Kelebihan dan kekurangan Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) untuk Menghilangkan Bulu

Bahkan perawatan IPL diklaim mampu membuat kulit menjadi lebih mulus dan menyamarkan bercak kemerahan di permukaan kulit. Kekurangan dari Intense Pulsed Light (IPL) adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan ini cukup mahal.
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Kelebihan dan kekurangan Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) untuk Menghilangkan Bulu

Standar kecantikan pada setiap wanita memang berbeda. Sebagian besar wanita pasti menginginkan punya kulit yang mulus dan tidak memiliki banyak bulu di tubuhnya. 

Misalnya, bulu di bagian wajah, tangan, ketiak, atau kaki. Hal tersebut mungkin dapat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Saat ini sudah banyak cara untuk menghilangkan bulu tubuh seperti waxing  dan teknik terbaru yaitu Intense Pulsed Light (IPL). Banyak salon-salon perawatan kecantikan yang mempunyai perawatan menghilangkan bulu dengan teknik IPL. 

Tetapi apakah teknik ini aman digunakan? Dan apakah perawatan IPL mempunyai efek samping yang ditimbulkan? Ketahui jawabannya pada uraian di bawah ini.

Apa itu perawatan intense pulsed light (IPL) ?

Intense Pulsed Light (IPL) adalah teknik menghilangkan rambut halus pada tubuh dengan menggunakan cahaya lampu xenon dalam intensitas yang tinggi untuk meremajakan jaringan kulit. 

Besar gelombang yang digunakan selama perawatan akan disesuaikan dengan kondisi kulit dan area kulit yang akan diobati.

Cara kerja Intense Pulsed Light (IPL) yaitu dengan mengangkat pigmen yang berada pada folikel rambut dan menyebabkan akar rambut menjadi rusak. Sehingga pertumbuhan rambut akan terhenti. 

Perawatan ini akan efektif pada rambut yang berwarna tebal dan gelap.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

American Society for Dermatologic Surgery menyebutkan perawatan IPL dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti bekas luka, kerutan, bintik merah dan bintik hitam. 

Perawatan IPL ini sudah dinyatakan aman dilakukan oleh Food and Drugs Administration, tapi harus tetap dalam pengawasan dokter kulit.

Kelebihan dan kekurangan perawatan intense pulsed light (IPL) 

Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) akan membuat rambut pada tubuh semakin tipis, sehingga bulu-bulu tersebut dapat hilang secara permanen. 

Bahkan perawatan IPL diklaim mampu membuat kulit menjadi lebih mulus dan menyamarkan bercak kemerahan di permukaan kulit. 

Kekurangan dari Intense Pulsed Light (IPL) adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan ini cukup mahal. Saat ini salon kecantikan di Indonesia sudah banyak yang menawarkan perawatan ini. 

Setidaknya Anda membutuhkan 6 sampai 9 kali perawatan agar tubuh Anda bebas bulu. Maksimal perawatan IPL harus dilakukan dalam selang waktu 4 minggu. Biaya yang dipatok dapat tergantung pada area tubuh yang akan dibersihkan. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Rambut via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan rambut hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b07 perawatan rambut

Biasanya kisaran harga perawatan Intense Pulsed Light (IPL) berkisar Rp100.000 - Rp1.200.000 untuk sekali perawatan pada satu area tubuh.

Selain itu, perawatan Intense Pulsed Light (IPL) mungkin tidak bekerja secara efektif pada wanita yang mempunyai kulit berwarna sedang hingga gelap karena rona kulit dapat membuat laser IPL susah fokus pada bulu. 

Hal ini juga dapat terjadi pada orang yang memiliki bulu rambut yang tipis.

Sebelum melakukan perawatan IPL, sebaiknya Anda memastikan bulunya sudah panjang agar dapat dideteksi dan area yang akan dihilangkan bulunya didinginkan terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan efek seperti kulit terbakar.

Efek samping perawatan intense pulsed light (IPL) 

Walaupun perawatan IPL sudah dinyatakan aman, tetapi teknik ini juga mempunyai efek samping. Berikut gejala yang dapat ditimbulkan setelah melakukan perawatan IPL:

  • Rasa sakit ketika melakukan perawatan
  • Bengkak
  • Warna kulit tidak merata
  • Pendarahan
  • Luka
  • Infeksi

Efek samping yang terjadi dapat berbeda pada setiap orang, karena gelombang cahaya yang digunakan selama perawatan sudah disesuaikan, sehingga perawatan IPL cukup aman dilakukan. 

Namun jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. 

Selain itu, pastikan Anda melakukan perawatan IPL pada klinik atau salon kecantikan yang terpercaya.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Best At-Home Laser Hair Removal Devices: Pros and Cons. Healthline. (https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/home-laser-hair-removal)
Low-Energy Intense Pulsed Light for Hair Removal at Home. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921762/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Creambath, Hair Spa, atau Hair Mask: Pilih yang Mana?
Creambath, Hair Spa, atau Hair Mask: Pilih yang Mana?

Mengetahui manfaat perawatan rambut penting agar Anda bisa memilih jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Yuk simak perbedaan dan manfaat dari creambath, hair spa, dan hair mask di bawah ini.

Buka di app