Daftar Anjuran dan Pantangan Makanan Setelah Pasang Behel

Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 5 menit
Daftar Anjuran dan Pantangan Makanan Setelah Pasang Behel

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Makanan untuk pengguna behel tidak boleh sembarangan supaya tidak menggeser posisi kawat gigi.
  • Salah pilih makanan saat pakai behel juga dapat memicu rasa nyeri pada gigi.
  • Anda boleh makan buah, tapi pilih yang teksturnya lebih lembut dan mudah digigit, seperti pisang, jeruk, beri-berian, atau semangka.
  • Olah sayuran menjadi sup atau dikukus terlebih dahulu agar mudah dikunyah dan Anda tetap mendapatkan nutrisinya.
  • Sensasi dingin dari es krim dapat membantu meredakan nyeri pada gigi saat pakai behel, tapi jangan lupa segera sikat gigi setelahnya.
  • Hindari makanan yang teksturnya keras atau lengket, seperti permen, popcorn, atau kacang-kacangan.

Hidup dengan kawat gigi awalnya memang penuh rintangan. Selain karena belum terbiasa dengan adanya kawat gigi, gigi bisa jadi lebih sensitif dan bahkan sampai terasa nyeri saat makan atau minum. Maka tak heran, beberapa orang jadi susah makan saat awal-awal pasang behel.

Semenjak pakai behel, Anda mungkin cenderung pilih-pilih makan supaya posisi kawat gigi tetap pada tempatnya. Bingung menentukan apa saja jenis makanan untuk pengguna behel yang aman tanpa bikin nyeri di gigi? Simak panduan lengkapnya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Makanan untuk pengguna behel yang aman dikonsumsi

Setelah pasang kawat gigi alias behel, Anda mungkin berpikir bahwa Anda harus selalu makan makanan yang lunak dan gampang dicerna (puree). Hal ini tentu saja dilakukan untuk menjaga lengkung kawat gigi tetap lurus supaya hasilnya maksimal.

Memang, pemilihan makanan sangat penting dilakukan selama memakai kawat gigi. Pasalnya, salah pilih makan tidak hanya sekadar menggeser kawat gigi, tapi juga bisa mengikis gigi. Alih-alih membuat gigi tampak rapi dan teratur, makan sembarang makanan malah bisa membuat gigi Anda makin berantakan.

Namun, ini juga bukan berarti Anda harus selalu makan bubur atau sup selama pasang behel. Anda juga bisa, kok, mengonsumsi makanan lainnya yang lebih berasa dan nikmat tentunya.

Agar tidak bosan makan yang itu-itu saja, berikut daftar makanan untuk pengguna behel yang bisa Anda pilih, yakni:

1. Buah-buahan

Makan buah setiap hari memang dianjurkan, tapi hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang memakai behel. Buah keras, misalnya apel, bisa sangat sulit digigit karena terganjal oleh bracket dan kawat gigi.

Entah pakai behel atau tidak, sebaiknya usahakan tetap konsumsi buah-buahan setiap hari. Pilihlah buah-buahan yang teksturnya lebih lembut dan mudah digigit seperti pisang, jeruk, beri-berian, semangka, dan sebagainya.

Iklan dari HonestDocs
Orthodenti ( Kawat Gigi) di Tooth's Kingdom Dental Care

Orthodenti (kawat gigi) merupakan prosedur untuk merapikan gigi

Istock 503875046 %281%29

Anda sebenarnya juga bisa, kok, tetap makan apel. Namun agar lebih mudah, potonglah kecil-kecil terlebih dahulu. Potongan buah dapat dikunyah dengan gigi belakang sehingga aman bagi kawat gigi Anda.

2. Sayuran matang

Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Namun sama seperti sebelumnya, makan sayur bisa jadi sulit dan tidak nyaman karena pakai behel.

Sayuran keras dan mentah seperti wortel, kembang kol, dan brokoli cenderung sulit digigit, bahkan bisa membuat braket behel terlepas dari gigi. Sebagai solusinya, sebaiknya kukus terlebih dahulu atau olah sayuran menjadi semangkuk sup supaya teksturnya lebih lunak dan empuk. Jadi, Anda bisa tetap makan sayur dan tidak terhalang dengan behel di gigi.

3. Roti gandum

Roti gandum termasuk salah satu makanan untuk pengguna behel yang aman untuk dipilih. Selain mudah dicerna, roti gandum juga mengandung kaya serat, zat besi, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: Tips Memilih Roti yang Menyehatkan

4. Produk susu

Supaya gigi makin kuat dan sehat, konsumsi produk susu seperti yogurt dan keju tak boleh terlewatkan. Tenang, makanan yang satu ini aman dikonsumsi oleh Anda yang sedang pakai behel.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Pemasangan Behel via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket pemasangan behel hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d06 pemasangan behel

Dibanding jenis makanan lainnya, produk susu cenderung lebih lunak dan membutuhkan sedikit kunyahan. Pilihlah produk susu yang rendah lemak, baik itu susu, keju, ataupun yogurt.

Saat makan keju, Anda mungkin pernah menemukan sisa-sisa keju tersangkut di antara kawat gigi. Untuk mengatasinya, potong keju menjadi kotak-kotak supaya bisa langsung masuk ke mulut dan dicerna oleh gigi belakang.

5. Daging

Siapa bilang kalau orang yang pakai behel tidak boleh makan daging? Ingat, daging merupakan makanan sumber protein dan zat besi sehingga perlu dikonsumsi supaya tubuh tetap sehat.

Tekstur daging yang sedikit keras memang menjadi tantangan bagi para pemakai behel. Belum lagi jika sisa daging tersangkut di sela-sela kawat atau gigi. Bahkan kalau dipaksakan, makan daging rentan membuat braket behel terlepas.

Anda boleh saja makan daging selama pakai behel, namun sebaiknya hindari makan daging yang masih menempel pada tulang seperti bagian sayap, paha, atau iga karena rentan membuat kawat gigi copot. Pilihlah daging tanpa lemak yang lebih lembut, lalu potong kecil-kecil supaya lebih mudah dicerna.

6. Es krim

Gigi terasa nyeri setelah pakai kawat gigi? Tenang, es krim bisa menjadi makanan untuk pengguna behel yang tepat, aman, bahkan lezat.

Sensasi dinginnya es krim dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan akibat pemasangan behel. Namun ingat, jangan lupa segera sikat gigi setelah makan es krim supaya gigi Anda tetap sehat.

Baca Juga: Apakah Anda Tahu Cara Sikat Gigi yang Benar?

7. Kentang tumbuk (mashed potato)

Selain makan sup dan bubur, kentang tumbuk juga memiliki tekstur lunak sehingga aman dikonsumsi oleh Anda yang pakai behel. Kentang termasuk sumber karbohidrat yang dapat membuat tubuh Anda lebih berenergi.

Supaya lebih lezat dan bergizi, tambahkan sedikit keju ke dalam mashed potato buatan Anda. Jadi, Anda tetap bisa makan enak dan tak perlu takut sakit gigi karena pakai behel.

8. Telur dadar

Bosan makan sup atau bubur berkali-kali tapi tidak ingin badan lemas? Cobalah buat telur dadar sebagai menu sarapan Anda hari ini.

Ya, telur dadar termasuk pilihan makanan yang aman bagi behel Anda. Teksturnya yang lunak dan mudah dicerna dapat membantu mengatasi hilangnya nafsu makan akibat pakai behel. Tak kalah penting, tubuh tetap mendapatkan asupan protein dan nutrisi penting dari telur.

Pantangan makanan saat pasang behel

Setelah mengetahui makanan apa saja yang aman dikonsumsi setelah pasang behel, ternyata ada sejumlah makanan lainnya yang harus dihindari. Tentu saja, hal ini bertujuan untuk menjaga posisi behel tetap pada tempatnya dan tidak merusak usaha Anda merapikan gigi dengan behel.

Berikut ini beberapa makanan untuk pengguna behel yang baiknya dihindari dulu, antara lain:

1. Permen

Selagi Anda masih pakai behel, sebaiknya hindari makan permen. Tekstur permen yang cenderung keras berisiko dapat melonggarkan bracket behel, sehingga nantinya tak lagi mampu menggeser gigi.

Terlebih lagi, sisa-sisa permen yang lengket akan sangat mudah menempel pada kawat gigi. Hati-hati, hal ini bisa mengikis lapisan gigi dan memicu gigi berlubang.

2. Popcorn atau keripik

Popcorn atau keripik memang menjadi camilan yang cocok dikonsumsi saat menonton TV atau bersantai. Tapi bagi Anda yang baru saja pasang behel, sebaiknya hindari jenis makanan ini dulu.

Popcorn atau keripik memiliki tekstur yang cukup keras dan tajam, sehingga berisiko tersangkut di sela-sela kawat gigi. 

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian cenderung berkuran kecil dan teksturnya keras. Hal itulah yang membuat kacang-kacangan tidak termasuk makanan untuk pengguna behel, bahkan baiknya dihindari selama masih pakai kawat gigi.

Menggigit kacang atau biji yang keras dapat dengan mudah mematahkan braket dari gigi. Keduanya juga dapat membengkokkan kawat gigi, sehingga usaha Anda merapikan gigi bisa jadi sia-sia.

Baca Selengkapnya: 10 Tips untuk Membersihkan Kawat Gigi yang Efektif

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Safe Eating With Braces: Foods to Eat and Foods to Avoid (https://orthodonticsaustralia.org.au/safe-foods-braces/)
Living with my brace - Oral Health Foundation (https://www.dentalhealth.org/living-with-my-brace)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app