Kesehatan Mulut dan Gigi

Ketahui Tips Bagaimana Perawatan Setelah Lepas Behel

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Mei 18, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Tips Bagaimana Perawatan Setelah Lepas Behel

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Meskipun sudah lepas behel, Anda tetap perlu melakukan perawatan agar gigi tetap rapi dan tidak kembali berantakan.
  • Retainer gigi ini sangat diperlukan karena tulang rahang Anda butuh beradaptasi dengan posisi gigi yang baru sekaligus menjaga agar gigi tetap rapi.
  • Hindari hal-hal yang bisa membuat gigi ngilu akibat gigi sensitif, seperti makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin selama beberapa hari.
  • Hal utama yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan gigi behel adalah kebersihan gigi dan mulut. Jangan lupa untuk menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari, pagi dan malam hari. 
  • Jika ingin memutihkan gigi, proses ini hanya dapat dilakukan sekitar 1-2 bulan setelah behel Anda dilepas. 

Perasaan lega tentu saja Anda rasakan ketika tiba waktunya lepas behel. Pasalnya, Anda bisa bebas menyantap makanan apa saja tanpa khawatir akan tersangkut di sela-sela kawat gigi. Namun, ini bukan berarti Anda lantas keterusan bebas melakukan apa saja yang malah bisa merusak gigi. Perawatan gigi behel perlu dilakukan agar gigi Anda tidak kembali berantakan. Oleh karena itu, ikuti panduan perawatan setelah lepas behel berikut ini.

Tips merawat gigi setelah behel dilepas 

Setelah kawat gigi Anda dilepas, dokter akan membersihkan sisa-sisa lem kawat, plak, serta noda yang masih melekat pada permukaan gigi Anda. Kemudian Anda bisa tersenyum secerah matahari tanpa rasa malu terhalang kawat gigi lagi.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Baca Juga: Pasang Behel Bisa untuk Semua Usia dan Fakta Penting Lainnya

Meskipun sudah lepas behel, Anda tetap perlu melakukan perawatan agar gigi tetap rapi dan tidak kembali berantakan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat gigi setelah lepas behel, yakni:

1. Pakai retainer 

Setelah melepas kawat gigi, dokter akan menyarankan Anda untuk memakai retainer gigi. Retainer gigi ini sangat diperlukan karena tulang rahang Anda butuh beradaptasi dengan posisi gigi yang baru sekaligus menjaga agar gigi tetap rapi.

Ada dua jenis retainer yang bisa Anda pakai untuk mempertahankan struktur gigi, yaitu retainer permanen dan retainer lepas pasang. 

Retainer permanen merupakan seutas kawat tipis yang dipasang di bagian belakang gigi depan, bisa di bagian bawah maupun di bagian atas, sama seperti saat memasang kawat gigi. Retainer tipe permanen akan memberikan hasil yang maksimal karena kawat retainer ini menetap dalam menahan gigi yang baru. 

Sedangkan retainer lepas pasang adalah retainer yang memiliki bentuk hampir sama dengan tipe permanen, tapi ada sepasang kaitan yang berguna untuk menahan posisi kawat retainer pada ujungnya. Jenis retainer ini juga bisa lepas-pasang dan mudah dibersihkan setiap harinya.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Namun, Anda harus ingat untuk kembali memasangnya setelah dibersihkan. Selama enam bulan, Anda harus tetap menggunakan retainer tanpa dilepas sekalipun. 

Untuk mengetahui retainer yang tepat bagi kondisi gigi Anda, sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter gigi Anda. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin selama Anda memakai retainer untuk memastikan apakah kondisi retainer masih baik atau butuh penyesuaian ulang. 

Baca Selengkapnya: Cara Tepat Membersihkan Retainer Gigi Agar Awet dan Tahan Lama

2. Perhatikan makan dan minuman 

Gigi Anda mungkin akan terasa lebih sensitif setelah behel Anda terlepas. Karena itulah, baiknya hindari hal-hal yang bisa membuat gigi ngilu akibat gigi sensitif seperti makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin selama beberapa hari.

Dalam perawatan gigi behel yang sudah dilepas, Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang teksturnya keras atau kenyal, seperti es batu, permen karet, atau jagung rebus yang masih utuh. 

Setelah lepas behel, gigi Anda masih beradapatasi dengan posisinya yang baru. Makan bertesktur keras seperti apel, wortel, dan roti bagel juga sebaiknya Anda hindari. Kalaupun Anda menginginkan makanan tersebut, potong kecil-kecil agar dapat dikunyah dengan mudah. 

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

3. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Hal utama yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan gigi behel adalah kebersihan gigi dan mulut. Pastikan untuk selalu menjaga mulut dan gigi tetap bersih dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, termasuk setelah lepas behel.

Apabila Anda menggunakan retainer permanen, bersihkan gigi Anda dengan cara yang sama ketika menggunakan behel. Anda bisa menyikat gigi menggunakan sikat gigi khusus, dengan melakukan gerakan mirip gergaji ke segala arah. 

Namun, apabila Anda memakai retainer lepas pasang, cara menyikat gigi akan sama seperti biasanya. Jangan lupa untuk membersihkan retainer Anda sehari sekali atau seminggu sekali dengan merendamnya dalam cairan pembersih gigi palsu atau campuran air hangat dan cuka. 

Perlukah memutihkan gigi setelah lepas behel? 

Pemakaian kawat gigi memang akan mengakibatkan gigi berubah warna mejadi belang-belang atau bahkan kekuningan. Perubahan warna ini mungkin membuat Anda tidak nyaman.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa melakukan pemutihan di dokter gigi untuk menghilangkan noda-noda pada permukaan gigi. 

Ada banyak cara memutihkan gigi yang dapat disarankan oleh dokter gigi Anda, seperti penggunanan pasta gigi pemutih, obat kumur, strip, trays, dan berbagai alat pemutih gigi secara mandiri lainnya. Akan tetapi, proses pemutihan gigi hanya dapat dilakukan sekitar 1-2 bulan setelah behel Anda dilepas. 

Pemutihan gigi juga harus dilakukan berkali-kali. Jadi, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan setelah lepas behel supaya gigi Anda tetap sehat dan rapi. Lakukan periksa gigi secara rutin agar penampilan gigi Anda tetap terjaga.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Types of Retainers - Orthodontic Associates (https://orthodonticassoc.com/braces/types-of-retainers/)
Dental Braces Treatment Details - Removal & Recovery (http://www.yourdentistryguide.com/braces-procedure/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app