Mudah Lapar Saat Musim Hujan dan Cuaca Dingin? Ini Alasannya!

Dipublish tanggal: Des 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Mudah Lapar Saat Musim Hujan dan Cuaca Dingin? Ini Alasannya!

Belakangan ini musim penghujan sudah mulai tiba sehingga ada baiknya untuk menyimpan stok makanan di lemari penyimpanan. Mengapa? Selain karena sulit untuk menemukan layanan ojek online yang bersedia mengantarkan pesanan makanan ke tempatmu, kamu juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh dan tidak boleh membiarkan tubuh merasa lapar terlalu lama.

Selain itu, sadarkah kamu bahwa ketika cuaca dingin atau musim hujan umumnya membuat perut menjadi lebih cepat lapar? Jika kamu merasakan hal tersebut, kamu tidak sendirian karena itu ternyata wajar terjadi. Perubahan cuaca dengan suhu udara yang jauh di bawah suhu tubuh normal dapat menjadi salah satu penyebab mengapa rasa lapar itu muncul.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengapa saat musim hujan dan cuaca dingin perut jadi cepat lapar?

Saat musim hujan tiba ditambah dengan dinginnya suhu pendingin ruangan (AC) akan membuat suhu udara menjadi sangat dingin. Kondisi ini  yang akan memicu terjadinya perubahan suhu pada tubuh. Untuk mengembalikan suhu normal tubuh ketika cuaca dingin, tubuh memerlukan bahan bakar atau energi yang lebih banyak sehingga membuat tubuh mengirimkan sinyal tanda lapar dan membutuhkan asupan makanan lebih banyak untuk membantu menghangatkan tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi sejumlah makanan.

Selain itu, peningkatan nafsu makan juga disebabkan karena adanya perubahan mekanisme tubuh. Suhu tubuh akan ikut menurun ketika cuaca dingin sehingga tingkat energi juga akan mengalami penurunan dan menimbulkan rasa malas untuk berpikir maupun beraktivitas. Selain itu, pembakaran energi juga akan terjadi lebih cepat dan membuat tubuh menjadi lebih cepat lapar.

Apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi rasa lapar saat cuaca dingin?

Meningkatkan frekuensi makan

Saat tubuh mengalami kekurangan cadangan lemak meski telah disimpan sebelumnya, hipotalamus pada otak akan memberikan sinyal lapar yang membuat keinginan untuk makan cenderung meningkat. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda disarankan untuk makan lebih sering meski dalam jumlah yang sedikit. Asupan nutrisi yang tercukupi juga akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Pilih jenis makanan dengan nutrisi tepat

Salah satu jenis makanan yang kaya nutrisi dan dapat membantu meredakan rasa lapar adalah makanan tinggi protein dan kaya serat yang sangat baik menjaga panas tubuh lebih lama. Pilih juga asupan rendah kalori seperti dark choholate atau potongan roti gandum dengan susu cokelat rendah lemak yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh tetap prima selama musim hujan.

Minum air putih hangat

Selain itu, saat musim hujan tiba dan untuk mengurangi rasa lapar, Anda juga disarankan untuk minum air putih hangat atau teh hangat yang dapat membantu menghangatkan tubuh sekaligus mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus menghindari Anda dari dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh tentu tidak berdampak baik bagi kesehatan karena dapat mengganggu fungsi kerja organ tubuh.

Lakukan aktivitas fisik ringan

Salah satu cara lain untuk mengatasi suhu udara dingin adalah dengan melakukan peregangan dan aktivitas fisik ringan di sela-sela kegiatan harian. Dengan aktif menggerakan tubuh, maka tubuh akan terasa lebih hangat. Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian yang cukup tebal untuk terhindar dari risiko masuk angin yang mungkin kamu alami.

Menjaga kesehatan saat musim hujan dan cuaca dingin tentu sangat penting. Tetap perhatikan asupan makanan dan minuman yang kamu konsumsi dengan jadwal makan yang teratur, tetap berolahraga atau aktif bergerak, cukupi kebutuhan tidur, serta mengonsumsi suplemen vitamin tambahan untuk membantu mendukung kesehatan kamu agar tetap sehat.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why You Crave Comfort Food in the Winter. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/why-do-we-eat-more-in-winter.aspx)
Effects of Heat on Appetite - Nutritional Needs in Hot Environments. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK236229/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app