Kesehatan Mulut dan Gigi

Penyebab Gigi Susu Tetap Ada Hingga Dewasa

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jul 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Penyebab Gigi Susu Tetap Ada Hingga Dewasa

Hampir semua orang tua termasuk Anda pasti akan merasa senang dan bersemangat ketika gigi anak Anda sudah mulai tumbuh. Gigi-gigi kecil ini kemudian perlahan akan tanggal satu per satu, untuk digantikan dengan gigi permanen hingga ia dewasa. 

Memangnya kapan gigi susu anak mulai copot, dan apakah pasti akan copot semua?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Apakah itu Gigi Susu?

Gigi susu adalah gigi yang mulai berkembang di bawah gusi pada trimester kedua kehamilan. Gigi mulai muncul di atas gusi sekitar enam bulan hingga satu tahun setelah lahir. Biasanya, anak-anak prasekolah memiliki satu paket lengkap 20 gigi bayi, termasuk empat gigi geraham pada setiap lengkungan.

Salah satu kesalahpahaman yang paling umum tentang gigi susu adalah bahwa gigi tersebut tidak relevan dengan kesehatan mulut masa depan anak. 

Namun, kepentingan mereka ditekankan oleh American Dental Association (ADA), yang mendesak orang tua untuk menjadwalkan "pemeriksaan bayi" dengan dokter gigi anak dalam waktu enam bulan sejak gigi pertama muncul.

Apa fungsi Gigi Susu?

Fungsi utama gigi susu Anda adalah sebagai berikut

  • Berperan dalam proses berbicara
    Belajar berbicara dengan jelas sangat penting untuk perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Posisi yang tepat dari gigi susu memfasilitasi pengucapan suku kata yang benar dan mencegah lidah menyimpang selama berbicara
  • Berperan dalam proses mengunyah
    Anak-anak dengan gigi susu yang cacat atau rusak berat lebih cenderung mengalami kesulitan ketika makanan, kurang gizi, dan kurang berat badan. Gerakan mengunyah yang tepat diperoleh seiring waktu dan dengan latihan yang ekstensif. Gigi susu yang sehat mendorong kebiasaan mengunyah yang baik
  • Meningkatkan kepercayaan diri
    Merawat gigi susu dengan baik dapat membuat interaksi sosial lebih menyenangkan, mengurangi risiko bau mulut, dan meningkatkan senyum percaya diri dan interaksi sosial yang positif
  • Berkaitan dengan kesehatan mulut
    Gigi susu yang membusuk dapat memicu timbulnya penyakit pada gigi dan gusi terutama pada masa kanak-kanak. Sebagai akibat dari kondisi ini, bakteri mulut menyerang dan mengikis gusi dan akhirnya tulang rahang Anda. Jika tidak ditangani, gigi susu dapat rusak sepenuhnya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan dan terganggunya perkembangan calon gigi dewasa dibawahnya. Untuk menghindarinya, anak-anak harus mempraktikkan rutinitas perawatan mulut seperti menyikat gigi yang dipandu orang dewasa setiap hari, dan gusi bayi harus digosok lembut dengan kain bersih dan lembab setelah makan.

Apakah Gigi Susu akan tanggal semua dan digantikan dengan gigi permanen?

Gigi susu pertama anak akan mulai tumbuh di usia 8-12 bulan, dan terus tumbuh satu per satu hingga berjumlah 20 buah. Gigi susu pun akan copot satu per satu, dimulai dari gigi susu seri dan disusul dengan gigi taring hingga gigi geraham. Semua gigi tersebut akan digantikan oleh gigi permanen ketika waktunya tiba.

Dua puluh gigi dewasa akan tumbuh seiring masa tumbuh kembang anak untuk menggantikan 12 buah gigi susu lamanya. Dua belas sisa gigi dewasa lainnya akan tumbuh bertahap. Dengan demikian, total gigi permanen anak yang akan ia miliki saat dewasa nanti akan berjumlah 32 buah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kapan Gigi anak mulai tanggal?

Pada umumnya gigi susu akan mulai copot di usia 6-7 tahun, dimulai dengan gigi seri yang berjejer paling depan pada rahang atas dan bawah. Gigi seri dapat Anda lihat jelas ketika anak tersenyum lebar. 

Gigi susu taring menyusul copot setahun kemudian, di usia anak 7-8 tahun. Terakhir, gigi geraham susu copot ketika si kecil berusia 9-12 tahun. Namun, tak semua anak mengalami gigi copot pada usia yang sama. 

Ini adalah hal yang normal sesuai dengan tumbuh kembang masing-masing anak. Gigi yang akan copot atau sudah goyang sebaiknya dicabut oleh dokter gigi dengan prosedur yang benar, terutama bila Anda tidak berani mencabutnya.

Apakah penyebab Gigi Susu tetap ada pada orang dewasa?

Berikut penyebab gigi susu dapat tetap ada meskipun seseorang telah dewasa.

  • Tertinggalnya akar gigi setelah tercabut

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hanya bagian mahkota gigi bayi yang jatuh? Ini karena bagian akar gigi susu akan terserap dan menghilang. Terkadang, akar gigi Anda tidak bisa diserap sama sekali sehingga menghalangi keluarnya calon gigi dewasa yang akan tumbuh keluar. 

Adapun tindakan yang biasanya diambil oleh dokter gigi tergantung pada lokasi dan posisi gigi. Karena gigi susu yang dikeluarkan terlalu dini dapat mengganggu ruang yang diperlukan untuk tumbuhnya gigi dewasa. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Dokter gigi Anda mungkin akan menunggu akar gigi susu anak Anda hingga akhirnya hilang atau dengan mencabut akar gigi susu yang masih ada gigi dewasa dapat muncul.

  • Bersatunya gigi dengan tulang rahang

Dalam kondisi normal gigi dan tulang tidak bersatu, tetapi keduanya hanya terhubung. Dengan cara ini, gigi Anda dapat bergerak sedikit sehingga dapat menahan gaya yang terbentuk saat Anda mengunyah makanan. Terkadang gigi gigi susu pada anak-anak bersatu dan melekat pada tulang di sekitarnya.

  • Kelainan posisi calon gigi dewasa pada rahang

Jika gigi dewasa yang berkembang "macet", maka terlepas/tercabutnya gigi susu juga mungkin akan tertunda, karena dorongan calon gigi dewasa tidak terjadi. 

Hal tersebut dapat menyebabkan gigi susu yang Anda miliki akan tetap ada hingga Anda dewasa. Untuk penanganannya biasanya Anda akan membutuhkan bantuan dokter gigi ahli ortodontik untuk membantu Anda memperbaiki posisi calon gigi dewasa Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Many Teeth Do Adults Have: On Top, On Bottom, and Babies. Healthline. (https://www.healthline.com/health/how-many-teeth-do-adults-have)
Adult with Baby Teeth: Causes, Treatment, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/adult-with-baby-teeth)
Teeth Types, Growth, Baby and Permanent Teeth. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/teeth-birth-adulthood)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Gigi Susu yang Tidak Tanggal Sampai Dewasa, Apa Sebabnya?
Gigi Susu yang Tidak Tanggal Sampai Dewasa, Apa Sebabnya?

Namun pada beberapa orang ada masa dimana gigi susu mereka tidak tanggal sampai mereka beranjak dewasa. Jika gigi susu yang tidak tanggal tidak menyebabkan masalah, umumnya kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Namun dalam beberapa kasus, perawatan ortodontik mungkin merupakan pilihan terbaik untuk mencegah terjadinya masalah serius.

Buka di app