Kesehatan Mulut dan Gigi

Gigi Bungsu Baru Muncul Saat Dewasa, Ini Penyebabnya

Dipublish tanggal: Jul 2, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
Gigi Bungsu Baru Muncul Saat Dewasa, Ini Penyebabnya

Pernahkah Anda merasakan sakit ketika gigi tumbuh di bagian geraham, padahal Anda sudah memasuki usia dewasa? Kalau iya, bisa jadi itu tandanya gigi bungsu Anda baru saja tumbuh. Padahal, semestinya gigi bungsu ini muncul paling terakhir di usia 18-24 tahun. Lantas, apa penyebab gigi bungsu baru tumbuh saat dewasa? Berikut penjelasannya:

Apa itu gigi bungsu?

Gigi bungsu adalah gigi geraham yang terletak di rahang atas dan bawah. Gigi bungsu ini biasanya keluar paling terakhir, dengan periode kemunculannya menyebabkan gigi ini mendapatkan sebutan wisdom teeth.  

Iklan dari HonestDocs
Pencabutan Gigi Di Tooth's Kingdom Dental Care

Pencabutan gigi adalah tindakan di mana sebuah gigi atau beberapa gigi diangkat oleh ahli bedah mulut dan wajah-rahang (maksilofasial) menggunakan peralatan kedokteran gigi lengkap. Ini adalah teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau umum, dan obat penenang

Istock 181864178 %281%29

Gigi bungsu ada empat buah, yang masing-masingnya ada di bagian atas, bawah, kiri, dan kanan rongga mulut bagian belakang. Diperkirakan ada sekitar 24% orang di seluruh dunia yang jumlah gigi susunya tidak sampai 4 buah.

Gangguan kemunculan gigi bungsu keempat dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain:

  • Bentuk makanan yang sering dikonsumsi
  • faktor genetik
  • Benih gigi tidak ada di tempat yang pas
  • Jarak antar gigi yang terlalu sempit sehingga mengganggu pertumbuhan
  • Bentuk lengkung tulang rahang bawah (lengkung mandibular) yang tidak normal

Proses pembentukan benuh gigi bungsu berlangsung sejak usia 5-16 tahun. Memasuki usia remaja hingga dewasa muda, yaitu usia 18-24 tahun, gigi bungsu mulai muncul. 

Penyebab gigi bungsu baru muncul saat dewasa

Tidak banyak orang yang menyadari saat gigi bungsu ini tumbuh, sebab biasanya baru disadari saat gigi bungsu menyebabkan nyeri. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa 9 dari 10 orang yang mengalami kemunculan gigi bungsu akan merasakan impaksi.

Gigi bungsu yang baru muncul saat dewasa, yaitu di rentang usia 18-24 tahun, disebabkan karena tidak ada lagi ruang yang cukup di dalam rahang. Di usia tersebut, pertumbuhan rahang sudah selesai dan semestinya tidak ada lagi gigi yang tumbuh. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri ketika gigi bungsu baru muncul saat dewasa, apalagi jika arah atau posisi tumbuhnya salah.

Di sisi lain, gigi bungsu tetap bisa tumbuh normal di dalam rongga mulut jika benih gigi terbentuk sesuai dengan posisi yang pas. Dengan demikian, lengkung rahang akan cukup untuk menampung gigi bungsu yang tumbuh terakhir.

Iklan dari HonestDocs
Pencabutan Gigi Di Tooth's Kingdom Dental Care

Pencabutan gigi adalah tindakan di mana sebuah gigi atau beberapa gigi diangkat oleh ahli bedah mulut dan wajah-rahang (maksilofasial) menggunakan peralatan kedokteran gigi lengkap. Ini adalah teknik sederhana yang dikenal sebagai bedah mulut, biasanya membutuhkan bius lokal atau umum, dan obat penenang

Istock 181864178 %281%29

Baca Juga: Apakah Gigi Geraham Bungsu Atau Gigi Tidur Harus Segera Dioperasi?

Cara mengatasi sakit gigi karena gigi bungsu

Untuk mencegah sakit gigi karena gigi bungsu, segera konsultasikan ke dokter gigi guna mendeteksi keberadaan gigi bungsu sebelum muncul saat dewasa. Dokter gigi akan melakukan rontgen secara berkala untuk melihat kemungkinan gigi bungsu tubuh. 

Jika Anda mengalami sakit gigi karena gigi bungsu, maka biasanya akan dilakukan pencabutan gigi bungsu. Prosesnya mungkin akan lebih sulit daripada ketika gigi bungsu dicabut saat usia masih muda. Terlebih, proses penyembuhannya cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama.

Apabila impaksi terlalu parah, maka perlu dilakukan pembedahan untuk mengeluarkan mahkota gigi tersebut. Metode ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah mulut.

Guna menghindari rasa nyeri yang menyiksa akibat gigi susu yang baru tumbuh saat dewasa, kenali gejalanya sejak awal. Dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. 

 Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Gigi Akibat Gigi Bungsu

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why Do We Have Wisdom Teeth: What Are They, Growing in, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/why-do-we-have-wisdom-teeth)
Wisdom Teeth Removal, Pain, Recovery Time & Impacted Teeth. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/wisdom_teeth/article.htm)
Wisdom tooth removal. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/wisdom-tooth-removal/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit