Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Ruam Popok - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: SEP 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 859.163 orang

Seorang ibu harus menjaga kebersihan bayi terutama dengan rutin mengganti popok. Popok yang tidak sering sangat tidak baik untuk kesehatan pada kulit bayi. Iritasi kulit akibat popok yang tidak diganti akan beresio menimbulkan ruam popok. Ruam popok muncul di selangkangan bayi yang berupa bintik kemerahan pada kulit selangkangan yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi.

Kelainan pada kulit bayi akibat ruam popok adalah timbulnya infeksi kulit atau kontak Dermatitis. Kontak Dermatitis pada selangkangan bayi muncul akibat kontak dari popok yang tidak diganti secara berkala.

Popok yang sudah kotor akan menyebabkan infeksi bakteri dan jamur dapat mudah menetap dan berkembang sehingga menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Kondisi ini menimbulkan erosi pada permukaan kulit yang meradang dengan cepat karena pertumbuhan infeksi yang telah menempel pada kulit. Infeksi pada ruam popok paling sering disebabkan oleh bakteri Streptokokus dan jamur Candida.              

Di samping itu ada beberapa penyebab lain yang menimbulkan ruam popok pada bayi antara lain:

  • Alergi
  • Iritasi pada kulit akibat ruam popok juga disebabkan olehgt;alergi kulit yang berkepanjangan. Alergi tersebut menimbulkan gejala pada kulit seperti kemerahan dan gatal. Kondisi alergi pada ruam popok sebenarnya tidak disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, tetapi lebih kepada bahan material popok yang digunakan.
  • Ukuran popok yang tidak sesuai
  • Ibu harus memperhatikian ukuran badan si bayi sehingga dapat menentukan ukuran popok yang cocok untuk digunakan. Penggunaan popok yang terlalu sempit menyebabkan gesekan pada kulit sekitar sehingga menimbulkan luka lecet ringan yang kemerahan dan disertai nyeri.
  • Produk bayi
  • Beberapa produk bayi seperti bedak, sabun, dan tisu juga dapat menimbullkan iritasi kulit karena beberapa bayi memiliki kulit yang sensitif pada beberapa produk tertentu
  • Obat-obatan
  • Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi bayi memungkinkan muncul efek samping terhadap kulit seperti pada penggunaan antibiotik.
  • Makanan
  • Beberapa makanan atau susu yang dikonsumsi bayi menghasilkan asam yang ikut keluar bersamaan dengan tinja. Asam tersebut dapat mengiritasi kulit di daerah popok akibat kontak langsung.

Gejala pada Ruam Popok

Ruam popok dapat diderita oleh bayi pada usia lebih dari 1 bulan. Ruam akibat infeksi bakteri tersebut menimbulkan bercak kemerahan yang dapat terlihat di daerah selangkangan. Bercak tersebut terkadang juga disertai oleh benjolan kecil yang menyebar.

Bercak ini juga dapat disertai rasa gatal sehingga bayi dapat menangis dan sering menyentuh atau menggaruk daerah selangkangan. Daerah sekitar anus juga muncul kemerahan yang lebih pekat, biasanya muncul akibat adanya infeksi jamur.

Rasa nyeri yang muncul biasa disebabkan oleh gesekan popok yang ketat atau akibat kulit yang sensitif sehingga menimbulkan luka lecet.

Diagnosis Ruam Popok

Dokter dapat mengenali adanya ruam popok pada bayi dengan pemeriksaan fisik. Bayi dengan ruam popok biasanya tidak menimbulkan gejala lain selain adanya bercak kemerahan yang hangat di kulit selangkangan. Dokter juga menanyakan riwayat kebersihan penggunaan popok dan produk bayi yang digunakan.

Pencegahan pada Ruam Popok

Menjaga kebersihan menjadi modal utama untuk mencegah peradangan kulit akibat popok. Beberapa cara mudah yang perlu diperhatikan ibu terkait kondisi ini antara lain:

  • Menjaga popok agar tetap kering
  • Biasakan mengganti popok apabila sudah kotor
  • Bersihkan pantat bayi dengan air hangat dan keringkan dengan tisu basah atau handuk yang lembut
  • Jangan menggunakan alkohol untuk membersihkannya
  • Jangan menggunakan popok yang terlalu ketat
  • Cuci tangan ibu setelah mengganti popok 

Penanganan pada Ruam Popok

Jika ruam popok muncul, pemberian obat berupa krim dan salep dapat membantu mengurangi gejala. Pemberian kirim steroid seperti Hidrokortison dosis rendah dapat mengurangi gejala inflamasi pada permukaan kulit. 

Salep yang mengandung Zinc Oxide dapat mencegah iritasi kulit yang berlebihan pada selangkangan. Apabila ruam disebabkan oleh infeksi bakteri maka beberapa salep antibiotik juga dapat membantu mengurangi gejala, sama halnya dengan penggunaan salep jamur apabila kondisi ini timbul akibat infeksi jamur.  Segera konsultasikan pada dokter terdekat Anda untuk penanganan awal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit