lancar hingga ke usus. Serat juga berfungsi untuk mengatasi sembelit pada anak.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk memenuhi gizi antara lain seperti biji-bijian, buah beri, jeruk, pepaya, dan lainnya. Usahakan juga untuk memberikan sayuran yang masih mengandung gizi tinggi.

Berikan Cukup Cairan untuk Melancarkan Pencernaan
Ketika perut anak Anda kembung maka dapat diatasi dengan memberikan minum yang cukup. Cairan dalam tubuh akan membantu melancarkan proses pencernaan da bisa mengusir perut yang kembung serta mencegah sembelit.

Selain itu, Anda bisa menambahkan buah-buahan yang segar untuk tambahan asupan makanannya seperti semangka, jeruk, dan buah lainnya. Namun jangan berikan jus buah terlalu banyak karena justru memicu gas yang menyebabkan perut kembung.

Hindarilah untuk memberikan cairan yang tidak baik bagi anak seperti minuman bersoda atau perasa yang mengandung bahan kimia.

Jangan Biarkan Anak Makan Sambil Berbaring
Makan sambil berbaring tentunya tidak baik untuk pencernaan anak. Gas dapat masuk ke dalam lambung sehingga mengganggu sehingga proses pencernaan sulit keluar. 

Selain itu sebaiknya dihindari makanan yang dapat menghasilkan gas. Beberapa makanan dapat memicu gas di lambung. Makanan pemicu gas antara lain es krim, kacang-kacangan, minuman dingin, dan lain-lain.

Hindari Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan
Anda bisa mengurangi makanan dan minuman yang manis seperti minuman bersoda, permen, dan lainnya. Anda bisa melarangnya untuk makan makanan yang tidak sehat meskipun anak-anak biasanya menyukainya. Sebaiknya makanan-makanan pemicu kembung pada perut dapat diminimalisir.

Perut kembung merupakan masalah yang sering dialami oleh anak-anak. Namun yang namanya anak-anak pasti belum bisa tanggap dengan kondisi badannya. Orang tua memiliki peran penting dalam menjaga kondisi anak. Bagi orang tua yang khawatir akan perut anak yang kembung harus paham dengan penanganan-penanganan tersebut.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit