Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA
Kesehatan Mulut dan Gigi

Penyebab Gigi Bungsu Baru Muncul Saat Dewasa

Update terakhir: Jul 20, 2019 Tinjau pada Agu 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.147.935 orang

Mungkin Anda pernah merasakan sakti ketika ada gigi tumbuh di bagian geraham, padahal Anda sudah memasuki usia dewasa. Bisa jadi gigi bungsu Anda baru saja tumbuh. 

Gigi geraham ketiga atau sering kita sebut sebagai gigi bungsu merupakan gigi yang letaknya di rahang atas dan bawah, yang munculnya terakhir dibanding dengan gigi bagian lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Proses pembentukan benih gigi bungsu ini secara radiologis mulai umur 5 tahun hingga 16 tahun. Proses keluarnya dari gusi (erupsi) dimulai dari umur 18-24 tahun.  Gigi bungsu ini yang kerap muncul/keluarnya terakhir, dengan periode kemunculannya menyebabkan gigi ini mendapatkan sebutan, yaitu wisdom teeth

Apa saja yang Anda ketahui mengenai gigi bungsu? Artikel ini akan memberikan ulasan selengkap-lengkapnya.

Penyebab Kemunculan Gigi Bungsu

Bisa jadi Anda belum tahu jika keberadaan gigi bungsu ini hanya beberapa orang saja yang merasakan rasa sakit ketika gigi bungsu muncul. Gangguan kemunculan dari gigi bungsu atau impaksi pada dasarnya bisa terjadi ke gigi bagian lain juga. 

Namun, frekuensi tertinggi sering dijumpai di gigi bungsu. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa 9 dari 10 orang yang mengalami kemunculan gigi bungsu akan merasakan impaksi.

Umumnya, pada rentang usia tersebut, pertumbuhan rahang sudah selesai, sehingga tidak lagi ada tempat yang cukup untuk kemunculan gigi bungsu. Tentu saja pertumbuhan gigi bungsu akan kurang sempurna, ditambah dengan arah atau posisi yang salah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Kondisi inilah yang selanjutnya berdampak pada kemunculan rasa sakit dan nyeri ketika gigi bungsu muncul.

Apabila gigi bungsu Anda tumbuh normal ke dalam rongga mulut tanpa adanya halangan, jika benih gigi terbentuk sesuai dengan posisi yang pas, maka lengkung rahang cukup untuk menampung gigi bungsu Anda. 

Pada dasarnya gigi bungsu amat membantu dan tidak akan memunculkan rasa sakit maupun nyeri sama sekali. Terutama ketika Anda gunakan untuk mengoyak dan mengunyah makanan yang teksturnya lumayan keras.

Pertanyaan tentang cara mencegah rasa sakit dan nyeri ketika gigi bungsu muncul sering dikeluhkan. Langkah pertama yang bisa Anda perhatikan adalah mendeteksi keberadaan gigi bungsu dengan cara berkonsultasi ke dokter gigi langganan sebelum memasuki periode kemunculan. 

Dokter gigi mungkin akan memberlakukan rontgen secara berkala untuk melihat dan mengevaluasi posisi dan proses pertumbuhan gigi bungsu sehingga tindakan ini sesegera mungkin dilakukan sebelum gigi bungsu berkembang dengan hadirnya masalah selanjutnya. 

Pencabutan gigi bungsu dirasa lebih mudah ketika usia belia daripada usia dewasa. Apalagi, masa penyembuhan ketika dewasa memerlukan waktu yang lebih lama daripada masih belia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Istock 943974286

Apabila impaksi terlalu parah maka perlu dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan mahkota gigi tersebut. Metode ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut.

Gigi bungsu ada empat buah, yang masing-masingnya ada di bagian atas, bawah, kiri, dan kanan rongga mulut bagian belakang. Diperkirakan ada 25% manusia di Bumi yang mempunyai gigi bungsu tidak sampai empat buah. Hal ini bisa karena gigi bungsu keempat mengalami gangguan pada kemunculan yang bisa disebabkan oleh:

  • Bentuk makanan yang sering dikonsumsi
  • Adanya masalah genetik
  • Benih gigi tidak ada di tempat yang pas
  • Jarak antar gigi yang terlalu sempit sehingga mengganggu pertumbuhan
  • Bentuk lengkung tulang rahang bawah (lengkung mandibular) yang tidak normal

Dengan penjelasan ini, mungkin Anda akan melakukan antisipasi terhadap kemunculan gigi bungsu yang bisa memberikan rasa nyeri  atau infeksi di area mulut. Alangkah baiknya ketika Anda sudah merasakan gejala, silakan berkunjung ke dokter gigi langganan untuk mendapatkan resep maupun informasi yang membantu.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Gigi Bungsu Anda Muncul saat Dewasa? Berikut Hal yang Perlu Anda Ketahui
Gigi Bungsu Anda Muncul saat Dewasa? Berikut Hal yang Perlu Anda Ketahui

Namun, karena munculnya gigi bungsu yang terlambat (biasanya antara usia 17 dan 25 tahun) keempat gigi tambahan tersebut dapat menjadi masalah jika mereka tidak memiliki cukup ruang untuk muncul.