ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Menggigil, tapi Tidak Demam? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnya

Dipublish tanggal: Des 2, 2020 Update terakhir: Des 10, 2020 Waktu baca: 4 menit
Menggigil, tapi Tidak Demam? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnya

Ringkasan

Buka

Tutup

    • Menggigil biasanya terjadi bersamaan dengan demam. Jika tidak, bisa jadi dipengaruhi oleh suhu dingin dari cuaca, AC, atau kolam renang;
    • Bagi sebagian orang, hipotiroid membuat tubuhnya lebih sensitif terhadap dingin dan lebih mudah menggigil, tapi tidak disertai demam;
    • Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan badan menggigil tapi tidak demam adalah hipotiroid, hipoglikemia, dan anemia;
    • Selain karena kondisi fisik, sensasi merinding juga dapat terjadi akibat reaksi emosional, seperti mendengarkan musik yang menyentuh atau menonton film yang menggetarkan hati;
    • Klik untuk mendapatkan obat demam ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD;
    • Lakukan medical check up profil demam untuk mendeteksi penyakit sejak dini. Dapatkan paket medical check up dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman di HDmall sekarang juga.

    Badan menggigil merupakan reaksi alami tubuh yang bisa terjadi karena banyak hal, biasanya karena udara di sekitar terasa dingin atau saat Anda sedang terkena demam. Namun, bagaimana jika ternyata Anda tidak sedang demam tapi badan malah tiba-tiba menggigil? Bisa jadi Anda mengalami salah satu penyebab menggigil tanpa demam berikut ini.

    Berbagai penyebab menggigil tanpa demam

    Menggigil adalah respon alami tubuh yang menandakan bahwa otot-otot tubuh Anda sedang kontraksi dan relaksasi secara bergantian untuk menghasilkan panas. Kondisi ini umum terjadi bersamaan dengan demam, yaitu saat suhu tubuh manusia lebih tinggi dari biasanya, sehingga menyebabkan badan kedinginan. 

    Iklan dari HonestDocs
    Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Imboost force tablet 4

    Namun, Anda juga dapat mengalami kedinginan, tetapi tidak disertai demam terlebih dahulu. Berikut berbagai kemungkinan penyebab menggigil tanpa demam, antara lain:

    1. Suhu dingin

    Sensasi menggigil merupakan hal yang lumrah terjadi saat cuaca di luar sedang hujan atau bersuhu dingin, terkena udara AC, atau saat Anda berada di kolam renang. Wajar pula jika Anda merasakan kedinginan saat memakai baju yang basah atau cenderung lembap. 

    Seiring bertambahnya usia, tubuh secara alami juga semakin sulit mengatur suhu tubuhnya sendiri. Ini merupakan hal yang wajar, bahkan pada orang dewasa atau lansia yang sehat sekali pun. Namun, Anda perlu waspada jika memiliki diabetes atau penyakit jantung sebab itu bisa memperburuk kondisi. 

    Kabar baiknya, sensasi dingin pada tubuh akan berangsur-angsur menghilang begitu Anda memakai jaket, baju hangat, atau selimut. Namun, jika Anda terus-menerus gemetaran saat sedang flu hebat, itu artinya Anda mungkin mengalami hipotermia atau radang dingin (frostbite). Segera periksakan diri ke dokter karena itu merupakan kondisi serius yang membutuhkan penanganan lebih lanjut. 

    Baca juga: Mudah Lapar Saat Cuaca Dingin dan Musim Hujan? Ini Alasannya

    2. Berolahraga saat cuaca dingin

    Tidak sedikit orang yang lebih memilih berolahraga saat cuaca dingin agar tidak terlalu kepanasan. Meski rasanya lebih nyaman, Anda juga perlu hati-hati karena aktivitas ini lebih rentan membuat tubuh Anda menggigil. 

    Iklan dari HonestDocs
    Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Imboost force tablet 4

    Saat berolahraga di cuaca dingin, tubuh Anda yang semula mengeluarkan panas saat berolahraga akan lebih cepat kedinginan. Hal ini bisa diperparah kalau baju Anda basah karena keringat dan tidak cepat diganti dengan baju yang kering dan lebih tebal.

    Selain itu, berolahraga terlalu keras atau intens juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur suhu alaminya. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat kedinginan dan membuat Anda gampang menggigil.

    Untuk menghindari badan kedinginan dan menggigil setelah olahraga, segera ganti baju Anda yang basah dengan baju kering. Gunakan jaket atau baju tebal sampai tubuh Anda terasa hangat.

    Baca selengkapnya: Kenapa Tulang Terasa Ngilu Saat Udara Sedang Dingin?

    3. Hipotiroid

    Hipotiroid adalah kondisi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon untuk mengatur laju metabolisme tubuh. Bagi sebagian orang, hipotiroid membuat tubuhnya lebih sensitif terhadap dingin dan lebih mudah menggigil.

    Jika Anda tidak demam tapi menggigil, Anda diduga mengalami hipotiroid jika mengalami gejala-gejala berikut:

    Iklan dari HonestDocs
    Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

    Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

    Imboost force tablet 4
    • Kelelahan;
    • Berat badan naik tanpa sebab;
    • Wajah bengep atau bengkak (puffy face);
    • Nyeri otot dan sendi;
    • Sembelit (konstipasi);
    • Kulit kering;
    • Rambut menipis:
    • Jarang berkeringat dari biasanya;
    • Siklus haid lebih ‘deras’ atau tidak teratur;
    • Detak jantung melambat;
    • Pembesaran tiroid;
    • Depresi.

    Dokter biasanya akan menganjurkan tes darah untuk memastikan gejala hipotiroid. Jika benar terbukti, dokter akan meresepkan obat-obatan khusus untuk menggantikan hormon yang tidak mampu diproduksi oleh tubuh pasien.

    4. Anemia

    Anemia terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup. Gejala anemia yang paling umum meliputi kelelahan, wajah pucat, dan gampang menggigil meskipun tidak demam.

    Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab anemia, mulai dari asupan makanan yang minim zat besi, faktor usia, penyakit kronis, atau pengaruh pengobatan. Dokter biasanya menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen zat besi dan memperbanyak asupan makanan sumber zat besi seperti bayam, daging merah, tiram, selai kacang, kacang merah dan lentil, hingga buah kering.

    5. Hipoglikemia

    Hipoglikemia merupakan kondisi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah batas normal. Salah satu gejala hipoglikemia adalah sensasi gemetar atau kelemahan otot yang mirip seperti menggigil, tapi tidak disertai demam.

    Selain menggigil tanpa demam, orang yang mengalami hipoglikemia juga kerap mengalami gejala berikut:

    • Sering berkeringat;
    • Gampang marah atau sensitif;
    • Jantung berdegup kencang (palpitasi jantung);
    • Sensasi kesemutan di sekitar mulut;
    • Kebingungan;
    • Kejang;
    • Pandangan kabur.

    6. Reaksi emosional

    Terasa menggigil, tapi tidak demam dan tidak ada keluhan fisik lainnya? Bisa jadi reaksi ini dipengaruhi oleh kondisi psikis Anda.

    Ya, menggigil tanpa demam dapat terjadi ketika Anda memiliki reaksi emosional yang dalam atau intens terhadap suatu situasi. Biasanya, kondisi ini terjadi saat seseorang merasa ketakutan atau cemas berlebih.

    Di sisi lain, reaksi badan gemetaran tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang positif. Misalnya saat Anda mendengar musik yang menyentuh atau menonton film sedih yang menggugah perasaan.

    Sebetulnya, kondisi ini lebih tepatnya digambarkan sebagai sensasi merinding. Jenis reaksi emosional ini disinyalir disebabkan oleh mekanisme neurobiologis yang memicu pelepasan dopamin atau hormon kebahagiaan. Akibatnya, timbullah sensasi ‘merinding’ yang mirip seperti menggigil ringan.

    Baca juga: 14 Penyebab Badan Terasa Kedinginan Terus-Menerus

    Kapan harus ke dokter?

    Jika Anda mengalami menggigil karena faktor cuaca di luar sedang dingin atau terkena demam ringan, Anda tidak perlu buru-buru ke dokter. Cukup perbanyak istirahat, minum air putih, dan konsumsi makanan yang bergizi supaya demam cepat turun dan badan kembali pulih.

    Jika Anda tetap merasa kedinginan padahal cuaca terik atau sudah memakai baju tebal, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Hal ini penting terutama bila tubuh Anda menggigil tanpa demam akibat hipotermia atau radang dingin (frostbite), sebab itu merupakan kondisi serius yang memerlukan penanganan lebih lanjut. Beri tahukan dokter mengenai gejala-gejala lain yang dirasakan untuk membantu menegakkan diagnosis dan penanganan yang tepat untuk Anda. 

    Baca juga: Bagaimana Caranya Mengatasi Kondisi Menggigil?

    3 Referensi
    Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
    WebMD. Why Do I Have Chills? (https://www.webmd.com/a-to-z-guides/why-do-i-have-chills#1). 21 Mei 2019.
    Medical News Today. Why do I have chills without a fever? (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324864). 3 April 2019.
    Healthline. 7 Causes for Chills Without Fever and Tips for Treatment. (https://www.healthline.com/health/chills-without-fever). 28 Januari 2018.

    Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

    Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
    (1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

    Tanya Dokter

    Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


    Lampirkan file (foto atau video)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
    * Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

    Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

    Submit
    Buka di app