Peran Vitamin C Bagi Kesehatan Kulit

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 24, 2019 Waktu baca: 2 menit
Peran Vitamin C Bagi Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat dan cerah merupakan keinginan bagi setiap orang, terutama kaum wanita. Tak heran, berbagai produk kecantikan dijual dan digunakan oleh wanita demi mewujudkan keinginannya tersebut.

Tahukah Anda, salah satu bahan produk kecantikan kulit wanita yaitu vitamin C? Dengan kata lain, pada vitamin C tersebut terkandung manfaat yang bagi kesehatan kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menariknya, tak hanya vitamin C dalam kemasan produk kimiawi, melainkan juga vitamin C alami yang terkandung dalam makanan ataupun buah. Nah, sebenarnya apa saja sih peran vitamin C ini bagi kulit? Yuk kita simak ulasannya berikut ini!

Alasan Vitamin C Penting bagi Kulit

Nah, sebelum mengulas berbagai peran vitamin terhadap kulit, ketahui dulu bagaimana bisa kulit membutuhkan formula vitamin C. Ya, tahukah Anda, rupanya vitamin C ini penting dalam pembentukan kolagen

Kolagen merupakan unsur pembentuk kulit yang sehat sehingga tetap awet muda. Dalam kulit normal, umumnya vitamin C ini banyak ditemukan pada lapisan dermis dan juga epidermis. 

Namun, karena proses penuaan yang berlangsung waktu demi waktu, kandungan vitamin C pada lapisan tersebut menurun. Inilah yang menjadikan alasan wanita maupun pria membutuhkan produk perawatan anti aging dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

Dari ulasan tersebut, dapat diketahui bahwa vitamin C berguna untuk memperlambat proses penuaan pada kulit. Di samping itu, vitamin C ini juga berpengaruh terhadap perlindungan sinar ultraviolet serta polutan yang terpapar pada kulit.

Sumber Vitamin C

Tentu sudah bukan hal yang baru lagi mengenai sumber makanan yang mengandung  vitamin C. Salah satunya sumber vitamin C alami yang dapat Anda temukan yaitu pada makanan atau buah-buahan, misalnya sitrus atau semacam jeruk, strawberry, bayam, dan brokoli.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sedangkan sumber vitamin C dalam bentuk kemasan kimiawi dapat Anda temukan pada suplemen vitamin C. Nah, nantinya vitamin C ini akan dialirkan darah menuju kulit. 

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C maka akan membantu peningkatan kinerja tabir surya pada kulit Anda. Dengan demikian, kulit akan terlindung dari paparan sinar ultraviolet dan kerusakan sel kulit.

Peran Vitamin C terhadap Kesehatan Kulit

Setelah tahu bahwa kulit membutuhkan vitamin C demi kesehatannya, berikut ini adalah uraian mengenai peran vitamin C yang diberikan pada kulit.

Membantu Mencerahkan Kulit

Tak hanya vitamin C dalam bentuk alami, kini kandungan vitamin C juga dapat diperoleh dalam bentuk kemasan kimiawi seperti suplemen maupun serum. 

Salah satu peran vitamin C bagi kulit adalah membantu dalam mencerahkan warna kulit sehingga terkesan lebih sehat. Bagaimana bisa terjadi? Hal ini dipengaruhi oleh kinerja vitamin C yang membantu dalam produksi glutathione. Nah, senyawa inilah yang nantinya akan membantu proses pencerahan pigmen kulit.

Melindungi dari Sinar UV

Apakah Anda termasuk wanita yang menyukai aktivitas outdoor atau dibawah sinar matahari? Jika iya, hati-hatilah terhadap kesehatan kulit Anda. Sebab, tanpa perlindungan yang tepat, kulit akan terpapar oleh sinar UV dan berpotensi menyebabkan kerusakan. 

Untuk menghindarinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk perawatan dengan kandungan vitamin C. Tahukah Anda, vitamin C ini berguna untuk melindungi kerusakan kulit dari paparan sinar UVA maupun UVB. Perlu ditekankan, sunblock yang digunakan harus terdapat kandungan vitamin C.

Memperlambat Penuaan

Inilah tujuan yang sering dihampiri banyak orang. Pasalnya, tiap wanita ingin terlihat tetap cantik meski usianya sudah tua. Nah, salah satu caranya dengan menerapkan produk anti aging properties yang mengandung vitamin C. 

Disisi lain, vitamin C juga berguna untuk mengencangkan kulit serta menstimulasi produksi kolagen.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Role of Vitamin C in Skin Diseases. Frontiers. (https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphys.2018.00819/full)
What are the benefits of vitamin C serum? Uses and side effects. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325801)
What The Heck Does Vitamin C Serum Do For Your Skin, Anyway?. HuffPost. (https://www.huffpost.com/entry/what-does-vitamin-c-serum-do-for-the-skin_n_5c47279ae4b0bfa693c73ec6)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Inilah Cara Memilih dan Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen) dengan Benar
Inilah Cara Memilih dan Menggunakan Tabir Surya (Sunscreen) dengan Benar

Cara kerja tabir surya ada dua yaitu dengan cara memantulkan sinar UV supaya tidak sampai ke kulit dan dengan cara menyerap sinar UV sebelum sampai pada kulit Anda. Berikut ini beberapa tips untuk memilih tabir surya (sunscreen) :

Tiga Jenis Gangguan pada Indung Telur berdasarkan Gejalanya.
Tiga Jenis Gangguan pada Indung Telur berdasarkan Gejalanya.

Dibawah ini, ada tiga macam gangguan indung telur yang banyak dirasakan oleh wanita :

Buka di app