Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Olahraga dan Kebugaran

Persiapan Sebelum Lari Marathon yang Penting Dilakukan

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 918.242 orang

Lari marathon merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sedang banyak diminati. Lari marathon biasanya diselenggarakan dalam berbagai acara sosial dan kampanye kebugaran. 

Dibandingkan dengan lari biasa, lari marathon memiliki jarak tempuh yang jauh dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga perlu persiapan fisik dan psikis sebelum mengikutinya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Manfaat lari marathon

Baik lari biasa maupun lari marathon terbukti efektif menurunkan berat badan. Lari dalam jarak 1,5 kilometer dapat membakar 100 kalori. Tentunya semakin jauh Anda berlari, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Selain dapat menurunkan berat badan dengan cepat, lari marathon juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti menyehatkan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menambah pengalaman menjelajah tempat-tempat baru. 

Selain itu, lari marathon juga memperbaiki mood menjadi lebih baik. Saat berlari tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menimbulkan efek bahagia. Mengikuti lari marathon juga dapat meningkatkan hubungan sosial, karena akan bertemu dengan banyak orang.

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum lari marathon

Jarak tempuh lari marathon biasanya lebih jauh, sehingga membutuhkan persiapan khusus. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti lari marathon, antara lain:

Konsultasikan ke dokter

Sebelum melakukan lari marathon ada baiknya melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Hal ini berguna untuk memastikan tubuh kuat menghadapi tantangan saat lari marathon. 

Pemeriksaan kesehatan sebelum lari marathon penting dilakukan bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung dan darah tinggi. Anda yang jarang melakukan olahraga juga perlu memeriksa kesehatan untuk mempersiapkan tubuh melakukan lari marathon.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Rutin latihan

Lari marathon menempuh jarak yang cukup jauh, sehingga perlu ketahanan fisik yang kuat. Melakukan latihan rutin sebelum lari marathon diperlukan agar kondisi fisik kuat dan siap untuk menjalaninya. Anda bisa mengikuti latihan dengan instruktur maraton untuk mengetahui latihan yang tepat. 

Bergabung dengan komunitas lari marathon juga dapat dilakukan untuk mengikuti latihan rutin secara bersama-sama. Melakukan latihan rutin dengan komunitas tentunya semakin menyenangkan dan dapat meningkatkan hubungan sosial.

Perlengkapan olahraga tepat

Saat mengikuti lari marathon, gunakanlah pakaian dan sepatu khusus lari, sehingga dapat menghindari terjadinya cedera. Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu olahraga baru saat mengikuti lari marathon. Menggunakan sepatu lama yang biasanya digunakan untuk lari justru lebih baik. 

Hal ini karena kaki Anda sudah terbiasa menggunakan sepatu tersebut, sehingga menghindari cedera. Sebaiknya pilihlah sepatu lari yang nyaman digunakan dan ukurannya pas dengan kaki.

Konsumsi makanan sehat

Untuk meningkatkan ketahanan fisik, melakukan latihan rutin saja tidak cukup. Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Anda justru dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat, karena bermanfaat untuk menyimpan energi dalam tubuh. 

Selain itu, perlu juga mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan protein. Pastikan memenuhi jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari dan jangan lupa mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk mengembalikan performa tubuh menjadi lebih kuat. Bahkan setelah melakukan latihan rutin, Anda disarankan tidur selama 9 jam. 

Usahakan selalu mendapatkan tidur malam yang cukup dan berkualitas. Tidur yang cukup bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun dan memperbaiki otot, serta mempertajam konsentrasi.

Berbeda dengan lari biasa, lari marathon memiliki jarak tempuh yang lebih jauh. Hal inilah yang menyebabkan perlunya latihan khusus untuk mempersiapkan kondisi fisik dan psikis sebelum melakukan lari marathon. Selain latihan rutin, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan olahraga yang nyaman digunakan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit