Ini Bedanya Manfaat Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa

Dipublish tanggal: Jun 26, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ini Bedanya Manfaat Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa

Akhir pekan memang menjadi waktu yang tepat untuk melakukan perawatan rambut. Apalagi kalau seminggu belakangan Anda merasa rambut jadi kering dan gampang rontok, maka treatment creambath bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain creambath, Anda mungkin justru dianjurkan untuk melakukan hair mask atau hair spa. Ketiga jenis perawatan rambut ini memang kelihatannya mirip-mirip, namun ternyata manfaatnya berbeda, lho! 

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Jangan asal pilih perawatan rambut!

Baik creambath, hair mask, maupun hair spa sama-sama baik untuk menjaga kesehatan rambut. Ketiganya dapat membuat rambut tumbuh lebat dan berkilau sehingga nantinya Anda akan bisa tampil lebih percaya diri di depan banyak orang.

Namun, penting dicatat bahwa ketiganya punya fungsi yang berbeda-beda. Bukannya memperbaiki kondisi rambut, salah pilih perawatan rambut justru bisa bikin rambut rusak dan gampang rontok.

Manfaat creambath

Bila dibandingkan dengan hair mask dan hair spa, creambath dinilai paling populer di masyarakat. Creambath adalah jenis perawatan rambut yang berfungsi untuk menjaga elastisitas rambut, melebatkan, hingga mencegah kerusakan rambut.

Bahan yang digunakan untuk krim creambath umumnya terbuat dari bahan-bahan tradisional, misalnya aneka buah, sayuran, hingga cokelat. Setiap bahan alami yang digunakan mempunyai manfaatnya tersendiri, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan rambut Anda.

Setelah mengoleskan krim secara merata ke rambut, biasanya terapis juga akan memijat kepala Anda supaya nutrisinya makin terserap sempurna. Bagi Anda yang sering sakit kepala atau migrain, pijatan-pijatan lembut ini dapat membantu melancarkan sirkulasi di kepala dan daerah sekitarnya. Alhasil, tekanan di kepala, leher, dan pundak akan berkurang dan tubuh jadi lebih rileks.

Selesai dipijat, rambut Anda akan ditutup dengan handuk hangat atau diuapi dengan mesin supaya pori-pori kulit kepala semakin terbuka. Dengan demikian, nutrisi dan khasiat dari krim bisa terserap secara sempurna.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Siapa yang cocok melakukan creambath?

Perawatan creambath sangat cocok bagi Anda yang kondisi rambutnya tidak terlalu bermasalah seperti rontok ringan, tipis, atau bercabang. Pasalnya, jenis perawatan rambut ini hanya ditujukan untuk memperbaiki kerusakan pada lapisan kutikula saja.

Bagi Anda yang mengalami rambut rontok parah, pernah meluruskan rambut (rebonding), atau mewarnai rambut, sebaiknya beralihlah ke perawatan rambut lain.

Baca Selengkapnya: Cara Melebatkan Rambut Menggunakan Bahan Alami

Manfaat hair mask

Melansir dari Huffington Post, manfaat hair mask dapat memperbaiki kerusakan rambut, membuat rambut bercahaya, dan memelihara kutikula rambut. Bila dilakukan secara rutin, rambut akan terasa menebal, kuat, dan tak mudah rapuh.

Berbeda dengan creambath dan hair spa, Anda tidak akan mendapatkan pijatan sama sekali pada bagian kepala. Hal ini bertujuan untuk mencegah supaya rambut Anda tidak semakin rontok atau rusak.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Namun, Anda juga bisa tetap meminta terapis untuk melakukan pijatan-pijatan lembut di bagian tubuh lainnya seperti bahu, leher, punggung, hingga tangan.

Siapa yang cocok melakukan hair mask?

Bagi Anda yang rambutnya sering rontok, pernah mewarnai rambut, rebonding, atau pengeritingan rambut, maka perawatan hair mask cocok untuk Anda. Pasalnya, masker yang digunakan dapat menembus lapisan korteks sehingga mampu mengatasi rambut kering atau kerusakan rambut yang lebih parah.

Hair mask akan memastikan setiap helai rambut Anda mendapatkan nutrisi secara maksimal, sehingga efek bahan kimia sebelumnya dapat diminimalisir. Namun jika kerusakan rambut Anda tergolong parah, hair mask hanya mampu mencegah kerusakan lebih lanjut, tapi tidak untuk menyembuhkannya.

Manfaat hair spa

Hair spa adalah perawatan rambut yang memadukan creambath dengan balutan aromaterapi yang menenangkan. Berbagai manfaat hair spa adalah mampu melembapkan, menguatkan folikel rambut, hingga membuat rambut tampak berkilau dan sehat. Rambut pun bisa bebas 'bernapas' sehingga nantinya pertumbuhannya lebih maksimal.

Proses hair spa tidak jauh berbeda dengan body spa, bedanya hanya terletak pada bagian tubuh mana yang diberikan treatment. Krim yang digunakan juga lebih kaya vitamin dan mengandung minyak esensial. Maka tidak heran jika setelah melakukan hair spa, rambut jadi lebih harum, mengembang, dan berkilau dari sebelumnya.

Siapa yang cocok melakukan hair spa?

Perawatan hair spa sangat diperlukan bagi Anda yang sering melakukan rebonding atau smoothing, sehingga rambut jadi kering, kusam, kaku, hingga gampang rusak. Krim yang digunakan untuk hair spa mengandung kaya nutrisi sehingga ampuh memperbaiki kerusakan pada rambut.

Jadi, perawatan rambut mana yang akan Anda pilih akhir pekan ini?

Baca Selengkapnya: Cara Merawat Rambut Keriting Alami

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yaghoobi R, et al. (2013). Evidence for clinical use of honey in wound healing as an anti-bacterial, anti-inflammatory anti-oxidant and anti-viral agent: A review. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3941901/)
Johns Hopkins Medicine. (2016). Safe hair care spares hair, Johns Hopkins dermatologists report [Press release]. (https://www.hopkinsmedicine.org/news/media/releases/safe_hair_care_spares_hair_johns_hopkins_dermatologists_report)
Hossain MS, et al. (2011). Antidiarrheal, antioxidant and antimicrobial activities of the Musa sapientum seed. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3558179/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app