Kesehatan Fisik

Penyakit Herpes: Penyebab dan Jenis-Jenis Herpes

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mar 4, 2020 Tinjau pada Mei 27, 2019 Waktu baca: 3 menit

Penyakit Herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes yang menyerang manusia, lebih lanjut virus itu dikenal dengan sebutan Human Herpes Virus, disingkat HHV. Virus herpes ini memiliki banyak keluarga atau jenis (tipe) yakni HHV1-HHV8. Setiap jenis virus akan menimbulkan penyakit kulit herpes yang berbeda pada tubuh manusia.

Jenis herpes berdasarkan penyebabnya

Penyakit herpes terdiri dari 8 jenis sesuai dengan penyebabnya, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Ketoconazole 200mg via HonestDocs

Ketoconazole Dexa merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi sistemik yang tidak efektif diberikan dengan antijamur topikal atau nystatin/griseofulvin. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ketoconazole dexa 200mg tab 1

Human Herpes Virus 1 - Herpes pada mulut atau bibir (labialis)

Human Herpes Virus 1 (HHV1) disebut juga sebagai virus herpes simplex 1 (HSV1). Virus ini menyebabkan penyakit herpes simpleks pada mulut atau bibir. HHV1 juga dapat menyebabkan herpes genital (kelamin) yang menular melalui kontak oral-genital, seperti ketika seks oral.

Penularan HHV1 ini melalui kontak kulit-ke-kulit dengan orang yang terinfeksi melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir dan lebih mungkin menyebar melalui peralatan makan, pisau cukur, dan handuk.

Human Herpes Virus 2 - Herpes kulit kelamin (genital)

Human Herpes Virus 2 (HHV2) disebut juga sebagai virus herpes simpleks 2 (HSV2). Virus ini menyebabkan herpes genital, yang merupakan penyakit infeksi menular seksual. Namun, juga bisa menyebabkan penyakit kulit herpes di daerah wajah. Sama seperti HHV1, infeksi HHV2 menular dan menyebar melalui kontak kulit ke kulit. Rute utama penularan adalah melalui kontak seksual, karena virus ini tidak bisa bertahan lama di luar tubuh.

Human Herpes Virus 3 - Cacar air dan herpes zoster

Human Herpes Virus 3 (HHV3) disebut juga sebagai virus varicella-zoster. Suatu jenis virus herpes yang menyebabkan penyakit kulit yang sering kita temui yaitu cacar air dan herpes zoster (dompo).

Human Herpes Virus 4 - Kissing Disease

Human Herpes Virus 4 (HHV4) disebut juga sebagai virus Epstein-Barr, yakni penyebab utama infeksi mononucleosis, atau "kissing disease" merupakan infeksi menular dan ditularkan melalui air liur oleh karena itu virus ini dapat menular ketika berciuman. Contoh lainnya yaitu ketika batuk, bersin, atau berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi.

Human Herpes Virus 5 - Cytomegalovirus

Human Herpes Virus 5 (HHV5) disebut juga sebagai cytomegalovirus (CMV). CMV juga merupakan penyebab mononukleosis.  Pada CMV mononucleosis berbeda dengan EBV mononucleosis yaitu tidak disertai radang tenggorokan (faringitis), tes heterophile antibody negative, dan tes serologis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ketoconazole 200mg via HonestDocs

Ketoconazole Dexa merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi sistemik yang tidak efektif diberikan dengan antijamur topikal atau nystatin/griseofulvin. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ketoconazole dexa 200mg tab 1

Pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, virus bahkan mungkin tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, pada orang dengan sistemm kekebalan tubuh lemah seperti pada HIV/AIDS akan menimbulkan masalah serius.

Infeksi CMV merupakan salah satu komplikasi AIDS yang paling sulit. Gejala yang dapat ditimbulkannya yaitu diare, penglihatan yang parah sampai kebutaan, infeksi pada lambung dan usus, dan bahkan kematian. CMV dapat ditularkan melalui hubungan seksual, menyusui, transfusi darah, dan transplantasi organ.

Human Herpes Virus 6 - Roseola

Human Herpes Virus 6 (HHV6) menyebabkan penyakit roseola yaitu penyakit virus yang menyebabkan demam tinggi dan ruam kulit pada bayi kurang dari 6 bulan  (roseola infantum ). Roseola ditandai dengan gejala demam tinggi pada kelompok usia tersebut disertai ruam kemerahan. Ruam dapat ditemukan dengan menurunnya demam yang tersebar pada tungkai hingga wajah.  Infeksi ini juga berperan dalam banyak kasus kejang yang berhubungan dengan demam pada bayi (kejang demam).

Human Herpes Virus 7 - Roseola

Virus ini telah diamati dan ternyata terkait erat dengan HHV6. walaupun HHV7 juga berperan menyebabkan roseola, tetapi tidak jelas apa efek klinis lain yang ditimbulkannya.

Human Herpes Virus 8 - Kaposi's Sarcoma pada HIV/AIDS

Human Herpes Virus 8 (HHV8) baru-baru ini ditemukan berperan pada tumor yang disebut dengan Sarkoma Kaposi (KS). Tumor ini ditemukan pada penderita AIDS dan sangat jarang pada orang yang tidak terkena AIDS.

Sarkoma Kaposi membentuk tumor keunguan pada kulit dan jaringan lain. HHV8 juga dapat menyebabkan kanker lainnya, termasuk limfoma tertentu (kanker kelenjar getah bening) yang berhubungan dengan AIDS.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Herpes: Symptoms, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/151739.php)
Herpes Simplex: Causes, Symptoms, Diagnosis, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/herpes-simplex)
Common Symptoms of Genital Herpes in Men and Women. WebMD. (https://www.webmd.com/genital-herpes/common-symptoms)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app