Perhatikan, Ini 5 Tanda Haid Akan Muncul Dalam Waktu Dekat

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 3, 2019 Waktu baca: 3 menit
Perhatikan, Ini 5 Tanda Haid Akan Muncul Dalam Waktu Dekat

Sebelum haid tiba, biasanya wanita akan mengalami premenstrual syndrome atau sering disingkat dengan PMS. Gejala PMS dapat ditunjukkan dalam beragam bentuk, seperti perubahan mood atau gejala fisik lainnya yang cukup membuat tidak nyaman. Biasanya, gejala PMS tersebut menjadi pertanda sebentar lagi Anda akan haid. Agar Anda lebih siap menghadapi haid, pahami dulu tanda haid akan segera datang berikut ini!

Tanda haid akan segera datang

Setiap wanita yang sudah baligh atau mencapai usia remaja, pasti akan mengalami menstruasi. Menstruasi merupakan luruhnya dinding rahim akibat sel telur yang tidak dibuahi oleh sel sperma

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Ketika menstruasi terjadi, maka darah pada dinding rahim akan luruh dan keluar melalui vagina. Maka, wanita yang haid sangat dianjurkan untuk memakai pembalut untuk menahan darah yang keluar.

Menstruasi bisa datang secara tiba-tiba dan bahkan terkadang membuat Anda tidak sadar sampai 'tembus'. Supaya itu tidak terjadi, ada beberapa tanda haid akan segera datang yang bisa Anda kenali, antara lain:

1. Payudara terasa nyeri

Salah satu pertanda bahwa menstruasi akan datang dalam waktu dekat adalah payudara terasa nyeri. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron sebelum haid tiba. 

Kebanyakan wanita mengalami pembesaran payudara saat haid. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh hormon progesteron, sehingga tidak hanya menyebabkan payudara membesar tapi juga menimbulkan rasa nyeri.

Sedangkan peningkatan hormon progesteron menyebabkan kelenjar susu menjadi membengkak. Kombinasi kedua hal tersebutlah yang membuat payudara terasa sakit menjelang haid.

2. Muncul jerawat pada wajah

Munculnya jerawat di wajah juga menjadi tanda haid Anda akan datang sebentar lain. Tentunya, jerawat ini sangat mengganggu penampilan wanita dan kadang juga terasa perih.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Lagi-lagi, hal ini dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjelang menstruasi tiba. Disamping itu, jerawat juga bisa muncul karena kurangnya wanita dalam menjaga kebersihan tangan atau mengonsumsi makanan berlemak seperti kacang-kacangan.

Makanan berlemak atau berminyak dapat merangsang produksi sebum atau minyak menjadi berlebihan. Akibatnya, sebum atau kotoran semakin menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Baca Juga: Alasan Timbul Jerawat Saat Haid dan Cara Mengatasinya

3. Kram perut

Gejala PMS yang paling khas adalah kram perut yang dialami wanita 1-2 hari menjelang haid tiba. Namun, tenang saja, biasanya kram tersebut akan segera hilang ketika darah haid sudah keluar. 

Kram perut saat haid terjadi karena meningkatnya aktivitas hormon prostaglandin dalam tubuh. Di samping itu, proses luruhnya dinding rahim saat haid juga mengakibatkan kram perut.

Perlu dicatat bahwa kram perut ini bukanlah hal tanda ketidaksuburan. Kondisi ini merupakan hal yang wajar dan normal terjadi menjelang haid tiba.

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Baca Selengkapnya: 10 Penyebab Nyeri Haid yang Tak Boleh Dianggap Remeh

4. Perubahan mood yang tidak stabil

Pernahkah Anda mendengar bahwa wanita yang PMS pasti suka marah-marah? Rupanya, hal tersebut memang lumrah terjadi. Mengapa? 

Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dalam tubuh sehingga wanita mengalami mood swing atau perubahan mood yang tidak stabil. Suasana hati yang tidak stabil dapat terus terjadi sampai haid berakhir. Namun, mood swing akan kembali naik ketika siklus haid mulai lagi.

Nah, untuk mengatasinya, usahakan untuk mengalihkan energi atau aktivitas Anda yang bisa membuat perasaan nyaman dan bahagia.

5. Sulit tidur

Pernahkah Anda merasa tubuh sudah sangat lelah dan ingin terlelap, tapi mata juga tidak kunjung terpejam. Anda bahkan sudah mengatur posisi tidur yang nyaman tapi tetap saja susah tidur. Nah, jika Anda mengalaminya, bisa jadi ini merupakan tanda haid Anda akan tiba sebentar lagi.

Menjelang haid, produksi hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Hal ini bertujuan untuk membentuk lapisan rahim yang tebal.

Namun pada saat yang bersamaan, pembentukan lapisan rahim tersebut juga membuat tubuh jadi tidak nyaman. Terkadang, hal itu juga yang membuat Anda susah tidur.

Nah, itulah 5 pertanda bahwa tamu bulanan wanita akan segera tiba. Apabila Anda sudah merasakannya, ada baiknya untuk mempersiapkan membawa pembalut atau pakaian ganti, ya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Tanda Haid dan Tanda Hamil yang Mudah Terlihat

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yonkers KA, et al. (2008). Premenstrual syndrome. DOI: (https://dx.doi.org/10.1016%2FS0140-6736(08)60527-9)
Why you get diarrhea, constipation (or both) during your period. (2018). (https://health.clevelandclinic.org/why-you-get-diarrhea-constipation-or-both-during-your-period/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app