Penyebab Susah Hamil Setelah Berhenti KB

Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Penyebab Susah Hamil Setelah Berhenti KB

Wanita biasanya menggunakan KB untuk menunda kehamilan. Banyak jenis KB yang dapat Anda lakukan, seperti meminum pil KB, suntik KB, memasang IUD atau implan, ataupun menggunakan cara alami seperti KB kalender. Ada juga wanita yang memilih proses sterilisasi atau proses penutupan tuba falopi.

Jika ingin hamil lagi, Anda dapat berhenti melakukan KB. Namun, banyak wanita yang mengeluh susah hamil setelah berhenti KB. Apakah penggunaan KB menyebabkan ketidaksuburan bagi rahim wanita? Berikut penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Penyebab susah hamil setelah berhenti KB

Anda harus mengetahui manfaat utama dari penggunaan KB yaitu untuk menunda kehamilan, sehingga dapat mengatur jarak kelahiran anak. KB sebenarnya tidak mempengaruhi kesuburan rahim. 

Namun, kondisi tubuh Anda lah yang menyebabkan Anda susah hamil setelah berhenti KB. Tubuh membutuhkan waktu untuk mengembalikan kesuburannya, sehingga siklus menstruasi Anda kembali normal. Proses pengembalian kesuburan dapat dipengaruhi oleh usia, jumlah kelahiran sebelumnya, dan keseimbangan hormon.

Jika Anda menggunakan alat kontrasepsi suntik, Anda perlu waktu yang lama untuk hamil kembali. Setidaknya Anda membutuhkan waktu 1 tahun. Alat kontrasepsi suntik bekerja dengan menekan hormon sehingga tidak terjadi pembuahan. 

Hal inilah yang menyebabkan Anda perlu waktu lama untuk mengembalikan keseimbangan hormon Anda. Bagi pasangan muda yang ingin menunda kehamilan dalam jarak yang dekat, KB ini disarankan untuk tidak digunakan. Lebih baik menggunakan pil KB karena tidak mengganggu siklus menstruasi. Jika Anda berhenti minum pil KB Anda akan mudah hamil lagi.

Jika Anda menggunakan KB jenis IUD, Anda mungkin akan sulit hamil lagi. Penggunaan IUD dapat menyebabkan beberapa masalah seperti keputihan, nyeri pada pinggul, maupun infeksi pada saluran telur. 

Infeksi inilah yang mengakibatkan Anda mengalami kesulitan hamil. Untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran telur, Anda harus melakukan pemeriksaan posisi IUD secara rutin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Tips cepat hamil setelah berhenti KB

Ketika Anda melepas KB, Anda mungkin akan susah hamil lagi. Sisa hormon yang masih tersimpan di lemak bisa menjadi penyebabnya. Tubuh mungkin akan butuh waktu untuk mengembalikan keseimbangan hormon, sehingga Anda dapat dengan mudah hamil lagi. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar cepat hamil setelah melepas KB adalah:

  • Menjaga berat badan
  • Perhatikan keadaan sperma
  • Pilihlah waktu yang tepat
  • Makan makanan yang sehat
  • Menghindari stress
  • Orgasme

Kelebihan maupun kekurangan berat badan dapat mempengaruhi kehamilan. Jagalah tubuh Anda agar tetap memiliki berat badan yang ideal. Anda dapat melakukan pola hidup sehat untuk menjaga berat badan.

Susah hamil juga bisa disebabkan karena kondisi sperma. Pria harus menjaga alat kelamin dari paparan panas secara langsung. Paparan panas dapat menyebabkan sperma mudah rusak.

Lakukanlah hubungan seksual pada masa subur. Anda dapat dengan mudah menghitung masa subur. Masa subur biasanya terjadi 14 hari sebelum menstruasi.

Memakan makanan yang sehat juga dapat membantu kesuburan Anda. Makanan yang mengandung vitamin E dan antioksidan seperti almond dapat menjaga DNA dalam sel telur dan sperma. Selain itu, almond juga dapat meningkatkan produksi sperma.

Stress dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon. Hal ini akan sangat mempengaruhi siklus menstruasi Anda, sehingga akan sulit menentukan masa subur. Lakukanlah hal-hal menyenangkan agar Anda tidak mudah stres. Jika Anda tidak stres, hormon di dalam tubuh juga akan terjaga dan Anda akan cepat hamil lagi.

Orgasme sangat penting dilakukan untuk mempercepat kehamilan. Melakukan orgasme dapat mengakibatkan kontraksi, sehingga sperma akan mudah masuk ke rahim.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Could using an IUD have harmed my fertility?. BabyCentre UK. (https://www.babycentre.co.uk/x554820/could-using-an-iud-have-harmed-my-fertility)
Fertility after Intrauterine Device Removal: A Pilot Study. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4536198/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app