Varises - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: May 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.001.813 orang

Varises adalah pelebaran nadi yanggt;dapat mengakibatkan munculnya pembuluh darah ke permukaan. Selain tidak baik bagi kesehatan, varises juga tidak enak dipandang mata

Terutama bagi wanita yang umumnya ingin memiliki penampilan yang sempurna. Tampaknya varises bisa menyebabkan seseorang kurang percaya diri. Berikut ini adalah aktivitas penyebab varises.

Aktivitas Sehari-Hari Yang Menyebabkan Timbulnya Varises

Asupan Garam
Asupan kita menjadi hal yang paling berpengaruh bagi kesehatan. Termasuk pada penyakit varises ini, ternyata konsumsi garam yang berlebihan bisa menjadi penyebab varises. 

Garam adalah salah satu kebutuhan mineral yang harus kita konsumsi. Selain itu, garam juga baik untuk mencegah penyakit gondongan.

Karena asupan garam yang berlebih dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh kita. Akibatnya timbullah tekanan dalam urat yang besar. Tekanan inilah yang menjadi penyebab varises. 

Oleh karena itu, kita harus membatasi konsumsi garam per hari. Konsumsi garam per hari normalnya adalah 5 gram atau 1 sendok teh per hari.

Duduk Dalam Waktu Lama
Duduk memang suatu hal yang dinilai enak. Kita bisa lebih rileks dan santai serta mencegah kaki pegal dengan posisi duduk. Namun, ternyata saat kita duduk, aliran darah menjadi tidak lancar dan otot-otot menjadi kaku, sehingga lama-kelamaan akan menjadi penyebab varises. Oleh karena itu, hindari terus-terusan duduk santai, dan imbangi aktivitas kantoran dengan olahraga dan lain-lain.

Kurang Gerak
Di jaman yang modern ini, wajar saja jika banyak orang yang sudah mengandalkan teknologi. Teknologi dinilai lebih praktis dan efisien. Namun kenyataannya, pemanfaatan teknologi yang kurang baik akan menimbulkan penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Biropyron Tablet via HonestDocs

Biropyron merupakan obat untuk meringankan rasa sakit disebabkan neuritis dan neuralgia pada sistem saraf manusia. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Screen shot 2019 05 14 at 14.26.47

Contohnya jika kita sekarang mengandalkan berbagai aplikasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita seperti belanja online, pesan makanan via delivery, pesan tiket online, bahkan sekarang interaksi pun lewat online.

Hal ini mengakibatkan masyarakat kurang gerak, menyebabkan kemalasan dan pada akhirnya kebugaran tubuh terganggu. Hal ini pun dapat menjadi salah satu faktor penyebab varises. Oleh karena itu walaupun tersedia teknologi yang sangat canggih, namun kita tidak boleh melupakan aktivitas yang melibatkan fisik kita.

Menggunakan High Heels
High heels sudah menjadi salah satu yang bisa menunjang kepercayaan diri seorang wanita. Wanita akan lebih merasa tinggi dan memiliki body yang proporsional jika menggunakan ini. 

Terutama untuk para wanita yang memiliki tinggi badan kurang dari rata-rata. Maka tak heran beberapa wanita rela melibatkan high heels dalam kesehariannya.

Tuntutan profesi juga salah satu faktor yang paling mempengaruhi hal tersebut. Alhasil, banyak wanita yang mengeluh nyeri saat terlalu lama memakai high heels. 

Hal ini dapat memicu penyebab varises karena kerja otot tumit menjadi tidak maksimal. Selain itu dapat menyebabkan nyeri dan peradangan pada kaki jika dipakai terus-menerus.

Oleh karena itu kita harus mencoba untuk menghindari pemakaian high heels yang continue dalam kehidupan sehari-hari.Carilah alas kaki yang nyaman dengan bahan yang berkualitas. 

Jangan memakai alas kaki yang dapat menyiksa diri kita sendiri. Dan juga usahakan merendam kaki dengan air hangat sehabis pemakaian high heels untuk beraktivitas.

Berdiri Terlalu Lama
Seperti halnya duduk, ternyata berdiri terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya varises. Hal ini karena pusat tumpuan kaki adalah di pusat yang sama, 

selain itu vena dipaksa untuk lebih keras dalam melakukan tugasnya, alhasil pembuluh darah pun melemah. Sehingga varises di bagian kaki belakang pun sangat rentan terjadi.

Walaupun masih belum banyak studi ilmiah yang membuktikannya, namun aktivitas ini harus tetap kita waspadai. Karena yang kita tahu, sesuatu yang berlebihan dapat mengakibatkan sesuatu yang tidak baik.

Menyilangkan Kaki
Posisi menyilangkan kaki memang sangat nyaman bagi sebagian orang. Karena posisi ini dinilai sangat seimbang dan tidak ribet. Namun ternyata duduk menyilang dapat menimbulkan tekanan pada kaki kita. 

Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri. Selain rasa nyeri, urat pun bisa sangat jelas terlihat. Oleh karena itu coba ubah gaya duduk yang seperti ini dan hindari duduk yang terlalu lama. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit