Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

Penyakit Gigi dan Mulut Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 1 menit
Telah dibaca 1.279.958 orang

Penyakit Gigi dan Mulut Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Wanita pascamenopause yang menderita penyakit gigi dan mulut cenderung tinggi risikonya mendapat kanker payudara. Demikian menurut  sebuah studi yang dimuat di dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Risiko akan lebih tinggi lagi jika yang bersangkutan adalah perokok.  

Penyakit mulut terdiri dari berbagai jenis, mulai dari radang gusi sampai kerusakan jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Faktor risiko untuk penyakit periodontal meliputi predisposisi genetik, merokok dan perubahan hormonal pada anak perempuan dan wanita, yang dapat membuat gusi lebih sensitif sehingga lebih mudah bagi gingivitis untuk berkembang.

Orang dengan penyakit tertentu,  seperti diabetes dan yang sedang menjalani terapi kanker, juga rentan terhadap infeksi. Begitupun dengan obat-obatan yang membatasi produksi air liur, juga dapat menyebabkan mulut rentan terhadap infeksi. Menyikat gigi dengan teratur, flossing dan pemeriksaan berkala ke  dokter gigi, dapat membantu untuk mencegahnya.

Para peneliti yang dipimpin oleh Jo L. Freudenheim, PhD, profesor terkemuka dari Departemen Epidemiologi dan Kesehatan Lingkungan di University at Buffalo School of Public Health, mencoba menyelidiki  hubungan antara penyakit mulut dan gigi dengan kanker payudara.

Tim memantau 73.737 wanita pascamenopause yang terdaftar di the Women's Health Initiative Observational Study. Tak satu pun dari mereka menderita kanker payudara sebelumnya, tapi 26,1% di antaranya memiliki penyakit periodontal.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit