Kanker Mulut: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Mar 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 813.655 orang

Berbicara mengenai kanker mulut, tidak salah bila Anda merasa asing dengan jenis kanker yang satu ini. karena memang, kanker mulut sangat jarang terjadi dan hanya terjadi pada sekitar 2% dari seluruh kasus kanker.

Ya, aneh tapi nyata, kanker memang dapat muncul dan hadir di bagian tubuh mana saja. Tak terkecuali di mulut manusia. Namun tahukah kamu informasi yang lebih dalam mengenai kanker mulut, mulai gejala, ciri-ciri, dan apa saja faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker mulut? 

Bila Anda belum tahu, yuk, baca terus artikel berikut ini. Serba-serbi kanker mulut akan dibahas dengan lengkap.

Apa itu kanker mulut?

Kanker mulut disebut juga sebagai kanker oral. Secara umum, kanker adalah pertumbuhan sel-sel abnormal, tidak terkendali, dan ganas. Dalam hal ini, pertumbuhan sel-sel ganas tersebut terjadi di seluruh area dan jaringan mulut. 

Yang dimaksud dengan area jaringan mulut manusia adalah area yang melingkupi bibir, lidah, gusi, pipi, dasar mulut, dinding mulut, langit-langit mulut (bagian keras atau lunak), sinus, dan tenggorokan. Kanker mulut paling sering ditemukan di area lidah, mulut dan bibir. 

Selain di sekitar mulut, kanker mulut juga bisa menyebar ke kelenjar getah being. Kanker mulut juga kebanyakan menyerang orang berusia lanjut, yaitu orang dewasa di atas usia 50-75 tahun. 

Namun, ini bukan berarti orang dewasa usia di bawah 50 tahun terhindar dari risiko kanker mulut. Semua tergantung keadaan tubuh dan gaya hidup masing-masing orang.

Mengenai kanker mulut

Penyebab

Penyebab kanker mulut sendiri kebanyakan diakibatkan oleh adanya faktor keturunan atau riwayat genetik. Selain itu, kanker mulut juga bisa terjadi bila Anda terinfeksi HPV atau human papillomavirus.

Pola hidup tidak sehat juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker mulut yang paling umum. Contohnya:

  • Kebiasaan merokok atau mengganja
  • Konsumsi alkohol secara berlebihan
  • Tidak menjaga kebersihan area mulut dengan baik
  • Membiarkan gigi berlubang tanpa perawatan
  • Membiarkan bau mulut semakin parah

Gejala

Tidak seperti kanker pada umumnya yang kurang menunjukan gejala di awal, kanker mulut justru memunculkan beberapa gejala khusus yang lebih mudah diamati.

Tanda dan gejala yang sering dialami oleh penderita kanker mulut di antaranya:

  • Sariawan yang tidak juga sembuh walau sudah beberapa minggu dan disertai pendarahan
  • Munculnya benjolan atau penebalan pada dinding dalam mulut yang tak kunjung sembuh 
  • Bercak merah atau bercak putih di area dalam mulut
  • Kelenjar getah bening di leher terus membengkak dan tak kunjung sembuh
  • Nyeri pada area mulut dan lidah
  • Sakit saat menelan dan mengunyah
  • Sulit untuk berbicara
  • Rahang terasa lebih kaku dan sakit
  • Gigi tiba-tiba menjadi goyang tanpa adanya sebab yang jelas
  • Tenggorokan terasa sakit, sampai terjadi perubahan suara dan cara berbicara menjadi cadel.

Pencegahan kanker mulut

Untuk mencegah diri Anda dari penyakit kanker mulut, sebaiknya jaga pola hidup Anda supaya tetap sehat. Anda bisa memulainya dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Hal ini penting supaya sistem kekebalan tubuh Anda tetap terjaga sehingga terhindar dari penyakit.

Bagi Anda yang sering merokok, sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Hindari tempat yang penuh dengan asap rokok untuk menurunkan risiko terjadinya kanker jenis apa pun, termasuk kanker mulut.

Jangan lupa juga untuk selalu rajin menyikat gigi secara rutin, minimal 2 kali sehari saat pagi dan malam hari. Buatlah jadwal ke dokter gigi untuk memastikan gigi dan mulut Anda tetap sehat.

Pengobatan kanker mulut

Untuk mengobati seorang pasien yang mengidap kanker mulut, dokter biasanya akan memeriksa pasiennya dengan metode biopsi. Prosedur biopsi dilakukan dengan cara mengambil sedikit sampel dari area mulut untuk di cek di laboratorium

Setelah hasilnya keluar, dokter baru akan memberikan beberapa pilihan metode pengobatan yang cocok dengan kondisi Anda. Kebanyak metode pengobatan yang dilakukan untuk mengobati kanker mulut ialah kemoterapi, radioterapi, dan tindakan operasi.  

Sebelum memutuskan pengobatan kanker mulut, sebaiknya gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai terapi yang akan diberikan. Tanyakan mengenai kelebihan, kekurangan, dan efek samping yang mungkin muncul. Diskusikan dengan dokter mengenai jenis terapi kanker mulut yang tepat untuk Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit