Gigi Bungsu Tumbuh Di Usia Dewasa, Apakah Normal?

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 24, 2019 Waktu baca: 2 menit

Setelah memasuki usia sekitar 17-25 tahun, jangan mengira bahwa gigi Anda tidak akan tumbuh lagi. Hampir setiap orang akan merasakan tumbuhnya gigi bungsu ketika menginjak usia dewasa. 

Apabila saat ini Anda merasa sakit di bagian rahang, ada kemungkinan bahwa gigi bungsu Anda sedang tumbuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Gigi bungsu atau sering disebut juga dengan istilah wisdom teeth merupakan gigi geraham ketiga atau yang terakhir yang tumbuh ketika Anda berada di usia belasan tahun atau di awal usia dua puluh. 

Seringkali, gigi bungsu tumbuh dengan menimbulkan masalah, salah satunya adalah rasa neryi yang tidak tertahankan. Rasa nyeri yang biasa Anda rasakan terjadi karena ketiadaan ruang pada gusin untuk ditempati oleh gigi bungsu. 

Lalu, mengapa gigi bungsu tidak tumbuh saat Anda kecil sehingga mendapatkan ruang? Atau mengapa harus tumbuh ketika Anda menginjak usia dewasa? Simak penjelasannya dibawah ini. 

Alasan gigi bungsu tumbuh diusia dewasa 

Pada usia 17-24 tahun, gigi bungsu atau gigi molar ketiga Anda akan tumbuh. Jika muncul gejala bengkak, nyeri atau demam, maka dapat dipastikan bahwa gigi bungsu Anda tumbuh dalam keadaan miring. 

Terlebih jika tumbuh dengan menusuk gusi, maka Anda akan merasakan nyeri yang luar biasa. Gigi bungsu tumbuh di empat bagian rahang, yaitu kiri dan kanan atas belakang, serta kiri dan kanan bawah belakang. 

Ketika gigi bungsu tumbuh dengan posisi miring, maka tidak ada cara untuk mencegahnya. Pertumbuhan ini sangat alamiah dan juga tergantung pada benih giginya. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Apabila benih giginya bagus, maka gigi bungsu akan tumbuh dengan posisi lurus. Sehingga ketika gigi ini tumbuh, rasa sakit yang sangat luar biasa akan muncul. 

Masalah lain yang ditimbulkan akibat pertumbuhan gigi bungsu meliputi geraham bungsu patah dan gusi bernanah

Gigi bungsu pertama Anda muncul ketika berusia 6 tahun, sementara gigi bungsu kedua akan muncul pada saat Anda menginjak usia 12 tahun. 

Sebenarnya pada usia 10 tahun, gigi geraham Anda yang terakhir atau gigi bungsu bisa saja muncul. 

Namun gigi ini tidak dapat muncul karena pertumbuhan yang dimilikinya berbeda dengan gigi geraham yang lain, hal ini terjadi akibat tidak ketidaktersediaan ruang yang cukup pada rahang Anda. 

Tidak adanya ruang yang cukup untuk ditempati oleh gigi geraham yang akhirnya membuat gigi bungsu ini baru akan muncul ketika Anda berada pada usis sekitar 17 hingga 25 tahun. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Namun, banyak yang tidak tumbuh atau muncul di usia 25 tahun. 

Bentuk rahang yang berbeda-beda menyebabkan pertumbuhan gigi bungsu setiap orang juga berbeda. Gigi bungsu biasanya tehalang oleh gigi geraham lain yang sudah tumbuh apabila tidak ada tempat yang cukup pada rahang Anda. 

Cara mengatasi gigi bungsu yang tumbuh sakit

Rasa nyeri atau sakit yang ditimbulkan karena tumbuhnya gigi bungsu dapat diatasi dengan meminum obat analgetik atau pereda nyeri. 

Obat yang biasanya digunakan adalah asam mafenamat atau mefinal. Tidak hanya menyebabakan rasa nyeri, gigi bungsu yang tumbuh dengan posisi miring akan mempengaruhi struktur gigi lain yang sudah tumbuh terlebih dahulu. 

Apabila gigi bungsu tumbuh dengan keadaan miring, maka hal ini akan membahayakan posisi gigi lain sehingga gigi bungsu harus di cabut. 

Pencabutan gigi bungsu disebut operasi odontektomi, yang ditangani oleh dokter spesialis bedah mulut. Sebelum melakukan operasi, Anda akan melakukan foto rongten panoramic gigi untuk melihat kemiringan gigi bungsu yang tumbuh. 

Meskipun menjadi gigi yang terakhir, ternyata tidak semua orang mengalami pertumbuhan gigi bungsu. Pertumbuhan gigi bungsu merupakan hal yang normal bagi setiap orang, hanya saja proses pertumbuhannya akan berbeda-beda. 

Ada yang tidak merasa sakit ketika gigi bungus tumbuh sehingga tidak memerlukan tindakan operasi. Orang masih bisa mengalami rasa sakit akibat gigi bungsu ini di usia 40 tahun. 

Apabila gigi bungsu muncul pada wanita hamil, maka proses operasi odontektomi tidak dapat dilakukan. Cukup dengan memberi obat pereda rasa nyeri dengan jenis dan dosis yang tepat bagi wanita hamil. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Wisdom Teeth Pain Relief: 15 Remedies for Toothaches. Healthline. (https://www.healthline.com/health/wisdom-teeth-pain-relief)
Wisdom teeth removal: When is it necessary?. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.com/health/wisdom-teeth-removal/AN01961)
Wisdom Teeth Removal (Extraction): What to Expect, Recovery & Pain. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/wisdom-teeth-adult)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Apa Penyebabnya?
Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Apa Penyebabnya?

Direkomendasikan untuk remaja agar mendapatkan operasi pencabutan gigi bungsu. Orang-orang yang mencabut gigi bungsunya pada usia yang masih muda akan sembuh lebih cepat sejak operasi, sebelum akar dan tulang benar-benar terbentuk. Hal ini bisa menghindarkan dari masalah sebelum benar-benar terjadi.

Buka di app